Peningkatan literasi kesehatan pada anak di sekolah pesisi juang Ampenan melalui dongeng PHBS

Irmatika Hendriyani, Baiq Leny Nopitasari, Anna Pradiningsih, Abdul Rahman Wahid, Safwan Safwan, Yuli Fitriana, Baiq Lenysia Puspita Anjani, Cyntiya Rahmawati, Nur Furqani

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertempat di daerah bintaro Ampenan, tujuan dari kegiatan ini adalah memperkernalkan prilaku hidup bersih sehingga target sasaran pada program pengabdian ini adalah anak-anak usia 5 tahun dan sekolah dasar dimana usia tersebut adalah usia rentan lalai akan kebersihan diri. Metode penyampaian yang diberikan berupa dongeng PHBS dengan cara bercerita tentang perilaku hidup sehat yang diadaptasi dari beberapa referensi buku cerita. Tingkat keberhasilah dari kegitian ini adalah anak-anak dapat menerapkan perilaku hidup bersih dengan menerapkan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah berkegitan atau makan, anak-anak juga mampu untuk diajak bekerjasama dalam kegiatan gotong royong yang melibatkan para remaja masjid didaerah bintaro. Waktu yang dihabiskan selama kegiatan ini berlangsung adalah tiga bulan dari persiapan dan termasuk dengan monitring evaluasi kegiatan selama kurang lebih sebulan untuk memastikan kegiatan ini tetap terlaksana.

 

Kata kunci: PHBS; literasi.

 

Abstract

This community service activity takes place in the Bintaro Ampenan area, the aim of this activity is to introduce clean living behavior so that the targets for this service program are children aged 5 years and elementary school where this age is the age that is vulnerable to neglecting personal hygiene. The delivery method given is in the form of PHBS fairy tales by telling stories about healthy living behavior adapted from several story book references. The level of success of this activity is that children are able to adopt clean living behavior by washing their hands with soap before and after doing activities or eating, children are also able to be invited to collaborate in mutual cooperation activities involving mosque teenagers in the Bintaro area. The time spent during this activity was three months of preparation and included monitoring and evaluation of the activity for approximately a month to ensure this activity was still carried out.

 

Keywords: PHBS; literation.


Keywords


PHBS; literation

Full Text:

PDF

References


Edison, E., Angelia, I., Elsa, W., Handayani, S., Raid, N., & Wirly, A. (2023). Pelatihan Kader PHBS Pada Siswa MIT SAQU Dar El Iman Sebagai Upaya Menciptakan Generasi Sehat. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.197

Febriawati, H., Angraini, W., Oktarianita, O., & Rizal, A. F. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(4), 1412–1426. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i4.8947

Fitri Sofi Yulloh, Lu’lual Karima, Nafilatus Sholihah, Rahmad Ali Andriansya, Shandy Wirayudha, Zumrotus Sholihah, & Kumalasari, M. L. F. (2023). Edukasi Phbs (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) Melalui Kegiatan Tadabbur Alam Di Mi Nurul Islam Candipuro Lumajang. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(2), 263–273. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i2.1658

Hasanah, A., Cahyana, Y., & Frianto, D. (2023). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) pada Siswa SDN Kemiri I. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7653–7657.

Hijriani, I., Yulidar, & Luciana, L. (2023). Jurnal Peduli Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 5(JUNI), 207–212.

Karaeng, V. D., Umboh, J. M. L., & Akili, R. H. (2017). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Inpres Karatung Kecamatan Manganitu Kabupaten Sangihe. Kesehatan Masyarakat, 6(2), 81–88.

Mardhiati, R. (2019). Guru Paud : Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini Retno Mardhiati. Ikraith Abdimas, 2(3), 134–141.

Rahman, F., Yulidasari, F., Laily, N., & Rosadi, D. (2017). Community’s Level of Knowledge and Attitude towards Tuberculosis Prevention Efforts. Jurnal MKMI, 13(2), 183–189.

Rita Puspa Sari, Ruminem, Ida Ayu Kade SW, & Dwi Nopriyanto. (20023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Masa Adaptasi Pasca Pandemi Covid-19 Bagi Siswa-Siswi Sdn 010Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 1(1), 1–9.

Siregar, P. A., Ashar, Y. K., Hasibuan, R. R. A., Nasution, F., Hayati, F., & Susanti, N. (2021). Improvement of Knowledge and Attitudes on Tuberculosis Patients with Poster Calendar and Leaflet. Journal of Health Education, 6(1), 39–46. https://doi.org/10.15294/jhe.v6i1.42898

Suprapto, S., & Arda, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.25311/jpkk.vol1.iss2.957

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Trimaya Cahya Mulat, Yuriatson Yuriatson, A. Syamsinar Asmi, & Rukina, R. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar. Abdimas Polsaka, 7, 43–47. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v2i1.31

Yahya Eko Nopiyanto, Septian Raibowo, Andika Prabowo, Alimuddin, Deny Pradana Saputro, & Fadli Dongoran. (2021). Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak-anak di Kelurahan Mangunharjo Pada Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 34–43. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.459

Yuniar, I., & Lestari, S. D. (2017). Hubungan Status Gizi Dan Pendapatan Terhadap Kejadian Tuberkulosis Paru. Jurnal Perawat Indonesia, 1(1), 18. https://doi.org/10.32584/jpi.v1i1.5




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: