Pengembangan produk makanan lokal khas Wonogiri dalam bentuk identitas produk
Abstract
Abstrak
UMKM memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia, terutama di sektor kuliner di Bekasi yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi. Maka, UMKM Bakso Bang Eja Wonogiri menghadapi berbagai kendala dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kembali identitas visual dan desain kemasan Bakso Bang Eja Wonogiri dengan tujuan meningkatkan visibilitas merek dan penjualan produk. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap Empathize, wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen. Tahap Define bertujuan menganalisis data dalam menemukan masalah utama. Dalam tahap Ideate, dilakukan sesi brainstorming dengan teknik Mind Mapping untuk mengembangkan solusi inovatif. Tahap Prototype pembuatan konsep desain dengan menggunakan Moodboard yang menggambarkan estetika serta makna elemen visual yang harmonis. Tahap Test dilakukan untuk memastikan bahwa solusi desain dapat memenuhi kebutuhan merek dan ekspektasi konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan identitas visual dan desain kemasan yang sesuai dapat meningkatkan daya tarik. Dalam peranan diskusi penelitian ini pentingnya identitas visual dan desain kemasan sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta daya saing UMKM di pasar lokal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan identitas visual dan kemasan untuk UMKM lainnya.
Kata kunci: UMKM; identitas visual; desain kemasan
Abstract
MSMEs have an important role in supporting the Indonesian economy, especially in the culinary sector in Bekasi which shows economic growth. Therefore, MSME Bakso Bang Eja Wonogiri faces various obstacles in marketing its products. This study aims to redesign the visual identity and packaging design of Bakso Bang Eja Wonogiri with the aim of increasing brand visibility and product sales. This design uses a qualitative research method with a Design Thinking approach consisting of five stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. In the Empathize stage, interviews are used to identify consumer needs and preferences. The Define stage aims to analyze data in finding the main problems. In the Ideate stage, a brainstorming session is carried out using the Mind Mapping technique to develop innovative solutions. The Prototype stage creates a design concept using a Moodboard that describes the aesthetics and meaning of harmonious visual elements. The Test stage is carried out to ensure that the design solution can meet brand needs and consumer expectations. The results of this study indicate that designing appropriate visual identity and packaging design can increase attractiveness. In the importance of this research discussion, the importance of visual identity and packaging design as an effective marketing strategy to increase customer loyalty and the competitiveness of MSMEs in the local market. This research is expected to be a reference for the development of visual identity and packaging for other MSMEs.
Keywords: MSME; visual identity; packaging design
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, B., & Chandra, E. (2023). REBRANDING UMKM MENTAI MELALUI PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL. Jurnal Seni Rupa, 12.
Batubara, C., Safitri, D., Permata Sari, D., Tasya Luthfiah, H., & Utama Putra, B. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Bagaskara Utama Putra Journal of Human And Education, 3(2), 420–427.
Erlyana, Y. (2020). PERANCANGAN BUKU DESAIN KEMASAN “BASIC OF PACKAGING.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 06. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa
Farih, F. N., & Anggalih, N. N. (2023). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM IBU MUSRIANI DI KABUPATEN NGANJUK. In Junal Desgrafia (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/
Irianti, N. P., Aprilia, R., Susanti, D., Desta Triswidrananta, O., Mega, E., & Wijaya, S. (2021). Peningkatan Omset Penjualan Kelompok Pengrajin Keset melalui Online Marketing. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i1.4819
Ismail, T. T. (2021). Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung Analysis of AIDA Elements on Instagram Social Media as a Library Promotion Media in the Archives and Libraries Office of Bandung Regency. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.25152
Iswari, F., Putri, M. T. G., & Nuriyanti, W. (2023). Perancangan Desain Kemasan, Logo dan Konten Media Sosial sebagai Bentuk Promosi UMKM “Warung Bu Riri.” Darma Cendekia, 2(1), 83–92. https://doi.org/10.60012/dc.v2i1.43
Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action. https://doi.org/https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Lebrina Uneputty. (2023, August 24). Perkuat UMKM Kota Bekasi, Heri Koswara Buka Akses Permodalan dan Sertifikat Halal Gratis. Https://Disway.Id/Read/721249/Perkuat-Umkm-Kota-Bekasi-Heri-Koswara-Buka-Akses-Permodalan-Dan-Sertifikat-Halal-Gratis#:~:Text=Data%20Badan%20Pusat%20Statistik%20(BPS,Di%20angka%204%2C9%20persen. https://disway.id/read/721249/perkuat-umkm-kota-bekasi-heri-koswara-buka-akses-permodalan-dan-sertifikat-halal-gratis
Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING INFO ARTIKEL ABSTRAK. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Naufalina, F. E., Nugraha, G., & Soedewi, S. (2021). DESAIN KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI STUDI KASUS SHENY KELOM GEULIS TASIKMALAYA. Jurnal Wacadesain, 2, 2775–2232. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/wacadesain/article/view/507/352
Nuansa de Riandra, C., & Ariffudin Islam, M. (2021). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL CATERING & BAKERY CHERRY. Jurnal Barik, 2(2), 43–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Pardede, E. Y. R., & Simanjuntak, M. (2022). Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 119–113. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.15946
Prasetyo, E. T., Sastrodiharjo, I., & Suraji, R. (2022). Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM melalui Penerapan Digital Marketing terhadap UMKM di Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.35912/jpu.v1i2.969
Ramadhan, R. A., & R’ois Abidin, M. (2023). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL SISTER’S KITCHEN SURABAYA. Jurnal Barik, 4(3), 103–116. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., Barita, P., & Simangunsong, N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. JURNAL ABDIMAS TGD, 1(1), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381
Shirley Candrawardhani. (2022, September 5). Apa Itu STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dalam Bisnis? Ini Contoh dan Cara Analisisnya. Https://Www.Kitalulus.Com/Bisnis/Stp-Adalah. https://www.kitalulus.com/bisnis/stp-adalah
Tri Rahma, A., Az Zahra, A., Rahman, H., Rizaldi Fajri, J., Anita, M., Putri, S., Khofifah Amara, S., & Wahyuni, S. (2023). Pengenalan Dan Design Logo Kemasan Untuk Umkm Dalam Era Digital : Strategi Meningkatkan Pemasaran Di Desa Sungai Siput. JPMNT : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT NIAN TANA, 1(4).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: