Promoting flashcards digital learning application to enhance vocabulary for young learners in PAUD Kutilang
Abstract
Abstrak
Anak usia dini merupakan individu yang membutuhkan pembelajaran dasar dalam kehidupannya. Karena mereka pada usianya mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Oleh karena itu, pembelajaran untuk anak usia dini memerlukan metode, teknik, strategi, pendekatan dan media yang tepat guna keberhasilan pembelajaran tersebut. Adapun pembelajaran di PAUD Kutilang masih belum adanya muatan materi pengenalan kosakata Bahasa Inggris menggunakan pemaanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran dikarenakan penggunaan smartphone yang tidak tepat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mempromosikan aplikasi pembelajaran flashcards digital kepada anak usia dini guna menambah kosakata Bahasa Inggris dengan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi ceramah singkat, diskusi hingga praktik langsung penggunaannya yang didampingi oleh guru dan wali murid. Berdasarkan hasil pengamatan dari kegiatan ini menunjukkan siswa-siswi tersebut sangat antusias dalam mempraktikkan penggunaan aplikasi tersebut dengan menujukkan sikap aktif bertanya apabila ada yang tidak dimengerti oleh mereka, selain itu pula mereka bisa fokus dalam belajar kosakata dengan menunjukkan keseriusan dalam mengerjakan kuis yang terdapat pada aplikasi tersebut. Selain itu banyaknya permintaan dari guru dan wali murid untuk mengunduhkan aplikasi tersebut di smartphone mereka dan menggunakan aplikasinya sebagai media belajar kosakata.
Kata kunci: promosi; flashcards digital; bahasa inggris; pemanfaatan TIK
Abstract
Early childhood children are individuals who need basic learning in their lives. Because at their age, the get a rapid growth and development process. Therefore, learning for early childhood requires appropriate methods, techniques, strategies, approaches and media for successful learning. As for learning at PAUD Kutilang, there is still no material for introducing English vocabulary using smarthphone as a learning medium due to inappropriate use of smartphones.This service activity aims to promote flashcards digital learning application to young children in order to increase their English vocabulary with interesting and fun learning media. The method of implementing this service activity includes short lectures, discussions and direct practice in its use accompanied by teachers and student guardians). Based on the observation results from this activity, it shows that the students are very enthusiastic in practicing using the application by showing an active attitude of asking if there is something they do not understand, besides that they can also focus on learning vocabulary by showing seriousness in taking the quizzes contained in the application. Besides that, there are many requests from teachers and parents to download the application on their smartphones and they use the application as a medium for learning vocabulary.
Keywords: promoting; flaschcards digital; english; ICT utilization
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 25–42. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Astuti, W., Said, M. M., & Erniwati, E. (2022). Using Flashcards To Increase Students’ Vocabulary. E-Journal of ELTS (English Language Teaching Society), 10(2), 105–117. https://doi.org/10.22487/elts.v10i2.2483
Elisa, H., & Tuti, T. (2020). An Evaluation of the Use of Flashcard for Teaching Vocabulary at Kindergartens in Sintang. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 388–392. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.2040
Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The Utilization of Flashcards in Children Information Literacy Development. Library Philosophy and Practice, 2020(January 2021), 1–12.
Kusnadi, Y., Sismadi, & Nasruloh. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia (Studi Kasus : Paud Al-Hasanah Cilimbung Tasikmalaya). Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 1–7. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2401%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/2401/1898
Lindawati, N. P. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393
Taghizadeh, M., Vaezi, S., & Ravan, M. (2017). Digital Games, Songs and Flashcards and their Effects on Vocabulary Knowledge of Iranian Preschoolers. International Journal of English Language & Translation Studies, 5(4), 156–171. https://eltsjournal.org/archive/value5 issue4/20-5-4-17.pdf
Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361
Yanuarti, R., Azizah Al Faruq, H., & Bahtiar Ramadhani, C. (2023). FLASHCARD DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI [Universitas Muhammadiyah Jember]. https://drive.google.com/file/d/1qAhRKeMEKpEzEfeK3-iaYDnxWWv1nTpc/view
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: