Peningkatan kompetensi guru madrasah melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan bahan ajar digital berbasis pembelajaran diferensiasi

Ramlah Ramlah, Agung Prasetyo Abadi, Sutri Sutri, Nita Hidayati, Amanda Mutiara Putri, Fitri Nur Arielhan, Vanessa Rahmawati Julistiwa

Abstract


Abstrak

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di era Kurikulum Merdeka dalam dunia pendidikan semakin menjadi kebutuhan yang penting, yang menuntut guru dapat menguasai teknologi digital untuk pencapaian pembelajaran efektif. Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru madrasah dalam mendesain bahan ajar berbentuk video digital berbasis pembelajaran diferensiasi menggunakan aplikasi canva. Metode yang digunakan adalah mengkolaborasi workshop dan project-based training, dengan tahapan kegiatan meliputi: pemaparan materi pelatihan, melakukan demonstrasi dan praktek, dan evaluasi desain bahan ajar. Peserta pelatihan sebanyak tujuh belas guru MI Nihayatul Amal 2 Purwasari, Kabupaten Karawang. Hasil pelatihan ini menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan guru, dengan rata-rata skor pre-test 53% meningkat menjadi 87% pada post-test. Para guru menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan efektif, serta menunjukkan antusias yang tinggi selama pelatihan berlangsung. Kendala yang dihadapi dalam pelatihan ini yakni keterbatasan fitur aplikasi canva yang tidak berbayar dan waktu pelatihan yang terbatas. Namun, kendala ini dapat diatasi melalui diskusi secara online dan memberikan video tutorial. Luaran dari kegiatan PkM ini mencakup peningkatan keterampilan guru dalam mendesain bahan ajar digital berupa video pembelajaran yang dapat diakses. Harapan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa, serta mengembangkan kemampuan literasi digital siswa maupun guru.

 

Kata kunci: bahan ajar digital; kompetensi guru; video pembelajaran; pembelajaran diferensiasi.

 

Abstrak

The application of information and communication technology in the era of the independent curriculum in the world of education is increasingly an important need, which requires teachers to be able to master digital technology to achieve effective learning. This training and mentoring aims to improve the competence of madrasah teachers in designing teaching materials in the form of digital videos based on differentiated learning using the Canva application.  The method used is to collaborate on workshops and project-based training, with the stages of activities including presentation of training materials, demonstrations and practices, and evaluation of teaching material design. The training participants were seventeen MI Nihayatul Amal 2 Purwasari, Karawang Regency teachers. This training showed an improvement in teachers' understanding and skills, with an average pre-test score of 53% increasing to 87% on the post-test. The teachers produced interesting and effective learning videos and showed high enthusiasm during the training. The obstacles faced in this training are the limitations of the features of the unpaid Canva application and the limited training time. However, this obstacle can be overcome through online discussions and video tutorials. The outputs of this PkM activity include improving teachers' skills in designing digital teaching materials in the form of accessible learning videos. These activities hope to improve the quality of learning and student learning motivation, as well as develop the digital literacy skills of students and teachers.

 

Keywords: digital teaching materials; teacher competence; learning videos; differentiation learning.


Keywords


digital teaching materials; teacher competence; learning videos; differentiation learning.

Full Text:

PDF

References


Adenia, A. P., Juniar, R. D., & Mauliana, M. I. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Memanfaatkan Aplikasi Canva Menggali Kreativitas Guru dalam Pendidikan di SDN Sekarjoho 1. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1182–1188. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22822

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.732

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16903e

Gudiato, C., Mira, M., Kusnanto, K., & Cahyaningtyas, C. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2719–2725. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19725

Ikaningrum, R. ., Indriani, L., & Amalia, I. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Presentasi dalam Mendukung Pembelajaran di Kelas bagi Guru SD di Magelang The Utilization of Canva Application as a Presentation Media to Support Classroom Learning for Elementary School Teachers in Magelang. Jurnal Anugrah, 5(x), 233–246. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6361

Kuncahyono, K., & Kumalasani, M. P. (2019). Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-Modul Bagi Guru Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 128–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5272

Kuway, N. P., Muhajir, M., & Wahid, A. (2023). Meningkatkan Minat Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPAS melalui Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Bahan Ajar Digital. Jurnal Basicedu, 7(6), 3869–3877. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu

Munawar, B., Hasyim, A. F., & Maâ, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker pada PAUD di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310–321. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2473

Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru SD Muhammadiyah 5 Porong. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415–1419. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10273

Sabara, E., & Wahrini, R. (2023). Edy Sabara, Retyana Wahrini, & Mustamin. (2023). “Education and Training On Searching For Teaching Materials From The Internet For Teachers In Pangkep District. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 182–188. https://doi.org/10.58355/engagement.v2i4.67

Sholikhati, N. I., & Astuti, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Media Powtoon. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/engagement.v2i2.26

Sidqi, M. N., Aprilisa, S., Oktafelani, R., & Putra, M. R. E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau. PKM Linggau: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.55526/pkml.v3i2.549

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Berbasis Modul Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1669–1678.

Wahrini, R., & Hasbi. (2023). Learning Video Making Training In Pangkep Regency South Sulawesi. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/engagement.v2i2.22

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: