Optimasi diversifikasi olahan pangan dalam manajemen industri di desa Branjang kabupaten Semarang
Abstract
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri bagi UMKM di Desa Branjang, Kabupaten Semarang di tengah persaingan Industri yang sangat ketat dan perubahan lingkungan yang pesat. Kegiatan ini diinisiasi dengan adanya permasalahan berkaitan dengan keterampilan yang masih terbatas yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pelatihan sehingga kualitas produk olahan pisang yang dihasilkan masih belum memenuhi standar. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat dengan beberapa tahapan yaitu tahapan koordinasi pelaksanaan kegiatan dengan mitra, tahapan penyusunan rencana kerja, tahapan sosialisasi dan pelatihan, tahapan pendampingan dan tahapan monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline di Balai Desa Branjang, Kabupaten Semarang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah peserta dapat menghasilkan inovasi baru dari bahan baku pisang dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mitra dalam mengolah pisang sehingga produk yang dipasarkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Kata kunci: daya saing industri; rencana kerja; kualitas produk.
Abstract
This community service aims to enhance the industrial competitiveness of MSMEs in Branjang Village, Semarang Regency, amidst very tight industrial competition and rapid environmental changes. This activity was initiated due to problems related to limited skills caused by a lack of knowledge and training, resulting in the quality of banana processed products that do not yet meet standards. The method used in this community service involves providing training to the community through several stages: coordination of activity implementation with partners, preparation of work plans, socialization and training, mentoring, and monitoring and evaluation stages. This activity is conducted offline at the Branjang Village Hall, Semarang Regency. The result of this community service is that participants can produce new innovations from banana raw materials and are expected to improve the partners' ability to process bananas so that the marketed products can be well received by consumers.
Keywords: industrial competitiveness; work plan; product quality.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhabsyie, M. I., Surya, A., & Domodite, A. (2020). Olahan Pisang Uli Menjadi Pisang Crispy. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(1), 33-38.
David, F. R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi Lima Belas. Jakarta: Selemba Empat.
Hadi, S., & Yulianto, F. (2018). Analisis kinerja dan strategi pengembangan usaha mikro di sektor pengolahan makanan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 22(1), 34-50.
Hapsari, D. P., Maulita, D., & Umdiana, N. (2019). Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Dengan Pengolahan Pisang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78-83.
Hasanah, Uswatun., Mayshuri.,Dan Djuwari.(2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen,Vol. 18 No.3, pp. 141 -149, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Johnson, R. (2023). Trends in Snack Foods: Market Opportunities and Innovations. Journal of Food Marketing, 12(4), 112-130.
Kumar, V., & Patel, S. (2022). Organic and Gluten-Free Food Trends. Journal of Nutrition and Health, 18(1), 22-35.
Kurniawan, D. (2019). Kolaborasi pemerintah dan pengusaha dalam pengembangan industri kecil dan menengah: Studi kasus pada sektor pengolahan makanan. Jurnal Administrasi Publik, 15(2), 92-106.
Lestari, R., & Amalia, H. (2019). Peran peralatan dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi pada industri pengolahan pangan lokal. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 11(3), 78-91.
Marwanti. 2015. Diversifikasi Pengolahan Bahan Pangan Lokal. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Diversifikasi.pdf
Naton, S., Radiansah, D., & Juniansyah, H. (2020). Analisis nilai tambah dan strategi pengembangan usaha pengolahan pisang pada UMKM keripik tiga bujang di kota Pontianak. JSEP, 16(2).
Nawangsih, N. (2018). Analisis Potensi Daya Saing Pemasaran Produk Unggulan Pisang Mas Kirana. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 46-53.
Patton, M. Q. (2008). Utilization-Focused Evaluation. 4th ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: Free Press.
Prahesti, L., Kareja, N., & Nur, K. M. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran Online Sale Pisang Di Home Industry Sari Agung Desa Kedungringin Kecamatan Muncar. Jurnal Javanica, 2(2), 81-95.
Pramudito, I., & Kusuma, S. (2019). Diversifikasi Produk dan Manajemen Risiko dalam Industri Pengolahan Pertanian. Jurnal Manajemen Agribisnis, 17(3), 125-140.
Pratama, Y., & Setiawan, D. (2020). Evaluasi pengaruh teknologi dan peralatan terhadap produktivitas usaha mikro dan kecil di sektor pangan. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 15(2), 101-115.
Rahmat, A., & Kurniawati, N. (2020). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing usaha kecil. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 14(3), 50-62.
Rizki, A., & Widodo, S. (2019). Evaluasi Potensi dan Masalah Masyarakat dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat: Studi Kasus di Wilayah Pesisir. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 101-114.
Rofik, A. Diversifikasi Pangan Berbasis Pisang Rutai Untuk Meningkatkan Daya Saing Pangan Lokal. 2019; 3 (1):50-58.
Sadimantara, G. R., & Leomo, S. 2020. Peningkatan Kapasitas Usaha Pada PKM Usaha Olahan Pisang di Kabupaten Bombana. Jurnal Siar Ilmuwan Tani. 1(1): 22-27.
Sari, D., & Prasetyo, B. (2019). Inovasi dan strategi pemasaran dalam sektor pengolahan makanan lokal: Studi kasus pisang crispy di Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 78-92.
Sari, D., & Setiawan, B. (2020). Koordinasi dan Manajemen dalam Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus di Sektor Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(3), 56-70
Siregar, H. A., & Nasution, M. A. (2021). Pengembangan Rencana Kerja dan Panduan Operasional dalam Program Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus pada UMKM Sektor Makanan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(1), 22-37.
Smith, J., & Johnson, P. (2021). Healthy Eating Trends and Consumer Behavior. Health and Nutrition Studies, 14(2), 56-70.
Sunandar, A., Sumarsono, R. B., Djum, D., Benty, N., & Nurjanah, N. (n.d.). Aneka Olahan Pisang Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Pisang dan Pendapatan Masyarakat. 8–15.
Sutanto, J., & Wibowo, A. (2020). Peran pemasaran digital dalam pengembangan usaha mikro dan kecil di sektor pangan: Studi kasus UMKM di Yogyakarta. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 18(1), 55-70.
Wulandari, S., & Setiawan, B. (2021). Evaluasi program pengabdian masyarakat untuk pengembangan usaha mikro: Studi kasus pada sektor makanan olahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 11(1), 105-120
Wuri Marsigit. 2010. Pengembangan Diversifikasi Produk Pangan Olahan Lokal Bengkulu untuk Menunjang Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Agritech. Vol.30 No.4.
Zainuddin, M., & Santosa, R. (2021). Dampak perubahan iklim terhadap produksi pertanian dan sektor pengolahan makanan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pertanian, 18(3), 45-60
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: