Peningkatan kompetensi pembelajaran dengan generative AI guru SMKN 1 Rembang Purbalingga: to be or not to be future of learning
Abstract
Abstrak
Saat ini muncul teknologi generative AI yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan generative AI guru SMK N 1 Rembang Purbalingga, peningkatan keterampilan generative AI guru SMK N 1 Rembang Purbalingga pada tanggal 24 Juni 2024, Kebermanfaatan pengabdian masyarakat, dan kepuasan mitra pengabdian. Metode yang digunakan adalah pretest, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, dan posttest. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda sedangkan data kebermanfaatan dan kepuasan mitra pengabdian didapatkan menggunakan instrumen non tes, kuesioner. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan generative AI guru SMK N 1 Rembang Purbalingga dari median 5 menjadi median 9. Keterampilan guru juga meningkat dimana guru dapat membuat akun, menginstall generative AI di chrome extension dan dapat mengoperasikan generative AI. Pengabdian selanjutnya sebaiknya dilakukan pelatihan lebih lanjut tentang teknologi AI lainnya dapat diadakan untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan guru, sehingga mereka dapat mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang.
Kata kunci: generative AI; guru; keterampilan; pengetahuan
Abstract
Currently, generative AI technologies are emerging which can be used in learning. This service aims to determine the increase in generative AI knowledge of SMK N 1 Rembang Purbalingga teachers, the increase in generative AI skills of SMK N 1 Rembang Purbalingga teachers, the usefulness of community service, and the satisfaction of service partners. The methods used are pretest, lecture, question and answer, demonstration, assignment, and posttest. The type of test used is multiple choice, while data on the usefulness and satisfaction of service partners is obtained using non-test instruments, questionnaires. The results of this service show that there has been an increase in the generative AI of SMK N 1 Rembang Purbalingga teachers from a median of 5 to a median of 9. Teacher skills have also increased where teachers can create accounts, install generative AI in the chrome extension and can operate generative AI. Further service should include further training on other AI technologies to continuously update teachers' knowledge and skills, so that they can keep up with developments in technology that continue to develop.
Keywords: generative AI; knowledge; teacher; skills
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alharbi, A. M. (2023). Implementation of Education 5.0 in Developed and Developing Countries: A Comparative Study. Creative Education, 14(5), 914–942. Retrieved from https://www.scirp.org/journal/paperinformation?paperid=125022
Bahatmaka, A., Iskandar, R., Setiadi, R., Fitriyana, D. F., Herunandi, I. D., Naryanto, R. F., … Fahmi, F. F. (2023). Pelatihan Software Rhinoceros dan Maxsurf untuk Meningkatkan Kompetensi Desain 3D Pengrajin Kapal Tradisional di Pesisir Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1986–1992. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/17220/7745
Dewi, A. I. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Diklat Dengan Menggunakan Lembar Kerja (LK) Terstruktur. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 5(2), 129–148. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/275091-peningkatan-kemandirian-belajar-peserta-4851d20c.pdf
Google. (2024). Contoh AI generatif. Retrieved from https://cloud.google.com/use-cases/generative-ai?hl=id#section-1
Hamidi, N. (2009). Andragogi pada Pendidikan “Sertifikasi” Guru Dalam Jabatan. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 103–114. doi: https://doi.org/10.14421/albidayah.v1i1.37
Haq, R., Astuti, D. S. F., Iskandar, R., Sunarsih, & Kusuma, Y. R. (2021). Pelaksanaan Dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian Pembuatan Pupuk Bokashi Di Desa Mangunrejo Magelang. Abdimas Mandalika, 1(1), 01–09. doi: https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Hidayat, H., Asri, S., Iskandar, R., Bahatmaka, A., Huda, K., Leksono, P. B., … Arrijah, H. K. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PRODUKTIF SMK DALAM PENDIDIKAN 4.0 MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DAN PUBLIKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2275–2281. Retrieved from http://112.78.38.8/index.php/jpmb/article/view/17827
Iskandar, R. (2019). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Maghfiroh, A., & Iskandar, R. (2023). Pengecekan Tingkat Similaritas Jawaban ChatGPT pada Prompts Pendidikan Kejuruan. Journal of Education and Teaching (JET), 4(3), 308–315. Retrieved from https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/267
Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau) Volume 2, No. 1 Mei 2023, 2(1), 54–67. Retrieved from https://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/221/204
Naryanto, R. F., Delimayanti, M. K., Iskandar, R., Supriadi, D., Sukoco, I., Bahatmaka, A., & Warsiti. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Tentang Budaya Keris Berbasis Virtual Reality di Sekolah Dasar. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 191–201. doi: https://doi.org/10.37850/taawun.v3i02.511
Nashiroh, P. K., & Iskandar, R. (2024). Bibliometric analysis: Learning using generative AI. Journal of Research in Instructional, 4(1), 194–204. doi: https://doi.org/10.30862/jri.v4i1.392
Rane, N., Choudhary, S., & Rane, J. (2023). Education 4.0 and 5.0: Integrating Artificial Intelligence (AI) for Personalized and Adaptive Learning. SSRN. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4638365
Saputra, M., Fadila, K., & Triloka, J. (2022). Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Dif_able melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 55–62. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/vivabio/article/view/43184
Subakti, H., Haddar, G. A., & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3186–3195. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1300
UNESCO. (2023). Guidance for generative AI in education and research. Paris: UNESCO. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/in/documentViewer.xhtml?v=2.1.196&id=p::usmarcdef_0000386693&file=/in/rest/annotationSVC/DownloadWatermarkedAttachment/attach_import_d4cbd94b-e183-448f-90a9-a9bb3b74db2%3F_%3D386693eng.pdf&locale=en&multi=true&ark=/ark:/48223/p
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: