Cap cut untuk meningkatkan penjualan mitra Samira Travel

Moh. Chairil Asmawan, Surya Jatmika, Briliansa Rama Luthfi, Wahyu Indriyani

Abstract


Abstrak

Mitra Samira Travel mengalami kendala dalam hal pembuatan content digital, hal ini akan berpengarih secara tidak langsung pada kuantitas penjualan mitra. Secara umum, mitra harus menunggu share  dari kantor pusat atau mitra lain sehingga dapat menghambat proses penjualan. Maka dari itu, tujuan pengabdian ini adalah pelatihan membuat content digital untuk meningkatkan penjualan mitra Samira Travel. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Cabang Samira Travel yang diikuti 31 mitra. Metode Training of Trainner digunakan dalam kegiatan ini dengan alokasi waktu 6 jam terdiri dari 3 jam teori dan 3 jam berikutnya adalah praktik secara langsung. Materi yang digunakan adalah cap cut. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 29 mitra telah dapat menggunakan cap cut, sedangkan 2 mitra belum bisa menggunakan cap cut dikarenakan HP tidak mendukung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil evaluasi yaitu: 1) Mitra dapat melakukan install aplikasi sebesar 93,54%; 2) Mitra dapat melakukan editing foto atau video sebesar 87%; 3) Mitra dapat melakukan editing suara sebesar 83,87%; 4) Mitra dapat menambahkan teks pada foto atau video sebesar 93,54%. Hasil ini menunjukkan bahwa secara umum, mitra Samira Travel dapat menggunakan cap cut untuk membuat content digital.

 

Kata kunci:: content digital; mitra samira travel; penjualan

 

Abstract

Samira Travel partners experience problems in creating digital content, this will indirectly affect the partner's sales quantity. In general, partners have to wait for shares from the head office or other partners, which can hamper the sales process. Therefore, the aim of this service is training to create digital content to increase sales of Samira Travel partners. The activity was carried out at the Samira Travel Branch Office which was attended by 31 partners. The Training of Trainers method is used in this activity with a time allocation of 6 hours consisting of 3 hours of theory and the next 3 hours of direct practice. The material used is stamp cut. The training results show that 29 partners have been able to use cap cut, while 2 partners have not been able to use cap cut because their cellphones do not support it. This is shown by the evaluation results, namely: 1) Partners can install applications at 93.54%; 2) Partners can edit photos or videos up to 87%; 3) Partners can perform sound editing of 83.87%; 4) Partners can add text to photos or videos at 93.54%. These results show that in general, Samira Travel partners can use cap cut to create digital content.

 

Keywords: content digital; marketing; samira travel partners.


Keywords


content digital; marketing; samira travel partners.

Full Text:

PDF

References


Anak Agung Sagung Vitria Maheswari, Kadek Julia Mahadewi. 2024. “Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Sarana Peningkatan Partisipasi Pemilihan.” MARTABE:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7:1166–71.

April, Fitri, Yanti Muhammad, Ahmad Walid, and Raden Gamal Tamrin. 2021. “Pembuatan Konten Online Learning Untuk Guru MTs Darussalam Kota Bengkulu The Online Learning Content Creation for Teachers in MTs Darussalam , Bengkulu City.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2):38–45.

Aryani, Indita Dewi, and Dita Murtiariyati. 2022. “Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia 2(2):466–77. doi: 10.32477/jrabi.v2i2.479.

Astria, Dela, and Mei Santi. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan.” Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah) 8(2):246–70.

Atmanegara, Stivaniyanti, I. Dewa, Made Yuda, M. Habibullah Arief, ) Program, Studi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, and Dan Bisnis. 2023. “Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Desa Candijati.” Communnity Development Journal 4(3):5958–62.

Chairil Asmawan, Moh, Rochman Hadi Mustofa, Habil Azhar Hendrawan, and Kartika Thoyibbah. 2023. “Optimalisasi Whatsapp Business Untuk Meingkatkan Penjualan Mitra Samira Travel.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(1):123–32.

Ismaun, Farid Wajidi, M. Imam Quraisy. 2023. “Peningkatan Kemampuan Personal Branding Melalui Aplikasi Capcut Video Editor Pada Anggota Kawao ART Management.Pdf.” ABDIMAS UNIPOL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2).

Joko S.; Surya J.; Ahmad C.; Faizal M. 2022. “Pengembangan Usaha Kelompok Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) PDA Sukoharjo Melalui Pemasaran Digital Berbasis Internet.” J-ABDIPAMAS 6(2):131–44.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.

Lestari, Yosi elisa. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Produk Kecantikan Wardah.” J-Sikom 3(2):81–93. doi: 10.36085/jsikom.v3i2.4135.

Luthfi, Mohammad, and Muhammad Taufiq Mubarak. 2023. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Informasi Pondok Modern Darul Hijrah Putra Martapura.” Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi 15(2):161–79.

Marpaung, Sophya Hadini, Riche Riche, and Darwin Darwin. 2023. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Interaktif Menggunakan Adobe Flash Di Smk Sultan Iskandar Muda.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(3):1821. doi: 10.31764/jpmb.v7i3.16805.

Nugroho, Alexander Okta, Arif Yunanto, Natanael Kristolife, Ardana Hadi, and Herry Wijaya. 2023. “Pemanfaatan Media Digital Untuk Mendukung Kegiatan.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(4):2954–61.

Rahmayanie, Ananda Muslimah, Aliftya Virgy Afiffah, Indah Dewi Anggraini, Hardika Dwi Hermawan, Latutik Mukhlasin, and Dani Kurniawan. 2022. “Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing Di Konveksi BUMDes.” Buletin KKN Pendidikan 4(2):123–32. doi: 10.23917/bkkndik.v4i2.19186.

Roosinda, Fitria Widiyani, and Farah Aulia Salshabila. 2021. “Rebranding Koperasi Intako Melalui Program Redecor Showroom Dan Pemberdayaan Digital Marketing.” Warta LPM 24(2):176–86. doi: 10.23917/warta.v24i2.10727.

Sari, Chitra Indah, Syukri Iska, Himyar Parizal, Khairul Marlin, Khairulis Shobirin, and Yeni Melia. 2024. “Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Yang Terhimpun Di Dalam Forum UMKM Kabupaten Agam.” MARTABE:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7:1160–65.

Suranto, Suranto, Dhany Efita Sari, Sabar Narimo, Titik Ulfatun, Rochman Hadi Mustofa, Joko Suwandi, Muhammad Fahmi Johan Syah, Surya Jatmika, Tri Nur Wahyudi, Mohammad Chairil Asmawan, Yovi Annang Setiyawan, and Habil Azhar Hendawan. 2022. “Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 6(1):123–36.

Surniandari, Artika, Sri Wasiyanti, Lisda Widiastuti, and Lila Dini Utami. 2023. “Workshop Aplikasi Cap Cut Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Kegiatan Bagi Staff Kelurahan Paledang Kota Bogor.” Suluh Abdi 5(2):135. doi: 10.32502/sa.v5i2.7422.

Syaharullah, Muhammad Yahya, and Ahmad Syarif. 2021. “Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Barang Jadi.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer 12(2):27–38.

Yulius, Yosef, and Dewi Sartika. 2022. “Pelatihan Membuat Video Ajar Malalui Aplikasi Capcut Dan Az Screen Sebagai Media Pembelajaran Di SMP 30 Palembang.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(2):97–105. doi: 10.36312/linov.v7i2.649.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: