Program pendampingan pemilihan jurnal dan teknik submit artikel ilmiah melalui OJS bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto

Fandy Setyo Utomo, Afit Ajis Solihin, Rifqi Arifin Ilham

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra sasaran, yakni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto adalah rendahnya jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa program sarjana dan magister sebagai luaran matakuliah. Berdasarkan permasalahan tersebut, kami memberikan solusi menyelenggarakan program pendampingan strategi pemilihan jurnal penelitian dan teknik submit artikel ilmiah melalui open journal systems bagi mahasiswa fakultas ilmu komputer. Target yang diharapkan dari program ini, yakni mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer memiliki pemahaman dan berkemampuan untuk memilih target jurnal yang tepat sesuai dengan artikel ilmiah yang mereka tulis, mampu memahami persyaratan dan teknik tata tulis dari jurnal yang ditargetkan, serta mampu mengirimkan artikel ilmiah melalui OJS dengan benar. Berdasarkan target luaran yang telah ditetapkan, metode pengabdian masyarakat yang digunanakan dalam program ini mencakup 3 tahap utama, yaitu tahap persiapan kegiatan, implementasi kegiatan, dan pelaporan kegiatan. Setelah mengimplementasikan solusi yang diusulkan, kami mengevaluasi kemampuan peserta program pendampingan dalam memahami kriteria pemilihan jurnal ilmiah dan teknik submit artikel ilmiah melalui OJS. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 97% peserta mampu memahami kriteria pemilihan jurnal penelitian dan 94% mampu memahami teknik submit artikel ilmiah melalui OJS.

 

Kata kunci: pendampingan; jurnal penelitian; artikel ilmiah; open journal system; OJS

 

Abstract

The problem faced by our target partner, the Faculty of Computer Science at Universitas Amikom Purwokerto, is the low number of scientific publications produced by undergraduate and graduate students as course outputs. To address this issue, we proposed a mentoring program on strategies for selecting research journals and techniques for submitting scientific articles through open journal systems for computer science students. The expected outcome of this program is that the students of the Faculty of Computer Science will have the understanding and ability to select appropriate target journals for their scientific articles, understand the requirements and writing techniques of the targeted journals, and be able to submit their articles through OJS correctly. Based on the established outcome targets, the community service method used in this program includes three main stages: activity preparation, activity implementation, and activity reporting. After implementing the proposed solution, we evaluated the participants' ability to understand the criteria for selecting scientific journals and the techniques for submitting articles through OJS. The evaluation results showed that 97% of participants were able to understand the criteria for selecting research journals, and 94% were able to understand the techniques for submitting scientific articles through OJS.

 

Keywords: mentoring; research journal; scientific article; open journal system; OJS


Keywords


mentoring; research journal; scientific article; open journal system; OJS

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmansyah, A., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan kualitas perguruan tinggi melalui sistem penjamin mutu dengan pendekatan total quality managemen. Jurnal Perspektif, 6(2), 154. https://doi.org/10.15575/jp.v6i2.177

Alimuddin, F. H., Haliah, H., & Kusumawati, A. (2022). PENERAPAN PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 3(2), 272–280. https://doi.org/10.24252/isafir.v3i2.34071

Defrizal, Narundana, V. T., Nurdiawansyah, N., Dharmawan, Y. Y., & Redaputri, A. P. (2022). Evaluation Of The Implementation Of The Independent Learning Program For The Independent Campus (Mbkm) At The Faculty Of Economics And Business - Bandar Lampung University. Borneo Educational Journal (Borju), 4(2), 1–20. https://doi.org/10.24903/bej.v4i2.914

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, K. P. K. R. dan T. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 021, pp. 1–73). http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf

Hasanah, U., Elyani, E., & Waruwu, K. (2023). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis Ojs Di Lingkungan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.57094/haga.v2i1.886

Hendriana, B., Apoko, T. W., Hadi, W., Handayani, I., & Nana, E. (2023). The Independent Learning-Independent Campus Policy : Students ’ Awareness of Mathematics Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 1238–1245. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2302

ID, I. D., Andriani, Y., Mahdiyah, E., & Al Aminuddin, A. A. (2021). Strategi TIK untuk Meningkatkan Peringkat Webometric Universitas Riau Menggunakan Metode GAP Analysis. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 300–322. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1213

Indrawati, L. (2021). Mengukur ketercapaian kualitas pendidikan perguruan tinggi era pandemi dan liyan dalam perspektif fenomenologis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.28373

Isnawan, M. G. (2019). Pengaruh Kesadaran Metakognitif Terhadap Kinerja Dosen. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 101–109. https://doi.org/10.33654/math.v5i2.520

Lorensius, L., Warman, W., & Tresia, Y. (2021). Kajian Literatur: Implementasi Performance-Based Budgeting Pada Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 118–131. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.172

Maduwinarti, A., Ariyanto, E. A., Narulita, L. F., Haque, S. A. U., & Farhanindya, H. H. (2022). The impact of independent campus learning program (MBKM) through matching fund program for lecturers, students and partners in Minggirsari Village, Blitar. Technium Social Sciences Journal, 27, 60–64. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/download/5570/1929

Noer, E. (2017). Determinasi kepemimpinan strategis dan budaya organisasi pada kinerja perguruan tinggi di surabaya jawa timur. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, 8(1), 33–48. https://doi.org/10.35724/jies.v8i1.645

Ritonga, M., Pristiyono, P., & Muti’ah, R. (2021). Gambaran penerapan good university governance dan kinerja perguruan tinggi di kabupaten labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 21–39. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2047

Silitonga, F., Cahayani, K., & Muthma’innah, M. (2024). Pendampingan Pembuatan dan Manajemen OJS Pendekar Sebagai Wadah Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Batam. Sigma: Jurnal Sinergi Mengabdi, 1(2), 82–95. https://doi.org/10.61456/jurnalsigma.v1i2.148

Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. ., & Andini, A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 686–698.

Wahyudin, A., Nurkhin, A., & Kiswanto, K. (2017). Hubungan Good University Governance Terhadap Kinerja Manajemen Keuangan Perguruan Tinggi. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 60–69. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1227




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: