Pelatihan pembuatan ecoprint teknik pounding untuk melatih kreativitas siswa SDN Inpres Nontotera

Kurniahtunnisa Kurniahtunnisa, Mellyatul Aini, Wilce Anna Cahya Kuendo, Maria Yasinta Manuel, Meidy Atina Kuron, Aisyiah Restutiningsih Putri Utami

Abstract


Abstrak

Di tengah pergeseran pendidikan yang semakin mengedepankan aspek kreativitas, ekspresi, dan inovasi, ecoprint muncul sebagai salah satu media pembelajaran yang menawarkan pembelajaran melalui kegiatan praktik yang praktis dan menyenangkan. Tujuan dari pelatihan pembuatan ecoprint adalah untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan siswa melalui kegiatan yang mudah dipraktikan. Peserta pelatihan adalah 20 siswa kelas V dan 1 guru kelas di SDN Inpres Nontotera. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu persiapan kegiatan, sosialisasi dan demonstrasi, persiapan alat dan bahan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik pembuatan ecoprint secara langsung. Pelatihan ini menggunakan teknik pounding pada tote bag sebagai media aplikasi ecoprint karena kemudahannya untuk diterapkan oleh siswa sekolah dasar. Pelaksanaan pelatihan ecoprint teknik pounding untuk siswa sekolah dasar berlangsung dengan sangat interaktif dan antusias. Pelaksanaan pelatihan pembuatan ecoprint dengan teknik pounding ini telah memberikan pengetahuan tentang pembuatan ecoprint serta melatih keterampilan dan kreativitas para siswa sekolah dasar yang berpartisipasi. Hasil pelatihan menunjukkan hasil yang signifikan dalam kreativitas siswa, dibuktikan dengan variasi desain ecoprint yang siswa buat. Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan kreativitas mereka sambil meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

 

Kata kunci: pelatihan; ecoprint; teknik pounding; kreativitas.

 

Abstract

In the midst of a shift in education that increasingly emphasizes aspects of creativity, expression and innovation, ecoprint emerges as one of the learning media that offers learning through practical and fun activities. The purpose of the ecoprinting training was to develop creativity and improve students' skills through easy-to-practice activities. The training participants were 20 fifth grade students and 1 class teacher at SDN Inpres Nontotera. The implementation of community service activities was carried out in several stages, namely activity preparation, socialization and demonstration, preparation of tools and materials, activity implementation, and activity evaluation. Training activities were carried out using lecture, question and answer, demonstration, and direct practice of making ecoprints. This training used the pounding technique on tote bags as a medium for ecoprint application because of its ease of application by elementary school students. The implementation of the ecoprint training on pounding technique for elementary school students was very interactive and enthusiastic. The implementation of the ecoprinting training with pounding technique has provided knowledge about ecoprinting and trained the skills and creativity of the participating elementary school students. The results of the training showed significant results in student creativity, as evidenced by the variety of ecoprint designs that students created. This training provides an opportunity for students to explore and express their creativity while raising awareness and concern for the surrounding environment.

 

Keywords: training; ecoprint; pounding technique; creativity


Keywords


training; ecoprint; pounding technique; creativity

Full Text:

PDF

References


Adisurya, I. S., Wilastrina, A., Teguh Riyanti, M., & Annisa Damayanti, R. (2023). Penerapan Ecoprint Dengan Metode Pounding Pada Produk Bernilai Jual Bagi Remaja Karang Taruna. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1057, 09(2), 1058–1066. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Amalia, R., & Akhtamimi, I. (2016). Studi Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Zat Fiksasi Terhadap Kualitas Warna Batik dengan Pewarna Alam Limbah Kulit Buah Rambutan (Nephelium Lappaceum). Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 33(2), 85. https://doi.org/10.22322/dkb.v33i2.1474

Arifin, Z. N., Salbiyah, B., & Aziz, K. N. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan ecoprint teknik pounding dengan pemanfaatan tanaman lokal di Dukuh Mojoduwur Kabupaten Klaten. Abdimas SIliwangi, 6(1), 83–89. https://doi.org/10.22460/as.v7i2.21855

Asri, S., Farhannida, N. A., & Imro’ah, K. (2023). Pengenalan Metode Ecoprint pada Siswa Siswi SDN 4 Butuh sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan. Jurnal Bina Desa, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i2.41931

Aulia, A. Y., Pratama, E. A., Fatchurahman, F., Sukma, E. P., Bellashatri, A., Rahmawati, M. A., Akram, A. S., Rosyida, A. T., & Gravitiani, E. (2024). Pelatihan Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i1.771

Faridatun, F. (2022). Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9002

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Flint, I. (2008). Eco Color: Botanical Dyes for Beautiful Textiles. Murdoch Books.

Herlina, M. S., Dartono, F. A., & Setyawan. (2018). Eksplorasi Eco Printing Untuk Produk Sustainable Fashion. 15(02), 118–130.

Kartika, D. S. Y., Rahmawati, F., Rahmawati, V. E., Yudha, A. T. S., Faizah, A. N., & Suhendri, R. R. (2023). Training On The Making Of Ecoprint Crafts As The Development Of Children’s Creativity At Wonomerto State Elementary School. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 71–82. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.311

Limatahu, I., Roini, C., & Limatahu, N. A. (2023). Ecoprint Batik Training for Biology and Craft Teachers using Local Material from Ternate Island. 19(2), 309–320.

Mu’minah, I. H., Sugandi, M. K., & Gaffar, A. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag Di. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 110–118. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/23457/0

Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262–271. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789

Nurmasitah, S., Solikhah, R., Widowati, & Milannisa, A. S. (2022). The impact of different types of mordant on the eco-print dyeing using tingi ( Ceriops tagal). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 969(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/969/1/012046

Partnership for 21st Century Skills. (2017). The 4Cs: Skills for Today Research Series. Battelle for Kids. http://www.battelleforkids.org/networks/p21

Salma, I. R., & Eskak, E. (2022). Teknik dan Desain Produk Ecoprint dalam Berbagai Material Baru (Non tekstil). Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik 2022, 1–15.

Soffa, F. M., Pratama, H. Y., Saniyati, S. L., Yuginanda, A. S., & Tobia, M. I. (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Pelatihan Pembuatan Tas Batik Ecoprint di SD Negeri Playen III. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 921–930. https://doi.org/10.54082/jamsi.773

Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: