Pelatihan aplikasi Chatgpt sebagai alat pendukung pembelajaran
Abstract
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan Aplikasi Chatgpt Sebagai Alat Pendukung dalam Pembelajaran. Metode pelaksanaan dengan tahapan yaitu sosialisasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Kegitan dilakukan selama satu hari dengan jumlah peserta 12 orang. Hasil pengabdian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan pada skor post-test dibandingkan dengan pre-test, yang menandakan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta dalam memanfaatkan ChatGPT untuk keperluan pembelajaran. Peningkatan ini terlihat dari kemampuan peserta yang lebih baik dalam menggunakan ChatGPT untuk menyusun soal, memberikan penjelasan tambahan, serta memfasilitasi diskusi interaktif dengan mahasiswa.
Kata kunci: aplikasi Chatgpt; pendukung pembelajaran; pelatihan
Abstract
The purpose of this service activity is to determine the effectiveness of using the Chatgpt Application as a Supporting Tool in Learning. The implementation method is in stages, namely socialization, implementation of activities and evaluation of activities. The activity was carried out for one day with a total of 12 participants. The results of the service showed that there was a significant increase in post-test scores compared to the pre-test, which indicates that this training succeeded in improving the ability of participants to use ChatGPT for learning purposes. This improvement can be seen from the participants' better ability to use ChatGPT to compose questions, provide additional explanations, and facilitate interactive discussions with students.
Keywords: chatgpt application; learning supporter; training
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arochma, N., Elwis Ghaitza Purnaningsih, Nilam Kumallah Anggreani, & Asif Faroqi. (2023). ANALISIS ETIKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETIDAKETISAN PENGGUNAAN CHATGPT OLEH MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.404
Chanda Halim, & Hendri Prasetyo. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure(CAI). Jurnal Sistem Cerdas. https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.6
Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., Gaol, P. L., & Prinaryanto, B. A. (2024). Tantangan Teknologi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1781
Maharani, D., Anggraeni, D., & Nofitri, R. (2024). Pemanfaatan Artificial intelligence dalam Pembuatan Presentasi bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1), 45–51. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219
Manu, G. A., Enstein, J., Fallo, D. Y. ., Benufinit, Y. A., Sogen, M. M. B., & Taku Neno, K. J. (2023). Pendidikan dan Kecerdasan Buatan: Workshop Penerapan Chat GPT dan Text to Speech Prosa.ai untuk Meningkatkan Keterampilan Dosen di Nusa Tenggara Timur. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i2.986
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090
Ngitung, R., Kurnia, N., Puspitasari, D., Sukamto, A., Wulansari, I., Ristiana, E., … Pertanian, P. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Bagi Guru SD Gugus 3 Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat.
Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Wijaya, P. R. (2023). Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1514
Permadi, R., Ramdani, A., Nurmatin, S., Anggraeni, I., & Zaenudin, U. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multiliterasi Digital bagi Calon Guru Praktik Pengalaman Lapangan di Kampus Islam Swasta Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Multidisiplin. https://doi.org/10.51214/japamul.v3i2.658
Priowirjanto, E. S., Rivani Israwan, A. R., Josca, M. P., Kevin, N., Ardhiansyah, C., Desiani, R. H., & Munaf, C. R. (2023). SOSIALISASI MENGENAI ASPEK HUKUM DARI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI SMK AL-WAFA KABUPATEN BANDUNG. KABUYUTAN. https://doi.org/10.61296/kabuyutan.v2i2.161
Rahaf Faldi, M. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A. (2024). Chat Gpt : Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi. https://doi.org/10.24042/biosfer.v14i2.17111
Rosa, S. L., Ana Yulianti, Sapitri, & Rahma Adelia Putri. (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14828
Sufendi, S., & Kamal, R. (2023). Pentingnya Etika Pemanfaatan Chat Gpt Pada Penyusunan Karya Tulis Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.6013
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Syafril, S., Rahmi, U., Ofianto, O., & Azrul, A. (2023). WORKSHOP PEMBUATAN ONLINE ASSESSMENT UNTUK MENGHINDARKAN SISWA DARI PENYALAHGUNAAN CHATGPT BAGI GURU-GURU SEJARAH SMA/MA KOTA SOLOK. Jurnal Terapan Abdimas. https://doi.org/10.25273/jta.v9i1.17536
Trenggono, P. H., & Bachtiar, A. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PELAYANAN KESEHATAN : A SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Ners. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13612
Widiatmoko, M., & Malasari Ardini, F. (2023). Program Bimbingan Klasikal Berbasis Online Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Perserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4653
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: