Pengajaran aksara jawa melalui games based learning di SD Negeri 1 Grendeng
Abstract
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi budaya melalui pengajaran Aksara Jawa dengan metode Games Based Learning di SD Negeri 1 Grendeng. Latar belakang pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Aksara Jawa di sekolah tersebut mengalami kendala seperti metode pengajaran yang kurang menarik dan rendahnya minat serta pemahaman siswa. Untuk mengatasi masalah ini, metode pembelajaran berbasis permainan seperti Monopoli, Jenga, dan Flashcard yang dimodifikasi dengan unsur Aksara Jawa. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar Aksara Jawa. Program dilaksanakan selama delapan pertemuan, dengan evaluasi melalui pretest dan posttest serta kuesioner. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan minat siswa terhadap Aksara Jawa, dengan peningkatan nilai rata-rata pretest dari 59,12% menjadi 90,37% pada posttest. Selain itu, terdapat peningkatan minat siswa terhadap Aksara Jawa berdasarkan hasil kuesioner yang meningkat dari 51,71% menjadi 84,16%. Metode Games Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kesimpulannya, pengabdian ini berhasil meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa melalui pengajaran Aksara Jawa yang lebih interaktif dan menarik.
Kata kunci: literasi budaya; aksara jawa; games based learning; pembelajaran interaktif
Abstract
This community service aims to improve cultural literacy through the teaching of Javanese script using the Games Based Learning method at SD Negeri 1 Grendeng. The background of this service shows that the teaching of Javanese script at the school faces obstacles such as unengaging teaching methods and low student interest and comprehension. To address these issues, game-based learning methods like Monopoly, Jenga, and flashcards were modified with elements of Javanese script. This method is expected to increase students' interest and understanding in learning Javanese script. The program was conducted over eight sessions, with evaluations through pretests, posttests, and questionnaires. The results of the program showed a significant increase in students' understanding and interest in Javanese script, with the average pretest score increasing from 59.12% to 90.37% on the posttest. Additionally, there was an increase in student interest in Javanese script based on questionnaire results, which rose from 51.71% to 84.16%. The Games Based Learning method proved effective in improving learning outcomes and providing an enjoyable learning experience. In conclusion, this community service successfully enhanced students' cultural literacy skills through more interactive and engaging teaching of Javanese script.
Keywords: cultural literacy; Javanese script; games based learning; interactive learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyan Verrysaputro, E., Aditya Subekti, P., & Jenderal Soedirman, U. (2023). KONTRIBUSI MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Dalam Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah (Vol. 1). https://afeksi.id/journal3/index.php/jpbd/
Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Dalam Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 1, Nomor 1).
Ayuningtyas, I., & Minarti, I. B. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).
Blackwell, R., & Laman, S. (2013). Strategies to Teach Sight Words in an Elementary Classroom. International Journal of Education, 5(4), 37. https://doi.org/10.5296/ije.v5i4.4024
Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN.
Pemerintah Daerah. 2012. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Pemda Prov. Jawa Tengah.
Redy Winatha, K., & Made Dedy Setiawan, I. (t.t.). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar The Effect Of Game-Based Learning Towards The Learning Motivation And Achievement.
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034
Subekti, P. A., & Verrysaputro, A. (t.t.). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa. 1(4), 42–57. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i4.1900
Sudarsono. (2023). Festival Tunas Bahasa Indonesia Lombakan Kesenian Berbahasa Jawa. https://rri.co.id/daerah/382695/festival-tunas-bahasa-indonesia-lombakan-kesenian-berbahasa-jawa
Susilowati, G., Setiawan, D., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS. Joyful Learning Journal, 8(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Verrysaputro, A., Rahayu, I. S., Cipta, W., Lestari, I., & Agrestia, A. N. (2024). Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Menganalisa Keefektifan Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SD N 2 Tanjung Dalam Program Kampus Mengajar. 2(1), 128–137. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.859
Wibawanto, W. (t.t.). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. https://www.researchgate.net/publication/313161626
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: