Pelatihan Chat GPT sebagai alat bantu membuat instrumen tes berbasis taksonomi bloom di MTs Nurul Islah
Abstract
Abstrak
Kurangnya pengetahuan guru tentang instrumen tes sesuai dengan tingkatan taksonomi Bloom membuat para guru dalam membuat instrumen tes tidak mudah, selain harus menyesuaikan ada 6 tingkatan kata operasiaonal untuk memenuhi standar instrumen yang baik. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberi kemudahan bagi guru dalam menyusun instrumen tes dengan berbantuan aplikasi Chat GPT. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan dengan tahapan pengenalan aplikasi, praktik penggunaan aplikasi Chat GPT, evaluasi hasil pelatihan. Setelah melakukan pelatihan diperoleh bahwa 100% guru dapat dengan mudah membuat instrumen tes dengan berbagai kata operasional sesuai Taksonomi Bloom.
Kata kunci: chat GPT; instrumen tes.
Abstract
Teachers' lack of knowledge about test instruments according to Bloom's taxonomy levels makes it challenging for them to create test instruments. They must not only adjust to the six levels of operational words to meet the standards of a good instrument but also navigate the complexities involved. The aim of this service is to provide teachers with ease in developing test instruments using the Chat GPT application. The method implemented includes training sessions with steps of application introduction, practical use of the Chat GPT application, and evaluation of the training results. After the training, it was found that 100% of the teachers could easily create test instruments with various operational words in accordance with Bloom's Taxonomy.
Keywords: chat GPT; instrument test.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biswas, S. S. (2023). Role of Chat GPT in Public Health. Annals of Biomedical Engineering, 51(5), 868–869. https://doi.org/10.1007/s10439-023-03172-7
Islahudin, I., Isnaini, M., Utami, L. S., Anwar, K., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2021). Pendampingan Praktikum Virtual Laboratorium Berbasis Software Live Wire Bagi Guru Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 508. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.5420
Isnaini, M., Zulkarnain, Z., Islahudin, I., Utami, L. S., & Anwar, K. (2022). Pengaruh Media Instagram #Physics in My Live Model Blended Learning Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Berpikir “Z Generation.” ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 181. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8657
Sony Maulana, M., Nurmalasari, Rheno Widianto, S., Dewi Ayu Safitri, S., & Maulan, R. (2023). Pelatihan ChatGPT sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intellegence di Kelas. JOTIKA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 16–19.
Suci, A., & Riki, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57.
Utami, L. S., Isnaini, M., Anwar, K., Sabaryati, J., Rahman, N., & Muttaqien, Z. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITE GUNA MENUNJANG PENGUASAAN TIK GURU. 7, 1435–1439.
Zulkarnain, Z., N. W. S., D., L. S., U., Johri, S., & M., I. (2024). Development of a 2-D Motion Tracker Application Project Assisted By Computer Vision to Enhance Student’s Laboratory Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 504–514.
Zulkarnain, Z., Utami, L. S., Isnaini, M., Sabaryati, J., Anwar, K., & Ramadhan, M. F. (2023). Penguatan Literasi Elektronik Siswa Melalui Pelatihan Kodifikasi Elektronik Tanaman Berbasis QR Code Di SMKN 1 Narmada. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 572–582. https://doi.org/10.36312/linov.v8i3.1440
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: