Pendampingan peningkatan manajemen dan kurikulum rumah tahfizh di Nagari Pasilihan Sumatera Barat

Risman Bustamam, Hafizzullah Hafizzullah, Dapit Amril, Yogi Imam Perdana, Fitri Yeni M. Dalil

Abstract


Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen dan kurikulum di Rumah Tahfizh Nagari Pasilihan, Sumatera Barat, melalui pelatihan dan pendampingan yang difokuskan pada pengembangan kapasitas pengelola dan guru. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif pemangku kepentingan, termasuk pengelola, guru, santri, dan orang tua. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan diskusi kelompok terfokus. Pelatihan dilaksanakan pada 29 September 2023, dengan fokus pada peningkatan manajemen administrasi, pengelolaan keuangan, serta penyusunan kurikulum yang relevan dan terstruktur. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan efisiensi manajemen Rumah Tahfizh serta memperkenalkan kurikulum baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan santri, yang mencakup hafalan Al-Qur'an, pemahaman isi, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Metode pengajaran yang lebih interaktif, seperti Active Learning dan Cooperative Learning, terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa reformasi manajemen dan kurikulum melalui pendekatan partisipatif dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di Rumah Tahfizh, dan model ini dapat diterapkan di lembaga serupa untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pembelajaran.

 

Kata kunci: pengembangan manajemen; kurikulum rumah tahfizh; pelatihan; partisipatory action research; active learning

 

Abstract

This community service aims to improve the management and curriculum of Rumah Tahfizh in Nagari Pasilihan, West Sumatra, through training and mentoring focused on capacity building for administrators and teachers. The method used in this service is Participatory Action Research (PAR), involving active participation from stakeholders, including administrators, teachers, students, and parents. Data were collected through in-depth interviews, participatory observation, and focus group discussions. The training was held on September 29, 2023, focusing on enhancing administrative management, financial management, and designing a more structured and relevant curriculum. The results show that the training successfully improved the efficiency of Rumah Tahfizh's management and introduced a new curriculum tailored to the needs of students, including Quran memorization, comprehension, and the integration of technology in learning. Interactive teaching methods such as Active Learning and Cooperative Learning were proven to increase student motivation and engagement. In conclusion, this reform of management and curriculum through a participatory approach has a positive impact on the quality of education at Rumah Tahfizh, and this model can be implemented in similar institutions to improve operational efficiency and learning quality.

 

Keywords: management development; tahfizh curriculum; training; participatory action research; active learning.


Keywords


management development; tahfizh curriculum; training; participatory action research; active learning.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Z. A., Rukajat, A., & Wahyudin, U. R. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an TPQ Darussalam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1), 282–301. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.230

Afifi, S. A.-A. K. (2022). Implemenatasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidhul Qur’an di SDI Wali Songo Kabupaten Mojokerto. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(1), 54–70. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.1.458.54-70

Aini, Z., Charles, C., Wati, S., & Arifmiboy, A. (2023). Perapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Qur’an Di Rumah Tahfidz Hidayatullah Jorong Balai Belo Kecamatan Tanjung Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 389–396. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15986

Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.3559271

Albantani, A. M. (2019). Pendekatan Fonetik, Kontrastif, dan Komunikatif dalam Pengajaran Membaca Alquran. Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots), 7(02), 107–117. https://doi.org/10.32678/alfaz.Vol7.Iss02.2294

Apriati, Y. (2020). Kerjasama Sekolah Dan Orangtua Dalam Proses Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Di Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(1), 164–173. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1.1616

Aprillya, R., & Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an. Journal of Education Research, 4(1), https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122

Berampu, N. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri Di Rumah Qur’an Cahaya Hidayah 2 Medan Johor [Thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17768

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Daulay, K. (2023). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Inovasi Proses Belajar Mengajar Tahfizh Al-Qur’an [Masters, Institut PTIQ Jakarta]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1375/

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Fitri, Y. R., & Hermanto, H. (2019). Regular Teacher Collaboration in the Learning Process at the School of Inclusion Organizers. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 6(1), https://doi.org/10.17977/um029v6i12019p1-4

Hardivizon, H., Satriadi, I., Efendi, Y., Romli, R. C., & Putri, D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an melalui Kolaborasi Sekolah, Taman Pendidikan Al-Qur`an, dan Komunitas di Nagari Pasilihan, Sumatera Barat. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 13(1), 27–49. https://doi.org/10.29300/mjppm.v13i1.4804

Hidayat, N. (2018). Kolaborasi Guru Kelas Dan Tahfidz Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Atas Penghafal Al-Qur’an Di SDIT BAIK. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 301–313. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4393

Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.100

Ihsan, A. (2020). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran di Lembaga Tahfidz Alquran Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal Jama’ah DDI Lerang-lerang Kabupaten Pinrang [Undergraduate, IAIN Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/2661/

Irlana, A., Retnasih, E., & Faiz, A. (2021). Kolaborasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Uptd SDN 6 Margadadi. Prosiding FKIP UMC, 3(1), Article 1. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2244

Khakim, L., Tjahjono, A. B., & Makhsun, T. (2021, December 17). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di SMP Islam Tanwirul Hija Sayung Demak. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8282

Khasanah, U. (2020). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Surat Pendek Pada Anak Di KB Mutiara Hati Karang Pucung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas [Skripsi, IAIN Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7141/

Latifah, A., Nurasih, W., Waliko, Rasidin, M., & Witro, D. (2021). Pembelajaran Tahfidz Dengan Metode Talaqqi Via Aplikasi Zoom dan Whatsapp (Studi Kasus Setoran Online Rumah Tahfidz SMP Ma’arif NU 1 Wanareja). Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.22236/jpi.v12i1.7006

Lubis, S., & Purnama, D. S. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 3(1), Article 1. http://journal.stithidayatullah.ac.id/index.php/tadribunajournals/article/view/59

Muktafi, A., & Umam, K. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/3070

Nel, P. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Tajul Waqor Kota Bengkulu [Diploma, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9816/

Nur, M., Ratna, R., Rinda, R., & Anggrini, D. (2023). Kolaborasi Dengan Berbagai Pihak Dalam Menyukseskan Program Sekolah Penggerak Di SD Negeri 004 Karakean, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 466. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13822

Palanta, A. (2020, March 29). Nagari Pasilihan, X Koto Diatas, Kabupaten Solok. Langgam.id. https://langgam.id/nagari-pasilihan-x-koto-diatas-kabupaten-solok/

Pratiwi, T. O. E. (2013). Model Pembelajaran Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kartasura) [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/26814/

Putri, D. N., & Romadlon, D. A. (2023). Application of Talaqqi Method in Learning Tahfidz Al-Qur’an in Early Children. Indonesian Journal of Education Methods Development, 21(1), 10.21070/ijemd.v21i.706-10.21070/ijemd.v21i.706. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i.706

Rahayu, D. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/22559/

Rosmiyati, Abubakar, A., Abunawas, K., & Mas’ud, M. (2022). Optimalisasi Pendidikan Al-Qur’an Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Inspiratif Pendidikan, 11(1), 207–221. https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.31439

Silvia, G., Ifrianti, S., & Negara, H. S. (2023). Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1336–1347. https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art10

Sofyan, N., & H, H. S. (2019). Strategi Pembelajaran Al-Quran Di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(1), 70–80. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i1.531

Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.331

Umayah, L. N., & Misbah, M. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.24090/maghza.v6i1.4603

Zurilla. (2019). Penerapan Metode Talaqqi dalam peningkatan Hafalan Al Qur’an Anak di TK Indomo Saruaso [Undergraduate Thesis]. IAIN Batusangkar.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: