Strategi media promosi untuk meningkatkan daya beli konsumen pada produk UKM Kerajinan Ratna
Abstract
Abstrak
Mitra dari tim pengabdi adalah Kerajinan Ratna. Usaha ini memproduksi kerajinan tangan yang terbuat dari daun pandan dan bordir kain. Lokasi mitra berada di Desa Seuneubok Pidie, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Produk kerajinan dari daun pandan meliputi tikar, kotak tisu, sandal, sarung bantal, alas duduk, dan lainnya. Sementara itu, produk bordir dari kain mencakup mukena, jilbab, baju, dan sebagainya. Usaha kerajinan tersebut dikelola dalam skala rumah tangga dan diproduksi sesuai permintaan pelanggan. Permasalahan yang dihadapi yaitu rendahnya pengetahuan tentang promosi produk dan produk mitra belum dikenal oleh masyarakat luas. Metode kegiatan diawali dengan menentukan prioritas permasalahan, observasi dan wawancara serta pendampingan membuat brosur, katalog dan e-katalog sebagai media promosi. Hasil dari kegiatan PKM ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menerapkan media promosi sehingga berkontribusi terhadap peningkatan penjualan mitra.
Kata kunci: kerajinan ratna; promosi; brosur; katalog produk; e-katalog.
Abstract
The partner of the service team is Kerajinan Ratna. This business produces handicrafts made from pandan leaves and embroidered cloth. The partner location is in Seuneubok Pidie Village, Peureulak District, East Aceh Regency. Handicraft products from pandan leaves include mats, tissue boxes, sandals, pillowcases, sitting mats, and others. Meanwhile, embroidered fabric products include mukenas, headscarves, clothes, and so on. This craft business is managed on a household scale and produced according to customer requests. The problem faced is the lack of knowledge about product promotion and partner products that are not yet known to the wider community. The activity method begins with determining problem priorities, observations and interviews as well as assistance in making brochures, catalogs and e-catalogs as promotional media. The result of this PKM activity is increasing partners' knowledge and skills in implementing promotional media, thereby contributing to increasing partner sales.
Keywords: kerajinan ratna; promotion; brochure; product catalog; e-catalog.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakhri, S., Hanif, A., Hendrian, Y., Martanto, M. L., Bina, U., Informatika, S., Studi, P., Komputer, T., Bina, U., & Informatika, S. (2024). Pelatihan pembuatan brosur dan pamflet menggunakan canva sebagai pendukung kegiatan usaha pada koperasi wanita atsiri citayam bogor. 4(1), 11–18.
Brynjolfsson, E., Hu, Y. (Jeffrey), & Rahman, M. S. (2009). Battle of the Retail Channels: How Product Selection and Geography Drive Cross-Channel Competition. Management Science, 55(11), 1755–1765. https://doi.org/10.1287/mnsc.1090.1062
Fedryansyah, M., Pancasilawan, R., & Zaenudin, M. (2021). Pengembangan Potensi Ekonomi Wilayah Dalam Perspektif Kewirausahaan Di Desa Kadakajaya. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 533. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.30915
Fitri, A. N., Fabriar, S. R., & Hilmi, M. (2021). Branding Fashion Muslim (Studi Analisis Brand Wearing Klamby). Islamic Communication Journal, 6(1), 31–48.
Hendrayati, H., Yuliawati, T., Miftahuddin, A., Ciptagustia, A., Nurhayati, N. S., & Sandjaya, T. (2022). Optimalisasi Media Promosi Melalui Pengembangan Desain Dan Konten Marketing Yayasan Pendidikan Handayani 1979 Kabupaten Bandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 565. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.41740
Ma, J. (2016). Does Greater Online Assortment Pay? An Empirical Study Using Matched Online and Catalog Shoppers. Journal of Retailing, 92(3), 373–382. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2016.05.004
Nasution, H. C. (2021). Peranan Pemerintah Kota Medan Terhadap Pelaku Usaha Umkm Dalam Pelaksanaan E-Katalog Berdasarkan PP No. 80 Tahun 2019 (Perdagangan Melalui Sistem Elektronik). Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 1–10.
Rusdi, M. I., Prasti, D., & Iska, I. (2021). Pengembangan Brosur Interaktif Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Teknologi Markerless Augmented Reality. PROSIDING SEMANTIK, 3(1), 137–144.
Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan kemasan dupa yang ekonomis dan ramah lingkungan. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(4), 1808–1817. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Sibarani, S. A. B., Munthe, A., & Irviantina, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Guna Meningkatkan Pemasaran Produk Masyarakat Di Kampung Nelayan Sebrang Medan Belawan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 309. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37100
Sosianika, A., & Leo, G. (2016). Program Peningkatan Kinerja Pemasaran UKM ( Usaha Kecil Menengah ) Melalui Promosi. Industrial Research, Workshop, and National Seminar, 84–91.
Tiwari, P., & Joshi, H. (2020). Factors Influencing Online Purchase Intention towards Online Shopping of Gen Z. International Journal of Business Competition and Growth, 7(2), 175–187. https://doi.org/10.1504/IJBCG.2020.111944
Umam, K., Haq, E. S., D4, ), Rekayasa, T., Lunak, P., Bisnis, J., Informatika, D., Banyuwangi, N., Komputer, T. R., & Banyuwangi, P. N. (2024). Penerapan Katalog Berbasis Web Sebagai Media Promosi Produk Kelompok Masyarakat Sumberwaru Gombengsari. Communnity Development Journal, 5(2), 2864–2870. https://katalog-sumberwaru.store.
Wang, X., Yu, C., & Wei, Y. (2012). Social Media Peer Communication and Impacts on Purchase Intentions: A Consumer Socialization Framework. Journal of Interactive Marketing, 26(4), 198–208. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2011.11.004
Yılmaz, D., & Bhatti, F. (2017). The Impacts of Direct Marketing Strategies on Consumers’ Purchasing Decision in Cosmetic Sector in Turkey. Organisational Studies and Innovation Review, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: