Edukasi pembuatan worksheet berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0
Abstract
Abstrak
Dalam perkembangan pendidikan di era 4.0 saat ini menekankan pada pendekatan pembelajaran berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge), sehingga guru harus memanfaatkan teknologi digital, fasilitas komunikasi dan jaringan yang sesuai agar mampu mengelola dan memfasilitasi proses pembelajaran berbasis TIK dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Edukasi pembuatan worksheet berbasis canva untuk guru-guru RA di era Revolusi Industri 4.0 menjadi upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Penggunaan Canva dapat meningkatkan motivasi guru-guru RA At-Taqwa, sejalan dengan teori pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Program ini meliputi tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, praktik langsung, dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru merasa puas dengan kegiatan pengabdian ini dan menganggapnya efektif dalam membantu mereka menggunakan media digital dalam pembelajaran. Dari hasil yang didapat menyatakan bahwa edukasi pembuatan worksheet berbantuan Canva berhasil memberikan manfaat bagi guru-guru RA At-Taqwa dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan mereka terkait pembuatan worksheet menggunakan aplikasi Canva.
Kata kunci: canva; kompetensi guru; revolusi industri 4.0; worksheet
Abstract
In the current educational of the 4.0 era, there is an emphasis on a TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) approach to teaching, which requires teachers to utilize digital technology, communication tools, and appropriate networks to effectively manage and facilitate technology-enhanced learning processes to achieve educational goals. Canva-based worksheet-making education for kindergarten teachers in the era of the Industrial Revolution 4.0 is an effort to improve their knowledge and skills. The use of Canva can increase the motivation of At Taqwa kindergarten teachers, in line with the theory of utilising information technology in education. This program consists of three main stages: preparation, implementation, and evaluation. The activity implementation stage is carried out using lecture, demonstration, hands-on practice, and mentoring methods. Research results show that the majority of teachers are satisfied with this activity and consider it effective in assisting them with using digital media in their teaching. The findings indicate that the Canva-based worksheet creation training has successfully benefited RA At-Taqwa teachers by improving their skills and knowledge in creating worksheets using the Canva application.
Keywords: canva; teacher competence; industrial revolution 4.0; worksheet
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Amalia, F., Salahuddin, R., & Astutik, A. P. (2023). Utilisation of Canva Application and Student Worksheet Digital-based Islamic learning. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.546
Ashoumi, H., Hariono, T., Hidayatulloh, M. K. Y., & Sirojudin, D. (2023). Pelatihan Desain Media Pembelajaran Worksheet Melalui Aplikasi Canva Bagi Guru. VIDHEAS: Jurnal Abdimas Multidisiplin. https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i2.37
Destiana, B., & Utami, P. (2017). URGENSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU VOKASIONAL PADA PEMBELAJARAN ABAD 21. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17368
Gisbert-Cervera, M., Usart, M., & Lázaro-Cantabrana, J. L. (2022). Training pre-service teachers to enhanced digital education. European Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.1080/02619768.2022.2098713
Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151
Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084
Mannila, L., Nordén, L. Å., & Pears, A. (2018). Digital competence, teacher self-efficacy and training needs. ICER 2018 - Proceedings of the 2018 ACM Conference on International Computing Education Research. https://doi.org/10.1145/3230977.3230993
Rahmah, U. H., Jaenullah, Jannah, S. R., Setiawan, A., & Tukiran (2023). Development of Students’ Akidah Akhlak Worksheet Using the Canva Application in Improving the Learning Ability. Edutechnium Journal of Educational Technology.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Stošić, L., & Stošić, I. (2015). Perceptions of teachers regarding the implementation of the internet in education. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.027
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Yuberti, Y. (2015). Peran Teknologi Pendidikan Pada Era Global. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: