Pendampingan pengenalan makhluk hidup melalui media flashcard berbahasa inggris di SDN 2 Manukaya

N. W. S. Darmayanti, Desak Ayu Kembariasih

Abstract


Abstrak

Kegiatan ini didasarkan pada pentingnya pengenalan bahasa Inggris sejak dini, terutama dalam memahami konsep-konsep dasar seperti makhluk hidup, yang sekaligus meningkatkan literasi sains. kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai makhluk hidup melalui media flashcard berbahasa Inggris di SD N 2 Manukaya.sasaran dalam kegiatan ini adalah kelompok belajar siswa kelas 3 dan 4 SD N 2 Manukaya yang berjumlah 15 siswa. metode pelaksanaan kegiatan meliputi pembuatan dan distribusi media flashcard, pelatihan penggunaan flashcard melalui pendampingan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Siswa diperkenalkan dengan berbagai jenis makhluk hidup melalui gambar yang disertai nama dalam bahasa Inggris. Proses belajar mengajar juga melibatkan aktivitas interaktif untuk memperkuat pemahaman dan penguasaan kosakata. hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris terkait makhluk hidup,  Secara kualitatif, siswa menjadi lebih aktif dalam menggunakan bahasa Inggris selama pembelajaran.Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan di sekolah dasar.

 

Kata kunci: pendampingan; media flashcard; berbahasa inggris

 

Abstract

This activity is based on the importance of early introduction to English, especially in understanding basic concepts such as living things, which at the same time increases science literacy. This service activity aims to increase students' understanding of living things through United Kingdom flashcard media at SD N 2 Manukaya.The target of this activity is a learning group of 3rd and 4th grade students of SD N 2 Manukaya totaling 15 students. The method of implementing the activity includes the creation and distribution of flashcard media, training in the use of flashcards through direct assistance in learning activities. Students are introduced to different types of living things through pictures accompanied by names in English. The teaching and learning process also involves interactive activities to strengthen understanding and mastery of vocabulary. The results of the activity showed a significant increase in  vocabulary related to living things, qualitatively. This activity is expected to be an innovative and sustainable learning model in elementary schools.

 

Keywords: mentoring; flashcard media; english


Keywords


mentoring; flashcard media; english

Full Text:

PDF

References


Hayati, D. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 82. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4910

Meilinda, Riyoko, E., & Sholeh, K. (2023). Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Journal Of Social Science Research, 3(3), 2174–2187.

Okdiansyah, O., Satria, T. G., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1183

Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., & Salmawati, A. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3), 3685–3692. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12571

Yasa, I. G. S., & Sudirman, I. N. (2023). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan KosaKata Bahasa Inggris Anak Desa Selat Peken Tahun 2023. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2807–4246.

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Smp Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33181

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi 50, 7(1), 39–45.

Lestari, S., Ro’ifah, & Hana Furaida. (2023). Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Flash Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Bangilan Tuban. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 1(2), 208–213. https://doi.org/10.54832/judimas.v1i2.156

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Lisfatkandayant, U., Muharini, R., Sartika, R. P., Enawaty, E., & Erlina, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Perkembangan Teori Atom. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3120–3132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2577

Muzdhalifah, M., Qurbaniah, M., & Mukti Rahayu, H. (2024). Pengembangan Media Flash Card Keanekaragaman Semut (Formicidae) Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Smas Mujahidin Pontianak. Diklabio:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 20–29. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.1.20-29




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.27076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: