Strategi peningkatan branding pada kawasan ekowisata di Desa Tete Batu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur

Selamat Riadi, Ahmad Ridho Hidayat, Eko Esti Santoso, Hazila Nurmustika, Sandra Griselda Putri

Abstract


Abstrak

Desa Wisata Tete Batu merupakan salah satu destinasi desa wisata yang sangat unik, berpotensi untuk mendatangkan wisatawan dari berbagai kalangan karena terkenal dengan kecantikan sumber daya alam yang menawan, hingga budaya dan kegiatan penduduk lokalnya yang beragam. Akan tetapi, potensi tersebut belum diketahui secara luas, dan dinikmati oleh wisatawan secara optimal. Salah satu kendala utamanya adalah kurangnya kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya branding atau promosi yang strategis dan efektif. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan tersebut, dengan melaksanakan sosialisasi dan pendampingan berupa memberikan pelatihan, guna meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya sebuah strategi branding yang tepat, strategis dan efektif. Kegiatan ini di ikuti oleh 15 orang dari berbagai profesi seperti kepala lingkungan atau kepala dusun masing-masing, petani, staff desa, hingga pengurus pokdarwis desa Wisata Tete Batu. Selanjutnya dengan menggunakan metode analisis SWOT dalam proses identifikasi permasalahan yang ada serta di dukung oleh berbagai upaya seperti, pembuatan WEB Desa Wisata, membuatkan vidio promosi pengabdian, hingga pembuatan Kalender Wisata dapat menambah pemahaman dan keyakinan masyarakat terkait pentingnya branding desa wisata sehingga menghasilkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat dan bertambah.

 

Kata kunci: branding; desa wisata; strategi; SWOT

 

Abstract

Tete Batu Tourism Village is one of the very unique tourism village destinations, with the potential to attract tourists from various circles because it is famous for its charming natural resources, to the diverse culture and activities of its local residents. However, this potential is not yet widely known, and enjoyed by tourists optimally. One of the main obstacles is the lack of awareness of the local community about the importance of strategic and effective branding or promotion. This service aims to overcome one of these problems, by carrying out socialization and mentoring in the form of providing training, in order to increase the insight and awareness of the surrounding community about the importance of an appropriate, strategic and effective branding strategy. This activity was attended by 15 people from various professions such as the head of the environment or head of each hamlet, farmers, village staff, to the administrators of the Tete Batu Tourism Village Pokdarwis. Furthermore, by using the SWOT analysis method in the process of identifying existing problems and supported by various efforts such as creating a Tourism Village WEB, making a promotional service video, to creating a Tourism Calendar, it can increase public understanding and confidence regarding the importance of branding tourism villages so that the number of tourist visits increases and increases.

 

Keywords: branding; tourism village; strategy; SWOT


Keywords


branding; tourism village; strategy; SWOT

Full Text:

PDF

References


Amadia, Rini. 2020. “Destination Branding Lembah Harau Sebagai Kawasan Ekowisata.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 2(1):10–21. doi: 10.47233/jteksis.v2i1.83.

Amrina, Lisa. 2022. “Mengenal Tipologi Sosial Masyarakat Desa Sapit Kecamatan Suela Dalam Pengembangan Desa Wisata Budaya.” KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1(1). doi: 10.60004/komunita.v1i1.10.

Bps. 2022. “Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka.”

Faiz Bilmukharom, Mohamad, and Didik Hariyanto. 2023. “Jurnal Komunikasi Nusantara Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Membentuk Village Branding Ekowisata Taman Watu Kandang Desa Pandean.” Jurnal Komunikasi Nusantara 5:294–302.

Fikri, M. Andi, and Poppy Febriana. 2018. “Branding Desa Kalanganyar Sebagai Ekowisata Bahari Di Kabupaten Sidoarjo.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 5(1):61. doi: 10.21070/kanal.v5i1.1461.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. “Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep).” in Graha Ilmu : Yogyakarta.

Ihsan, Nurul. 2015. “Daftar Isi Daftar Isi Daftar Isi.” Statistik Daerah Kecamatan Kartasura Tahun II(1):17–18.

Inzana, Nur, Sry Mayunita, and Siti Hidayatul Jumaah. 2021a. “Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Lantan Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) 1(2):110–20. doi: 10.47134/rapik.v1i2.15.

Inzana, Nur, Sry Mayunita, and Siti Hidayatul Jumaah. 2021b. “Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Lantan Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik). doi: 10.47134/rapik.v1i2.15.

Keller, Kevin Lane, and Vanitha Swaminathan. 2013. “Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition, 5th Edition.” Pearson Education LImited.

Mihardja, Eli Jamilah, Prima Mulyasari, Tuti Widiastuti, and BP Kusumo Bintoro. 2020. Strategi City Branding,.

Miharja, Dkk. 2018. PEMANFAATAN EKOWISATA SEBAGAI STRATEGI CITY BRANDING KABUPATEN PINRANG. Jakarta.

Morgan, Mike. 2004. “Book Review: Destination Branding: Creating the Unique Destination Proposition.” Journal of Vacation Marketing. doi: 10.1177/135676670301000109.

Soeswoyo, Dina Mayasari. 2021. “Potensi Pariwisata Dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Sukajadi Di Kabupaten Bogor.” Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism 2(1). doi: 10.34013/mp.v2i1.371.

Susantiningrum, Susantiningrum, Eddy Triharyanto, and Dimar Hantari. 2020. “Analisis Swot Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Pusat Pengembangan Kewirausahaan.” Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis 25(2):96. doi: 10.20961/jkb.v25i2.45511.

Syudirman. 2024. “PERAN DAN DAMPAK PENGEMBANGAN WISATA LOKAL TERHADAP PELESTARIAN BUDAYA LOKAL MAKAM DATU BENUE DESA SELEBUNG KECAMATAN BATULIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH.” ALAINA: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1). doi: 10.61798/alaina.v1i1.55.

Wisnumurti, Anak Agung Gede Oka, Lilik Antarini, I. Made Mardika, and I. Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Tata Kelola Pengembangan Desa Wisata Kepada Perangkat Desa Dan Pokdarwis.” International Journal of Community Service Learning 6(3):293–98. doi: 10.23887/ijcsl.v6i3.51586.

Zahra, Falia Nur, Aiswara Deswinta Prameswari, and Reval Muhammad Herdiansyah. 2024. “2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Peran Masyarakat Dalam Meningkatkan Strategi Branding Ekowisata Curug Layung 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline.” 2(5):320–26.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: