Perancangan media pemasaran digital untuk usaha percetakan
Abstract
Abstrak
Trinindo Printing adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan digital di Tangerang, Banten. Trinindo Printing menyediakan berbagai jenis produk berupa pencetakan stiker, pembuatan booth dan signage, dan juga sublim printing. Trinindo Printing memberikan kualitas pencetakan yang bagus dan kecepatan cetak yang sangat cepat dengan harga yang terjangkau. Dalam rangka mengembangkan usahanya, Trinindo Printing menghadapi beberapa masalah terutama dalam bidang pemasaran. Dengan kemajuan teknologi saat ini, promosi suatu perusahaan akan lebih mudah untuk dijangkau masyarakat jika melalui media sosial ataupun melalui pemasaran secara digital. Namun demikian, Trinindo Printing belum menggunakan sarana pemasaran digital apapun untuk memasarkan produk, menampilkan portofolio perusahaan, maupun memberikan informasi penawaran ataupun promosi produknya. Dengan berjalannya waktu, perusahaan merasa bahwa penjualan produk serta pengetahuan Masyarakat akan keberadaan perusahaan tidak mengalami peningkatan. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim penulis melakukan perancangan sebuah website bagi Trinindo Printing agar masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi seputar Trinindo Printing. Akses terhadap website yang dirancang melalui www.trinindoprint.com. Dengan adanya sarana website, calon pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang ditawarkan, melihat portofolio berbagai hasil produk yang telah dihasilkan oleh Trinindo Printing, serta dapat menghubungi Trinindo Printing secara langsung. Media website ini digunakan sebagai salah satu media pemasaran secara digital. Keberadaan website ini juga memiliki peran dalam membangun kepercayaan calon pelanggan untuk memilih Trinindo Printing dalam memenuhi kebutuhannya. Website yang dibuat telah dirancang sesuai kebutuhan pihak Trinindo Printing selaku mitra dan telah mendapatkan persetujuan melalui User Acceptance Test (UAT). Tim pengembang website melakukan UAT terhadap beberapa responden dari pihak mitra yang meliputi beberapa tingkatan pengguna, yaitu Administrator, Staf, serta Pengunjung.
Kata kunci: perancangan website; usaha percetakan; web portofolio.
Abstract
Trinindo Printing is a company operating in the digital printing sector. Trinindo Printing provides various types of products in the form of sticker printing, booth and signage creation, and sublime printing. Trinindo Printing provides good printing quality and very fast print speeds at affordable prices. To develop its business, Trinindo Printing faces several problems, especially in the marketing sector. With current technological advances, promotion of a business will be easier via social media or websites. However, Trinindo Printing does not have a website or social media that can be used as a means of marketing or a platform for showing the business’ portfolio. To overcome this problem, a website was designed for Trinindo Printing so that potential customers could easily find information about Trinindo Printing. Access to the designed website could be reached via www.trinindoprint.com. With the presence of a website, potential customers could easily get information about the products offered and could also see the various products that have been produced by Trinindo Printing. The website created has been designed according to the needs of Trinindo Printing as a partner and has received approval through a User Acceptance Test (UAT). The website development team carried out UAT on several respondents from Trinindo Printing staffs which consist of several levels of users, namely Administrator, Staffs, and Visitors.
Keywords: printing business; website design; web portfolio.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armeta, T., Apriyana, T., & Katrillah, K. (2023). Upaya Strategi Digital Marketing Dalam Memperluas Target Pasar Sektor UMKM (Studi Kasus CV Rempang Printing Batam). Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 1(4), 461–467.
Eliya, S., & Suprapto, Y. (2022). Perancangan Pemasaran Digital Pada Usaha Royal Catering. Jurnal Mirai Management, 7(3), 424–432.
Fadly, R. (2018). Peran Website sebagai Media Promosi dan Penjualan bagi UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 24, No. 1, 83-94.
Gani, A. S. (2016). Pemanfaatan Website dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10, 2, 79- 88.
Hamdan, A., Suswanto, H., Ramadhan, M. R., & Norma, S. (2024). Implementasi dan sosialisasi Sistem Manajemen Administrasi Desa ( SIMANDES ) berbasis website di desa Sukorejo kabupaten Malang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 1563–1572.
Hasanah, E.R , Syamsiro, M.A, & Wahyudi, D. (2024). Meningkatkan daya saing UKM CV Ragil Jaya Craft melalui optimalisasi pemasaran media sosial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 1208–1219. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/23075%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/download/23075/9289
Hidayat, R., & Wibisono, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Usaha untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 10, 1, 1-8.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson.
Lestari, W. S., & Ulina, M. (2024). Pengembangan sistem informasi berbasis web pada pesantren Tahfizh Daarul Mafaza. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1052–1061.
Mutmainah, A. S., Handaru, J. R., Desthantri, D., Alif, S. E. N., & Pradesa, H. A. (2024). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1526–1538.
Nugroho, D. A. (2024). Use Of Digital Content As A Means To Reach Unreachable Market Segments Conventionally. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(6), 5242–5248. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i6.1493
Prayitno, R., & Manik, T. (2016). Pentingnya E-commerce dalam Meningkatkan Bisnis di Era Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis, 21, 2, 59-67.
Primawan, F., & Putera, A. R. (2022). Aplikasi Penjualan dan Pemasaran Produk UMKM Brem Duta Rasa Madiun Berbasis Website. 1–2.
Priyananda, R., Riyanto, S., & Anardani, S. (2021). Aplikasi Penjualan Dan Pemasaran Berbasis Website Pada Healthy Pet Madiun. … Teknologi Informasi Dan …, 4(1), 481–493. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1959%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/viewFile/1959/1693
Saravanos, A., & Curinga, M. X. (2023). Simulating the Software Development Lifecycle: The Waterfall Model. Applied System Innovation, 6(6). https://doi.org/10.3390/asi6060108
Suryadi, E. A., & Dharmayanti, I. (2017). Pemanfaatan Website dalam Meningkatkan Promosi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10, 2, 135-149.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: