Bimbingan teknis administrasi SKP elektronik bagi dosen di lingkungan jurusan PMIPA FKIP Untan

Kurnia Ningsih, Afandi Afandi, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Dona Fitriawan, Ade Mirza, Ahmad Yani T., Erwina Oktavianty, Hamdani Hamdani, Maria Ulfah, Masriani Masriani

Abstract


Abstrak

Tujuan dari bimbingan teknis ini adalah mempersiapkan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan administrasi dosen tersebut untuk mempersiapkan pelatihan dan sosialisasi. Persiapan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) pemadanan semua akun dosen di lingkungan jurusan pmipa; 2) pelaksanaan berbagai sosialisasi, pelatihan, dan workshop kegiatan-kegiatan tersebut. Narasumber untuk kegiatan di bulan September dilaksanakan oleh dua orang pegawai dari kepegawaian untan yaitu bapak Sugeng dan bapak Wawan yang ahli dalam bidang keadministrasian selama 2 hari yaitu Hari Jum’at dan Sabtu tanggal 6 dan 7 September 2024. Tempat kegiatan selama beberapa kegiatan tersebut di Aula FKIP, Ruang Sidang 1 FKIP Untan serta Zoom Meeting. Peserta yang dimaksud adalah: 1) semua dosen di seluruh lingkungan jurusan PMIPA; 2) semua tenaga kependidikan; 3) mahasiswa yang terlibat langsung di himpunan di setiap prodi yang jumlahnya 65 orang. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Pelatihan berkelanjutan terkait Administrasi Dosen yang sangat diperlukan bagi dosen di Jurusan PMIPA FKIP; 2) Artikel publikasi ke jurnal nasional terakreditasi; 3) Produk berupa Data SKP Elektronik dan data penting lainnya yang sesuai kebutuhan dosen. Kegiatan untuk mengevaluasi kegiatan ini dilakukan dengan merumuskan hasil diskusi awal tentang proses pelaksanaan pendampingan dengan model bimbingan teknis sejenis yang pernah diikuti atau dilakukan oleh peserta sebelum mengikuti kegiatan pengabdian ini. Dari kegiatan pertama dan kedua dianalisis perubahan yang terjadi setelah para peserta mengikuti kegiatan pendampingan dengan model bimbingan teknis. Hasil akhir kegiatan pengabdian tersebut adalah terbentuknya SOP dan eSKP serta data lainnya sesuai dengan kebutuhan Dosen di Lingkungan Jurusan PMIPA Untan.

 

Kata kunci: bimbingan teknis; administasi dosen; sasaran kinerja pegawai.

 

Abstract

The purpose of this technical guidance is to prepare all stakeholders involved in the lecturer's administrative activities to prepare for training and socialization. The preparations made are as follows: 1) matching all lecturer accounts within the pmipa department; 2) implementation of various socialization, training, and workshops on these activities. Resource persons for activities in September were carried out by two employees from the staffing of untan, namely Mr. Sugeng and Mr. Wawan who are experts in the field of administration for 2 days, namely Friday and Saturday, September 6 and 7, 2024. The place of activity for some of these activities is in the FETT Hall, Session Room 1 FKIP Untan and Zoom Meeting. The intended participants are: 1) all lecturers in the entire PMIPA department environment; 2) all educational staff; 3) students who are directly involved in the association in each study program, totaling 65 people. The results achieved in this service activity are: 1) Continuous training related to Lecturer Administration which is very necessary for lecturers in the FETT PMIPA Department; 2) Publication articles to accredited national journals; 3) Products in the form of Electronic SKP Data and other important data according to the needs of lecturers. Activities to evaluate this activity were carried out by formulating the results of initial discussions about the process of implementing assistance with similar technical guidance models that had been followed or carried out by participants before participating in this service activity. From the first and second activities, the changes that occurred after the participants participated in the mentoring activities with the technical guidance model were analyzed. The final result of this service activity is the formation of SOPs and eSKP and other data according to the needs of Lecturers in the PMIPA Department of Untan.

 

Keywords: technical assistance; lecturer administration; employee performance targets.


Keywords


technical assistance; lecturer administration; employee performance targets.

Full Text:

PDF

References


A. Dian Fitriana, Iin Mutmainnah, & Syarifa Halifah. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11, 195–217. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

A, J. C., B, K. B., & H, S. L. (2020). COVID-19: 20 countries’ higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2020.3.1.7

Baharuddin, A., & Salam, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Niaga Bangun Persada di Jakarta. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 1–10.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Hidayatullah, U. S. (n.d.). Status Pengajuan Pangkat. Jurnal Kemenag.

Indonesia, D. S. D. M. U. (2016). Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen. 12(2), 1–12.

Kasihani, N. N. (2018). Analisis Kenaikan Pangkat Dan Jabatan Dosen Politeknik Kesehatan. Jurnal Kesehatan Manarang, 3(2), 95. https://doi.org/10.33490/jkm.v3i2.44

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650

Muhammad Qudrat Nugraha, Imam Muhtadin, Makroen Sanjaya, & Deddi Fasmadhy Satiadharmanto. (2019). Kualitas Pelayanan Institusi pada Dosen dan Tenaga Kependidiakn Fisisp Universitas Muhammadiyah Jakarta. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 3095–3108.

Pandi, A. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Prahara, O. T., Wasito, E., K, S. A., & Hasan, A. (2023). Sistem Informasi Kinerja Tri Dharma Dosen Berbasis Web Dan Android. Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 19(1), 95–105.

Ray Septianis Kartika, & Garsy Simorangkir. (2019). Efektivitas Bimtek Fasilitator dalam Pelaksanaan Inovasi Daerah. Matra Pembaruan, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.119-131

RI, U.-U. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bulletin Des Sociétés Chimiques Belges, 53(March), 25–27.

Rosana, D. (n.d.). Peranan Research and Development (R&D) dan Structural Equation Model (SEM) dalam Penelitian Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Cakawala Pendidikan, 2(2), 175–189.

S, M. R., & Siraj, M. L. (2023). Pelatihan Efisiensi Tri Dharma Dosen dalam Mewujudkan Manajemen A pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. 3(1), 33–39.

Santoso, A. B., & Fitriyanti, F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Operasional PT. Bank Central Asia, TBK. Kantor Pusat Jakarta Barat. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(1), 33. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i1.6784

Setyowati, L., & Purwantoro, P. (2020). Determinan Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 9–14. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i1.2596

Sherly, S., Indajang, K., & Dharma, E. (2021). Analisis ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal Education and Development, 9(4), 456–462.

Sunoto, A., & Kom, S. (2014). ( Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Dinamika Bangsa Jambi ). 9(2), 141–149.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: