Pengabdian workshop : strategi memperoleh beasiswa untuk study lanjut
Abstract
Abstrak
Workshop online ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan peserta dalam memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan pada 18 Mei 2024 melalui platform Zoom ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu. Workshop ini diselenggarakan dalam tiga tahap utama: persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan monitoring. Pada tahap persiapan, tim penyelenggara bekerja sama dengan mitra dari kalangan guru, dosen, dan perwakilan universitas untuk menyusun materi yang relevan dan mempersiapkan seluruh kebutuhan teknis kegiatan. Tahap pelaksanaan melibatkan sesi penyampaian materi, tanya jawab, dan sharing session yang interaktif dan memberikan motivasi serta strategi praktis kepada peserta. Evaluasi dilakukan melalui angket dan wawancara yang menunjukkan bahwa 85% peserta merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi proses aplikasi beasiswa. Meskipun demikian, beberapa kendala teknis seperti gangguan koneksi internet dan keterbatasan waktu dalam membahas materi secara mendalam menjadi tantangan yang perlu diperhatikan. Sebagai solusi, penyelenggara disarankan untuk menyediakan materi tambahan yang dapat diakses peserta secara mandiri dan mempertimbangkan penyelenggaraan workshop berkelanjutan. Workshop ini berhasil memberikan dampak positif yang signifikan, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas informasi dan kesiapan siswa untuk memperoleh beasiswa.
Kata kunci : pengabdian; workshop; strategi; beasiswa; study
Abstract
This online workshop aimed to enhance participant understanding and readiness to secure scholarships for further studies. Held on May 18, 2024, via Zoom, the workshop was attended by 30 participant from economically disadvantaged backgrounds. The workshop was conducted in three main stages: preparation, implementation, and evaluation and monitoring. During the preparation stage, the organizers collaborated with teachers, lecturers, and university representatives to develop relevant materials and ensure all technical needs were met. The implementation stage included interactive sessions for material presentation, Q&A, and sharing experiences, providing participants with practical strategies and motivation. Evaluation through surveys and interviews revealed that 85% of participants felt more prepared and confident in navigating the scholarship application process. However, technical issues such as internet connectivity problems and limited time for in-depth discussion posed challenges. To address these issues, it is recommended that additional materials be made available for independent access by participants and that ongoing workshops be considered. Overall, the workshop had a significant positive impact, particularly in increasing students' access to information and preparedness to obtain scholarships.
Keywords: devotion; workshop; strategy; scholarship; study
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, R. S. (2020). Dampak Bimbingan Intensif Terhadap Perolehan Beasiswa dikalangan Siswa SMA. ournal of Education and Development, 45-60.
Anon. n.d. Sujaweni, v. Wiratna 2014. Metode Penelitian Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami.Yogyakarta.Pustaka Baru Press.
Garcia, M. L. (2019). Mengurangi Kecemasan Pelamar Beasiswa melalui Lokakarya: Studi Percontohan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 145-160.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15334
Jones, A. &. (2020). Effective Strategies for Scholarship Applications: The Role of Educational Workshops. Journal of Educational Development, 220-235.
Pratama, R. &. (2018). Aksesibilitas Informasi Beasiswa BagiPpelajar Pedesaan. Jurnal Akses dan Kesetaraan Pendidikan, 102-115.
Rahman, A. &. (2021). Dampak Beasiswa Terhadap Prestasi Akademik di Kalangan Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 78-89.
Rahmawati, I. &. (2021). Peran Evaluasi dan Pemantauan Dalam Meningkatkan Keberhasilan Program: Wawasan dari Program Pendidikan. Jurnal Studi Evaluasi, 102-120.
Sari, L. M. (2019). Aksesibilitas Informasi Beasiswa Bagi Mahasiswa Kurang Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Akses Pendidikan, 33-48.
Smith, J. (2018). he Impact of Networking on Scholarship Success: Insights from Scholarship Workshops. International Journal of Higher Education, 310-325.
Susilo, R. &. (2019). Pentingnya Persiapan Dalam Pelaksanaan Program: Studi Kasus Lokakarya Pendidikan. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan, 53-68.
Sujaweni, v. Wiratna 2017. Metode Penelitian Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami.Yogyakarta.Pustaka .
Widodo, A. &. (2020). Implementasi Program Yang Efektif: Strategi dan Praktik Terbaik. Jurnal Manajemen dan Evaluasi Program, 15-28.
Wijaya, H. &. (2021). Peran Guru dan Konselor Sekolah Dalam Mempersiapkan Permohonan Beasiswa. Jurnal Konseling Pendidikan Indonesia, 102-118.
Yulianti, L. &. (2020). Beasiswa Sebagai Sarana Untuk Mengurangi Angka Putus Sekolah: Sebuah Studi di Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan Pedesaan, 22-34.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27367
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: