Scale up komersialisasi UKM abon melalui teknologi dan digital marketing
Abstract
Abstrak
Penerapan teknologi dan digital marketing tepat guna memaksimalkan produksi dan pendapatan UMKM Abon untuk mencapai stabilitas keuangan jangka panjang dan kinerja berkelanjutan. Strategi pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini meliputi pendekatan partisipatif dengan melibatkan pemilik UMKM Abon Bu Edy dalam setiap tahapan program. Pelatihan dan pendampingan yang intensif dengan menambah pengetahuan mendalam tentang manajemen teknologi dan analisis kinerja pemasaran digital serta penyusunan laporan laporan keuangan. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas produk yang dihasilkan UMKM Abon Bu Edy melalui penerapan mesin spinner peniris minyak. Dalam hal pelatihan dan pendampingan digital marketing dan branding produk UMKM Abon Bu Edy telah memiliki akun media sosial dan e-commerce juga label kemasan produk sebagai media penjualan, promosi dan branding produk. Untuk pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan mitra telah menggunakan aplikasi yang tersedia umum untuk pencatatan transaksi. Melalui upaya tersebut, UMKM Abon Bu Edy mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas produknya, memanfaatkan teknologi secara lebih efektif, serta membangun jaringan pelanggan di ranah digital.
Kata kunci: digital marketing; branding produk; laporan keuangan UMKM; pelatihan dan pendampingan; abon
Abstract
The application of technology and digital marketing is appropriate to maximize the production and income of Abon MSMEs to achieve long-term financial stability and sustainable performance. The strategy for implementing this community service program includes a participatory approach by involving Abon Bu Edy MSME owners in every stage of the program. Intensive training and mentoring by adding in-depth knowledge of technology management and digital marketing performance analysis and preparation of financial reports. The results of this activity show an increase in the quality of products produced by Abon Bu Edy MSMEs by applying oil spinner draining machines. Regarding training and mentoring for digital marketing and branding of Abon Bu Edy MSME products, they already have social media and e-commerce accounts and product packaging labels as a medium for sales, promotion, and product branding. For training and mentoring in preparing financial reports, partners have used publicly available applications for recording transactions. Through these efforts, Abon Bu Edy MSMEs can develop and improve the quality of their products, utilize technology more effectively, and build customer networks in the digital environment.
Keywords: digital marketing; product branding; MSME’s financial reports; training and mentoring; abon
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S., Wianti, N. I., Tadjuddah, M., & Buana, T. (2022). Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Nelayan Melalui Olahan Ikan Tongkol di Desa Saponda Laut Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 127–140.
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., … Ramadhan, R. T. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746.
Bunyani, N. A., Roman, M., & Naisanu, J. (2020). Utilization of forest plants as local food sources for the Oben Village community, Nekamese District, Kupang Regency. Jurnal Biologi Tropis, 20(3), 347–354.
Hendrawan, A. K., Soolany, C., Aji, D. O. P., Al Ahmad, F. K., & Rohman, S. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Lele Berbasis Teknologi Untuk Peningkatan Pendapatan di Kelompok Tani Balepa Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Abdi Teknoyasa.
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
Kisworo, D., Haryanto, H., Bulkaini, B., Yulianto, W., & Rani, B. (2023). PENGGUNAAN SPINNER UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES PENIRISAN MINYAK DALAM PEMBUATAN ABON PADA KELOMPOK PKK KELURAHAN SAYANG –SAYANG KECAMATAN SELAPARANG, KOTA MATARAM. Jurnal Pepadu, 4(1), 29–32.
Meilan, R., Ifa, K., & Yulianti, A. (2022). Optimalisasi Kinerja Petani Desa Kunir Lor melalui Pelatihan Akuntansi Sederhana. Progress Conference, 5(2), 189–194.
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261–267.
Ngaisyah, R. R. D., & Adiputra, A. K. (2019). Pengembangan potensi lokal ikan menjadi nugget dan abon ikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kejadian stunting di Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Journal of Community Empowerment for Health, 1(2), 61–70.
Nuhriawangsa, A. M. P., Kartikasari, L. R., Budiharjo, A., Swastike, W., & Hertanto, B. S. (2020). Pengembangan Potensi Usaha Abon untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di UMKM Ksatria Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Surakarta. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 1(2), 103. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v1i2.43949
Pangestuti, E., Nuralam, I. P., Furqon, M. T., & Ramadhan, H. M. (2018). Peta potensi dalam menciptakan kemandirian ekonomi desa. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 258–266.
Pratiwi, N. M. W. D., Parthama, K. A., & Ciptayani, P. I. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN USAHA ABON AYAM DI DENPASAR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2261–2265.
Utami, W. W. (2023). PROGRAM DIVERSIFIKASI PANGAN SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENCAPAIAN KETAHANAN PANGAN DI DESA CIKEUSIK KECAMATAN WANASALAM KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(1).
Wicaksono, D. A., Majedi, F., Basuki, I., & Fauzi, D. N. (2024). Diseminasi Teknologi Mesin Peniris Kacang Tanah Sebagai Bentuk Pemberdayaan Usaha Kelompok Dasawisma di Kampung Wisata Tawangmangu Jawa Tengah. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(6), 334–338.
Wijayanti, L., Kartadinata, B., de Fretes, A., Indriati, K., & Budiman, B. N. (2021). Penerapan mesin peniris minyak (spinner) untuk meningkatkan produksi abon lele di desa sampora. Prosiding SENAPENMAS, 263–270.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: