Implementasi aplikasi sayurbox sebagai transofrmasi digital dalam peningkatan pemasaran hasil pertanian KWT Pesona
Abstract
Abstrak
Pemberdayaan perempuan di sektor pertanian menjadi prioritas dalam pembangunan pedesaan, termasuk di Indonesia, dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai wadah yang efektif dalam meningkatkan kapasitas ekonomi dan sosial mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi digital guna memperluas akses pasar bagi KWT PESONA di Kota Tangerang, yang masih terbatas pada metode pemasaran konvensional. Mitra sasaran adalah 20 anggota KWT PESONA yang terdiri dari petani perempuan dan penggerak lokal. Metode pelaksanaan meliputi persiapan, pelatihan, dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi Sayurbox sebagai platform pemasaran digital. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman awal dan akhir peserta, serta analisis interpretasi skor untuk mengetahui efektivitas pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,568 (kategori sedang), serta tingkat kepuasan sebesar 73% dan efektivitas solusi yang diberikan mencapai 82%. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KWT PESONA dalam pemasaran digital, memperluas akses pasar mereka, dan mendukung pembangunan berkelanjutan di sektor pertanian lokal.
Kata kunci: kelompok wanita tani; pemasaran digital; pemberdayaan perempuan; pertanian; sayurbox
Abstract
Empowering women in the agricultural sector has become a priority in rural development, including in Indonesia, with Women Farmers Groups (KWT) serving as an effective platform to enhance their economic and social capacity. This activity aims to introduce digital technology to expand market access for KWT PESONA in Tangerang City, which remains limited by conventional marketing methods. The target partners are 20 members of KWT PESONA, consisting of female farmers and local agricultural leaders. The implementation methods included preparation, training, and assistance in using the Sayurbox application as a digital marketing platform. Evaluations were conducted using pre-test and post-test assessments to measure participants' initial and final understanding, and interpretasi score analysis was used to assess the training’s effectiveness. The results indicate a significant improvement in participants’ understanding, with an average N-Gain of 0.568 (moderate category), a satisfaction rate of 73%, and the effectiveness of the provided solutions reaching 82%. This activity successfully enhanced KWT PESONA's knowledge and skills in digital marketing, expanded their market access, and supported sustainable development in the local agricultural sector.
Keywords: agriculture; digital marketing; sayurbox; women empowerment; women farmers groups.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, Y. U., Santoso, M. F., Pattiasina, T., & Wahidin, A. J. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Workspace Sebagai Media Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemberdayaan KWT Sumur Mangga. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 3(2), 95–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i2.20920
Ditjen Dikti. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Ginanjar, J., & Sukoco, I. (2022). Penerapan Design Thinking Pada Sayurbox. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 12(1), 70–83. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jurisma.v12i1.5078
Guntara, Y. (2021). Normalized gain ukuran keefektifan treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Khairani, L., & Nabiu, M. (2023). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sukasari Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Menggunakan Bioaktivator. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat DEWANTARA, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.31317
Luthfitah, D. A. S., Nurhadi, N., & Parahita, B. N. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Sukoharjo. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 4(3), 446–463. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jsai.v4i3.3927
Manik, G., Ernawati, I., & Nurlaili, I. (2021). Analisis Sentimen Pada Review Pengguna E-Commerce Bidang Pangan Menggunakan Metode Support Vector Machine (Studi Kasus: Review Sayurbox dan Tanihub pada Google Play). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 2(2), 64–74.
Manto, R. A., Indriani, R., & Saleh, Y. (2023). Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus KWT Muda Mandiri Desa Dutohe Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango). AGRI-SOSIOEKONOMI, 19(2), 761–768. https://doi.org/https://doi.org/10.35791/agrsosek.v19i2.48301
Mukhni, A. N., Ariyanti, M., & Febrianta, M. Y. (2020). Analisis Kualitas Layanan Platform Online Groceries Menggunakan Text Network Analysis (studi Kasus: Sayurbox, Tanihub, Tukangsayur. co, Brambang. com). EProceedings of Management, 7(3).
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati, I. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).
Parasati, M. (2024). Teknologi Modern: Revolusi yang Mengubah Dunia Bisnis. Phincon.Com.
Sayurbox. (2024). Syarat dan Ketentuan Sayurbox. Sayurbox.Com.
Sinombor, S. H. (2023, February). Perempuan Aktor Kunci Pengembangan Pertanian Berkelanjutan. Www.Kompas.Id.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
UMA. (2023). Peran Perempuan dalam Pertanian: Mendorong Kesetaraan Gender dan Pembangunan Berkelanjutan. Uma.Ac.Id.
Wibowo, S. H., Wahyuddin, S., Permana, A. A., Sembiring, S., Wahidin, A. J., Nugroho, J. W., & Adhicandra, I. (2023). Teknologi Digital di Era Modern. Global Eksekutif Teknologi.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: