Pendampingan pembuatan media pembelajaran IPA terintegrasi lingkungan bagi guru IPA di SMPN 1 Jerowaru
Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di sekolah mitra yaitu SMPN 1 Jerowaru, terlihat bahwa keadaan laboratorium belum memadai dimana alat dan bahan praktikum masih sangat kurang. Guru-guru IPA tidak melakukan inovasi dan kreasi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Selain itu, kegiatan praktikum jarang dilakukan termasuk dalam memanfaatkan lingkungan sekitar. Guru IPA cenderung melakukan pembelajaran dengan teori dan monoton hanya di dalam kelas. Oleh karena itu, pengusul bersama mitra bekerja sama dalam mengatasi masalah tersebut melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran dengan bahan bekas yang berada di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah penyelenggaraan inservice berupa pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang dilaksanakan adalah latihan teknik-teknik merancang media pembelajaran terintegrasi lingkungan (bahan bekas). Hasil media yang dikembangkan ada enam yaitu kincir air, jangka sorong, elektroskop sederhana, alat destilasi, dan sistem peredaran darah.
Kata kunci: media pembelajaran; lingkungan; konsep IPA
Abstract
Based on the results of observations at the partner school, namely SMPN 1 Jerowaru, it can be seen that the condition of the laboratory is inadequate where the tools and materials for practicum are still very lacking. Science teachers do not innovate and create to overcome these shortcomings. In addition, practicum activities are rarely carried out including in utilizing the surrounding environment. Science teachers tend to carry out learning with theory and monotonously only in the classroom. Therefore, the proposer and partners work together to overcome this problem through the Community Service (PKM) program. This PkM program aims to improve teacher skills in designing and developing learning media with used materials in the surrounding environment. The method used in achieving these goals is the implementation of inservice in the form of training and mentoring. The training carried out is training in techniques for designing integrated learning media for the environment (used materials). The results of the media developed are six, namely water wheels, vernier calipers, simple electroscopes, distillation tools, and blood circulation systems.
Keywords: learning media; environment; science concept
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Duda, H. J., Awang, I. S., & Andri, A. (2018). PKM Pelatihan Pemanfaatan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA bagi Kelompok Guru IPA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 15. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.195
Falahudin. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Jamuna S, P. R. (2017). Utilization Of Instructional Media In Teaching Science. International Journal of Research- Granthaalayah, 5(3), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zen odo.545972
Khaerus Syahidi, Usmayadi, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintific Approach Berbasis Lingkungan Sekitar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Lambda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/lambda.v1i1.43
Khaerus Syahidi, et. (2022). Pelatihan Penggunaan Kit Fisika Bagi Guru Ipa Sma/Ma Di Lombok Tengah. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 780–786.
Nilawati. (2010). Menyulap Sampah Jadi Kerajinan Cantik. Nobel Edumedia.
Saputri, A.R.A; Setyaningsih, D. S. (2015). Manfaat dan Fungsi Media Pembelajaran. Universitas PGRI Yogyakarta.
Syarifuddin. (2015). Pemanfaatan Bahan Bekas Sebagai Innovasi Media Pembelajaran Guna Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Ranah Keterampilan Berbicara dan Menulis.
Umam, W. . & A. (2017). Pembelajaran Menggunakan Media Gambar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Yunita, N., Zahara, L., & Syahidi, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, 4(2), 233–239. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2756
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: