Pendampingan bahasa inggris berbasis e-learning bagi anggota POKDARWIS Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara
Abstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sejahtera di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan bahasa Inggris fungsional anggota Pokdarwis dalam melayani wisatawan asing. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pelaksana merancang pelatihan bahasa Inggris berbasis e-learning dengan pendekatan komunikatif yang kontekstual dan praktis. Pelatihan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi observasi kebutuhan dan penyusunan modul pembelajaran. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan metode blended learning melalui sesi tatap muka dan daring menggunakan Google Classroom dan WhatsApp. Peserta dilibatkan secara aktif dalam kegiatan simulasi, diskusi, dan praktik langsung. Evaluasi program dilakukan melalui penyebaran kuesioner Likert kepada seluruh peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta, terutama dalam konteks pariwisata. Selain itu, pelatihan juga meningkatkan motivasi peserta untuk terus belajar secara mandiri. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan bahasa Inggris berbasis e-learning dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran di daerah wisata pedesaan.
Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat; bahasa inggris; pokdarwis; e-learning; pembelajaran kontekstual; pariwisata.
Abstract
This community service activity aims to improve the English communication skills of members of the Sejahtera Tourism Awareness Group (Pokdarwis) in Medana Village, North Lombok Regency. This activity was motivated by the low level of functional English proficiency among Pokdarwis members in serving foreign tourists. To address this issue, the implementation team designed an e-learning-based English language training program using a communicative, contextual, and practical approach. The training was conducted in three phases: preparation, implementation, and monitoring and evaluation. The preparation phase involved needs assessment and the development of learning modules. The implementation phase was carried out using a blended learning method, combining face-to-face sessions and online sessions via Google Classroom and WhatsApp. Participants were actively involved in simulations, discussions, and hands-on practice. Program evaluation was conducted through the distribution of Likert questionnaires to all participants. Evaluation results indicated that the training was effective in improving participants' English language skills, particularly in the context of tourism. Additionally, the training enhanced participants' motivation to continue learning independently. These findings suggest that e-learning-based English language training can serve as an alternative solution for education in rural tourist areas.
Keywords: community service; english language; pokdarwis; e-learning; contextual learning; tourism
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanto, K. E., Santyadiputra, G. S., & Maysanjaya, I. M. D. (2018). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat yang Inovatif untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat dan Daya Saing Bangsa.
Bagus, I. D. A., Soma, K., Luh, N. I., Intan, P., Koeswiryono, D. P., & Kunci, K. (2023). Pelatihan Pemandu Wisata Dan Bahasa Inggris Pariwisata Di Desa Wisata Medewi Jembrana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radis, 03, 92–96.
Fadilah, R., Pratama, V. M., & Ayudia, H. Y. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pelaku Wisata Desa Wisata Nyarai Lubuk Alung Sumatera Barat. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(03), 271–278.
Hadi, M. J., Lume, & Widyaningrum, M. (2022). Pemetaan Potensi Wisata, Peluang Dan Tantangan Pengembangan Desa Wisata Pengadangan Barat, Kabupaten Lombok Timur. Journal Of Tourism And Economic, 5(1), 32–45. https://doi.org/10.36594/jtec/01a88690
Hermawan, D., Subari, F. A., & Karamang, E. (2025). Pendampingan Manajemen Pemasaran Konten dalam Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis Kelurahan Binong Bandung. 7, 128–137. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1048
Ilham, I., & Irwandi, I. (2022). Pendampingan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai Di Kawasan Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2981–2992. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9329%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/9329/pdf
Ilham, I., Ismail, H., Irwandi, I., Hidayati, H., Rahmania, R., & Hudri, M. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pedagang Asongan Di Kawasan Wisata Pantai Senggigi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3017–3022. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12198
Ilham, Irwandi, Fira, Shaqila, C., Wida, S., Rahmaniah, R., Ismail, H., Hidayati, & Bafadal, M. F. (2024). Pendampingan bahasa inggris guiding bagi anggota pokdarwis desa Medana kecamatan Tanjung kabupaten Lombok Utara. Selaparang:Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2563–2570.
Kusuma, K. C. A., Dartini, N. P. D. S., Ariani, L. P. T., & Hidayat, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Guiding Pada Pokdarwis Alam Puncak Landep Melalui Pelatihan Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 38–43. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28198
Manara, C., Anna, A., Saragih, D. Y., Listiana, T. A., Basuningtyas, A., & Wiryani, R. S. (2024). Pelatihan bahasa inggris berbasis kebutuhan untuk pelaku wisata di pulau untung jawa. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 07(06), 733–745. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.25029
Marsakawati, N. P. E., Sari, R. A., & ... (2021). Pelatihan Penggunaan Evaluative Language Untuk Promosi Destinasi Wisata Bagi Pokdarwis Tunjung Mekar. Proceeding Senadimas …, 495–502.
Permatasari, R., Praptawati, D., & Murtiningrum, A. (2023). Penguatan Kompetensi Cross Cultural Communication dan English for Tourism bagi Pokdarwis Perwira di Bandungan , Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 5(2), 173–179.
Rahman, L. I., Samsumar, L. D., & Wulandari, A. H. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi Bagi Anggota Pokdarwis Desa Bunut Baok. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(2), 303–314.
Rahmantyo, L. E., Syukri, M. A., & Salimah. (2024). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Bagi Anggota Pokdarwis di Kampung Peneleh Surabaya. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(03), 158–170. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i03
Rauf, W., Idham, A. Z., & Chandra, A. (2025). Room of Civil Society Development Penguatan Pariwisata Lokal melalui Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis LMS Moodle untuk Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Desa Bulue. 4(1), 90–108. https://doi.org/10.59110/rcsd.508
Sari, P. T. (2023). Pelatihan bahasa inggris berbasis potensi wisata bagi pokdarwis telaga sari. 8(November), 529–535.
Soewarni, I., Oktaviano, E., Hidayat, I., Islahul, A. R., Wisata, K. S., & Malang, K. (2019). Penerapan Pelatihan Tour Guide Pokdarwis Kayutangan Dalam Perencanaan City Tour Kota Malang. Seminar Nasional Perwujudan Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Era New Normal, 31–36.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.29629
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: