PENYULUHAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI DAN NEW NORMAL MENGGUNAKAN MEDIA EDUKATIF BERBASIS AUDIO VISUAL
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan Pengabdian Mayarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi khususnya bagi anak-anak melalui penyuluhan kesehatan di masa pandemi dan new normal menggunakan media edukatif berbasis audio visual. Pengabdian penyuluhan kesehatan dimasa pandemi menjadi salah satu alternatif dalam memberikan edukasi pada pengenalan kesehatan. Kegiatan ini dimulai dengan pengembangan media terlebih dahulu yang menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak baik dari segi gambar, warna, bahasa dan suara yang digunakan. Peserta dalam penyuluhan kesehatan ini terdiri dari sekolah terdekat SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung diberikan secara offline sedangkan online via zoom dari SD N 4 Tempilang, SD N 13 Tempilang dan SD IT Alam Cahaya Tobolai yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2020 secara bersamaan dengan total 72 peserta terdiri dari siswa dan guru. Setelah diberikan penyuluhan dapat memberikan edukasi untuk menanamkan pehamanan yang kuat dalam menghadapi new normal. Perlunya pemberian edukasi melalui media berbasis audio visual bisa dirasakan bahwasanya covid-19 ini bukanlah sesuatu yang menakutkan sehingga menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan baik dan mampu menjalankan sesuatunya berdasarkan protokol kesehatan.
Kata kunci : kesehatan; masa pandemi dan new normal; media edukatif berbasis audio visual.
ABSTRACT
The implementation of this Community Service aims to provide education, especially for children, through health education during the pandemic and new normal using audio-visual based educational methods. Community health education services during the pandemic period is an alternative in providing education on the introduction of health. This activity begins with the development of media in advance that adapts to the needs of the children both in terms of images, colors, language and sounds used. Participants in this health education consisted of the closest school SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung given offline while online via zoom from SD N 4 Tempilang, SD N 13 Tempilang and SD IT Alam Cahaya Tobolai which was held on September 17, 2020 simultaneously with a total of 72 participants consisted of students and teachers. After being given counseling, it can provide education to instill a strong understanding in facing thenew normal. The need to provide education through audio-visual based media can be felt that Covid-19 is not something scary that causes excessive anxiety, it's just how we react to it and are able to carry out things based on health protocols.
Keywords: health; pandemic period and new normal; audio-visual based educational media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fujianto.,A. Jayadinata.,K.,A. Kurnia.,D. (2016) Penggunaan Audio visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup, Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1.
Haryani., Sahar., Sukihananto (2017) Penyuluhan Kesehatan Melalui Media Cetak Berpengaruh Terhadap Perawatan Hipertensi, Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 19 No.3.,hal 161-168 pissn 1410-4490, eissn 2354-9203 DOI : 10.7454/jki.v19i3.469
Http://puspensos.kemsos.go.id/penyuluhan-melalui-media-sosial-tentang-pentingnya-optimalisasi-sistem-imunitas-tubuh-guna-memberantas-covid-19-dan-dbd-di-indonesia
Https://news.detik.com/berita/d-5065539/bertambah-10-pasien-sembuh-dari-corona-di-babel-capai-80-persenhttps://news.detik.com/berita/d-5065539/bertambah-10-pasien-sembuh-dari-corona-di-babel-capai-80-persen.
Muliyadi; M. Yasdar; Fitriani Sulaeman (2017). Penerapan Teknik Manajemen Diri Dapat Mengurangi Kebiasaan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul - Jurnal Pendidikan,1(2), 92-103
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.2989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: