Pemanfaatan perpustakaan berbasis digital (iPusnas) dalam upaya penguatan budaya literasi siswa Sekolah Dasar

Suryani Suryani, Syahrianursaifi Syahrianursaifi, Iqbal Iqbal, Diana Makhrifah, Safiatuddin Fitra

Abstract


Abstrak

Sekolah Dasar Negeri 8 Banda Aceh menghadapi keterbatasan sumber daya bacaan yang mempengaruhi budaya literasi siswa. Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memanfaatkan perpustakaan digital (iPusnas) sebagai solusi inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan meliputi survei awal, pelatihan, dan pendampingan dalam penggunaan iPusnas bagi 1 orang pustakawan, 23 guru, dan 35 siswa. Rangkaian kegiatan pengabdian berlangsung selama 2 minggu yang dilaksanakan di ruang rapat guru dan perpustakaan sekolah. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa dan kemampuan pengelolaan perpustakaan digital di sekolah. Program ini berhasil memberikan akses yang lebih luas terhadap bahan bacaan digital yang sangat penting untuk memperkuat budaya literasi siswa. Hasil dari program kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan digital yaitu iPusnas dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pendidikan dan meningkatkan literasi siswa di sekolah.

 

Kata kunci: budaya literasi; iPusnas; pemberdayaan masyarakat; perpustakaan digital; sekolah dasar.

 

Abstract

SD Negeri 8 Banda Aceh faces limited reading resources, which affects students' literacy culture. This Community Partnership Empowerment program aims to utilize the digital library as an innovative solution to address this issue. The methodology includes initial surveys, training, and mentoring in the use of iPusnas for one librarian, 23 teachers, and 35 students. The series of community service activities took place over a two-week period in the teacher’s meeting room and school library. The program's results show an increase in students' reading interest and the ability to manage the digital library at the school. This program successfully provided broader access to digital reading materials, which is crucial for strengthening the literacy culture. In conclusion, the utilization of a digital library can be an effective tool in supporting education and enhancing student literacy at the school.

 

Keywords: literacy culture; iPusnas; community empowerment; digital library; primary education.


Keywords


literacy culture; iPusnas; community empowerment; digital library; primary education.

Full Text:

PDF

References


Anintyawati, R., Masithoh, D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., Nahdlatul, U., & Yogyakarta, U. (2024). Pelatihan Literasi dan Numerasi Mahasantri Melalui Program Kepenulisan Karya Ilmiah. 3(1), 9–15. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i1.23621

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Farissi Hamama, S., & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(2), 37–41. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/Abdimas/article/view/3522

Fanani, M. Z., Prasetyo, H. A., Dwi, M., Hastuti, P., & Nur, B. (2020). Peningkatan Minat Belajar Dan Minat Baca Siswa Melalui Media E-Learning Dan E-Library Untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Sekolah Dan Madrasah Di Kab/Kota Blitar Tahun 2020. 94–119.

Kasma, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru SMAN 4 Kota Palopo. 41–48.

Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. 2(3), 164–169.

Maulinda, R., & Septiani, D. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA MTS CITRA PELITA MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN ONLINE IPUSNAS. 1–9.

Meutia, D., Dauyah, E., Suryani, Susiani, R., & Majid, H. (2021). Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional : Membagun Generasi Sehat dan Berprestasi Di SMAN 1 Salang Semeulue. 2(1), 26–29.

Nurfitri. (2020). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 8 BANDA ACEH.

Paluvi, I., Mulia, I. try, Audina, M., Sari, N., & Dafit, F. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Gerakan Literasi Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar 08 Kampung Rempak. Educativo : Jurnal Pendidikan, 2(1), 262–265.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Penelitian, B., Pengembangan, D. A. N., Penelitian, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2018). Gerakan literasi sekolah.

Rulyansah, A. (2023). Pelatihan dan Pemanfaatan Edugame Rumah Belajar sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. April.

Sugama, A., Johandri, J., Rahman, R., & Karimah, S. A. (2024). Pemanfaatan Teknologi IPUSNAS untuk Memperkuat Literasi Digital di Masyarakat Desa Rancabungur. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 82–89. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.746

Sulistyanto, A., Haris, A., Pratama, D. A., Silaen, J. D., Aditya, R., Damayanti, T., & Ningsih, Y. L. A. (2023). Pengenalan dan Praktek Aplikasi iPusnas kepada Pelajar di SMPN 1 Serangpanjang Desa Ponggang Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 4(6), 539–544. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i6.868

Suryani, Meutia, P. D., Iqbal, I., Wati, M. S., Fitria, U., & ... (2022). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Terhadap Anak-Anak Pemulung Di Taman Edukasi Anak Aceh. BAKTIMAS: Jurnal …, 4(4), 233–238. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/BAKTIMAS/article/view/5176

Suryani, S., Mahyuddin, M., Elyza, F., Meutia, P. D., Susiani, R., Dauyah, E., Ugahara, U., Yanti, N., Alhaidar, M. A., Hasanah, H., Halena, H., Maulida, M., Hamama, S. F., & Aryani, I. (2022). Kegiatan Mahasiswa Kkn Universitas Abulyatama Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1894. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11071




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: