LMS for future teachers: mempersiapkan mahasiswa FKIP Universitas Cenderawasih di era digital

Tiffany Shahnaz Rusli, Irwandi Yogo Suaka, Agnes Teres Panjaitan, Ricky Engel Mawara, Nurbaya Nurbaya, Hanida Listiani, Suriyah Satar, Cartika Candra Ledoh, Rio Wakhid Hujjatul Islam, Ria Ristiani, Rispah Purba, Chelsi Yuliana

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sistem pembelajaran daring guna mendukung efektivitas proses akademik. Namun, masih banyak mahasiswa yang belum familiar dengan penggunaan sistem pembelajaran berbasis digital, terutama Learning Management System (LMS) yang dapat membantu dalam pengelolaan kelas virtual, distribusi materi, serta interaksi akademik secara daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih dalam mengoperasikan LMS secara efektif. Pelatihan ini diikuti oleh 100 mahasiswa yang sebelumnya memiliki tingkat pemahaman yang terbatas dalam penggunaan LMS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pelatihan, tutorial, pendampingan, serta praktik langsung yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pengenalan LMS, penerapan dalam pembelajaran, dan evaluasi serta refleksi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya signifikan dalam pemahaman mahasiswa, dimana kategori sangat baik meningkat dari 5% menjadi 45% serta lebih dari 90% peserta menyatakan kepuasan terhadap materi dan metode pelatihan. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi era digital di dunia pendidikan. Diperlukan pelatihan lanjutan serta penguatan infrastruktur digital guna memastikan keberlanjutan penggunaan LMS

 

Kata kunci: learning management system; pelatihan digital; literasi digital; pembelajaran daring

 

Abstract

The development of technology requires students to acquire skills in utilizing online learning system to support the effectiveness of academic processes. However, many students are still unfamiliar with the use of digital learning systems, particularly Learning Management System (LMS), which facilitate virtual classroom management, material distribution, and academic interaction. This community service activity aims to enhance the understanding and skills of students at the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Cenderawasih, in effectively operating LMS. This training program was attended by 100 students who previously had limited knowledge of LMS usage. The methods employed included training, tutorials, mentoring, and hands-on practice, structured into three main stages: LMS introduction, implementation in learning, and evaluation with reflection. The evaluation results indicated a significant improvement in students understanding, with the excellent category increasing from 5% to 45% and more than 90% of participants expressing satisfaction with the training content and delivery. This program has had a positive impact on preparing students for the digital era in education. Further training and the strengthening of digital infrastructure are necessary to ensure the sustainability of LMS as an integral part of modern teaching strategies.

 

Keywords: learning management system; digital training; digital literacy; online learning


Keywords


learning management system; digital training; digital literacy; online learning

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. N., & Daroin, A. D. (2022). Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 1–10. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Aziz, A., Widianto, F., & Purwanto, A. (2024). Analisis Pengunaan Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3354

Fauziah, A. (2024). Analisis Pemahaman dan Respon Mahasiswa Terhadap Implementasi Learning Management System Di Universitas Djuanda (Vol. 3).

Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle sebagai Sarana Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Mahasiswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. In Halaman | 13 Jurnal Artefak (Vol. 7, Issue 1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak

Mardiah, A., Haryanto, Andri Astuti, Reviandari, Widyatiningtyas, Riyanti, A., Agus, B., & Rukiyanto. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 540–550.

Nurbaya, Listiani, H., Satar, S., Rusli, T. S., Panjaitan, A. T., & Islam, R. W. H. (2024). Pelatihan Integrasi ICT pada Fitur E-Learning bagi Dosen FKIP Universitas Cenderawasih. In PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5). http://lms.uncen.ac.id,

Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 162–170. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Rusli, T. S., Suaka, I. Y., Islam, R. W. H., Satar, S., Nurbaya, Listiani, H., & Panjaitan, A. T. (2023). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) Bagi Dosen FKIP Universitas Cenderawasih. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1848–1855. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3423

Sa’diyah, R., Kurniawan, Ichsan, I. Z., & Riza, E. (2024). Perilaku Penggunaan LMS pada Mahasiswa Sebagai Pendukung Pembelajaran. In Jurnal Emanasi.

Subiyantoro, S., & Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) Performa Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–314.

Suranto, P. A. (2025). Transformasi Pendidikan Akuntansi melalui Platform E-Learning Peran LMS dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 236–247. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring pada Satuan Pendidikan. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82–89.

Wulandari, O., & Tohir, A. (2024). Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10490–10496.

Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. DIMENSI, 8(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: