LMS for future teachers: mempersiapkan mahasiswa FKIP Universitas Cenderawasih di era digital
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sistem pembelajaran daring guna mendukung efektivitas proses akademik. Namun, masih banyak mahasiswa yang belum familiar dengan penggunaan sistem pembelajaran berbasis digital, terutama Learning Management System (LMS) yang dapat membantu dalam pengelolaan kelas virtual, distribusi materi, serta interaksi akademik secara daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih dalam mengoperasikan LMS secara efektif. Pelatihan ini diikuti oleh 100 mahasiswa yang sebelumnya memiliki tingkat pemahaman yang terbatas dalam penggunaan LMS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pelatihan, tutorial, pendampingan, serta praktik langsung yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pengenalan LMS, penerapan dalam pembelajaran, dan evaluasi serta refleksi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya signifikan dalam pemahaman mahasiswa, dimana kategori sangat baik meningkat dari 5% menjadi 45% serta lebih dari 90% peserta menyatakan kepuasan terhadap materi dan metode pelatihan. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi era digital di dunia pendidikan. Diperlukan pelatihan lanjutan serta penguatan infrastruktur digital guna memastikan keberlanjutan penggunaan LMS
Kata kunci: learning management system; pelatihan digital; literasi digital; pembelajaran daring
Abstract
The development of technology requires students to acquire skills in utilizing online learning system to support the effectiveness of academic processes. However, many students are still unfamiliar with the use of digital learning systems, particularly Learning Management System (LMS), which facilitate virtual classroom management, material distribution, and academic interaction. This community service activity aims to enhance the understanding and skills of students at the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Cenderawasih, in effectively operating LMS. This training program was attended by 100 students who previously had limited knowledge of LMS usage. The methods employed included training, tutorials, mentoring, and hands-on practice, structured into three main stages: LMS introduction, implementation in learning, and evaluation with reflection. The evaluation results indicated a significant improvement in students understanding, with the excellent category increasing from 5% to 45% and more than 90% of participants expressing satisfaction with the training content and delivery. This program has had a positive impact on preparing students for the digital era in education. Further training and the strengthening of digital infrastructure are necessary to ensure the sustainability of LMS as an integral part of modern teaching strategies.
Keywords: learning management system; digital training; digital literacy; online learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D. N., & Daroin, A. D. (2022). Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 1–10. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Aziz, A., Widianto, F., & Purwanto, A. (2024). Analisis Pengunaan Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3354
Fauziah, A. (2024). Analisis Pemahaman dan Respon Mahasiswa Terhadap Implementasi Learning Management System Di Universitas Djuanda (Vol. 3).
Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle sebagai Sarana Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Mahasiswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. In Halaman | 13 Jurnal Artefak (Vol. 7, Issue 1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak
Mardiah, A., Haryanto, Andri Astuti, Reviandari, Widyatiningtyas, Riyanti, A., Agus, B., & Rukiyanto. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 540–550.
Nurbaya, Listiani, H., Satar, S., Rusli, T. S., Panjaitan, A. T., & Islam, R. W. H. (2024). Pelatihan Integrasi ICT pada Fitur E-Learning bagi Dosen FKIP Universitas Cenderawasih. In PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5). http://lms.uncen.ac.id,
Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 162–170. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM
Rusli, T. S., Suaka, I. Y., Islam, R. W. H., Satar, S., Nurbaya, Listiani, H., & Panjaitan, A. T. (2023). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) Bagi Dosen FKIP Universitas Cenderawasih. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1848–1855. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3423
Sa’diyah, R., Kurniawan, Ichsan, I. Z., & Riza, E. (2024). Perilaku Penggunaan LMS pada Mahasiswa Sebagai Pendukung Pembelajaran. In Jurnal Emanasi.
Subiyantoro, S., & Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) Performa Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–314.
Suranto, P. A. (2025). Transformasi Pendidikan Akuntansi melalui Platform E-Learning Peran LMS dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 236–247. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring pada Satuan Pendidikan. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82–89.
Wulandari, O., & Tohir, A. (2024). Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10490–10496.
Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. DIMENSI, 8(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30325
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: