Emotional Demonstration (Emo-Demo) perilaku cuci tangan dalam upaya meningkatkan pengetahuan penjamah makanan di Desa Babatan Saudagar, Kecamatan Pemulutan

Desri Maulina Sari, Ira Dewi Ramadhani, Sari Bema Ramdika, Fatmalina Febry, Indah Purnama Sari, Fatria Harwanto, Yuliarti Yuliarti, Indah Yuliana, Windi Indah Fajar Ningsih, Ditia Fitri Arinda, Anita Rahmiwati

Abstract


Abstrak

Kasus Diare selalu menjadi sepuluh besar penyakit yang selalu muncul di tiap puskesmas. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya hygiene dari penjamah makanan. Beberapa studi menyebutkan bahwa penjamah makanan beranggapan tangan yang bersih adalah yang tidak terlihat kotor saja. Pemikiran seperti ini menjadi kekhawatiran pemerintah atas kondisi kesehatan masyarakat. Padahal kuman-kuman tak terlihat yang ada ditangan masih bisa menempel disana. Untuk memperbaiki anggapan yang keliru tentang tangan yang bersih hanya dari kasat mata, maka perlu dilakukan edukasi dengan konsep Emo-Demo agar masyarakat menjadi lebih paham tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS). Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran penjamah makanan dalam menerapkan kebiasaan CTPS. Metode PKM yang diterapkan berupa penyuluhan dan emo-demo disertai dengan evalusai melalui pre-test dan post-test.  Sasarannya ibu rumah tangga di Desa Babatan Saudagar, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang CTPS sebelum dan setelah penyuluhan terdapat peningkatan. konsep emo-demo juga membuat responden lebih memahami tentang pentingnya CTPS meskipun tangan terlihat bersih. Praktik baik dan pengetahuan yang meningkat diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi kasus diare pada tingkat rumah tangga dan Indonesia pada umumnya.

 

Kata kunci: Emo Demo; cuci tangan; pengetahuan; penjamah makanan.

 

Abstract

Diarrhea cases are always in the top ten diseases that always appear in every health center. One of the causes is the lack of hygiene of food handlers. Several studies have stated that food handlers assume that clean hands are those that do not look dirty. This kind of thinking is a concern for the government regarding the health conditions of the community. In fact, invisible germs on the hands can still stick there. To correct the mistaken assumption that hands are clean only from the naked eye, it is necessary to conduct education with the Emo-Demo concept so that the community becomes more aware of the importance of washing hands with soap (CTPS). The purpose of this community service program (PKM) is to increase the knowledge and awareness of food handlers in implementing CTPS habits. The PKM method applied is in the form of counseling and emo-demo accompanied by evaluation through pre-test and post-test. The target is housewives in Babatan Saudagar Village, Pemulutan District, Ogan Ilir Regency. The results of this PKM show that knowledge about CTPS before and after counseling has increased. The emo-demo concept also makes respondents more aware of the importance of CTPS even though hands look clean. Good practices and increased knowledge are expected to be a solution to reduce diarrhea cases at the household level and generally in Indonesia.

 

Keywords: Emo-Demo; handwash; knowledge; food handler.


Keywords


Emo-Demo; handwash; knowledge; food handler.

Full Text:

PDF

References


Abil Rudi. (2020). Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Sintang, Kalimantan Barat. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 241–248. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.337

Arıkan D, Gürarslan Baş N, Kurudirek F, Baştopcu A, U. H. (2018). The Effect of Therapeutic Clowning on Handwashing Technique and Microbial Colonization in Preschool Children. J Nurs Scholarsh, 50(4), 441–450. https://doi.org/10.1111/jnu.12392

Azizah, N., Ardillah, Y., Sari, I. P., & Windusari, Y. (2021). Kajian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Lingkungan Kumuh Kota Palembang: Studi Kualitatif. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 20(2), 65–73. https://doi.org/10.14710/jkli.20.2.65-73

Balitbangkes. (2013). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. In Kementerian Kesehatan RI.

Balitbangkes. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. In Kementerian Kesehatan RI.

Desyanti, C., & Nindya, T. S. (2017). Hubungan Riwayat Penyakit Diare dan Praktik Higiene dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 24-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Simolawang, Surabaya. Amerta Nutrition, 1(3), 243. https://doi.org/10.20473/amnt.v1i3.2017.243-251

Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). (2021). Konsep Emo Demo. https://emodemo.org/about/concept-theory

Handayani, L., & Rusli Afa, J. (2024). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN 08 Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Veompuh Journal, 1(1), 40–43. https://doi.org/10.37887/vj.v1i1.15

Haslianti, H. (2019). Pengaruh Kebisingan Dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 608–614. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4839

Ilyas dan Syahid. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al Aulia, 04(01), 58–85. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#

Jafari, M. J., Khosrowabadi, R., Khodakarim, S., & Mohammadian, F. (2019). The effect of noise exposure on cognitive performance and brain activity patterns. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(17), 2924–2931. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.742

Juliawan, A. (2019). Merubah Perilaku Masyarakat dengan Pendekatan Emo Demo. https://gizikesehatan.ugm.ac.id/merubah-perilaku-masyarakat-dengan-pendekatan-emo-demo/

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, (2014).

Abil Rudi. 2020. “Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Sintang, Kalimantan Barat.” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1(3):241–48. doi: 10.37339/jurpikat.v1i3.337.

Arıkan D, Gürarslan Baş N, Kurudirek F, Baştopcu A, Uslu H. 2018. “The Effect of Therapeutic Clowning on Handwashing Technique and Microbial Colonization in Preschool Children.” J Nurs Scholarsh 50(4):441–50. doi: 10.1111/jnu.12392.

Azizah, Nur, Yustini Ardillah, Indah Purnama Sari, and Yuanita Windusari. 2021. “Kajian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Lingkungan Kumuh Kota Palembang: Studi Kualitatif.” Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia 20(2):65–73. doi: 10.14710/jkli.20.2.65-73.

Balitbangkes. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Jakarta.

Balitbangkes. 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018.

Desyanti, Chamilia, and Triska Susila Nindya. 2017. “Hubungan Riwayat Penyakit Diare Dan Praktik Higiene Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Simolawang, Surabaya.” Amerta Nutrition 1(3):243. doi: 10.20473/amnt.v1i3.2017.243-251.

Fauziyah, Zidni, and Arum Siwiendrayanti. 2023. “Kondisi Sanitasi Dasar Dengan Kejadian Diare.” HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 7(3):430–41. doi: 10.15294/higeia.v7i3.65317.

Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). 2021. “Konsep Emo Demo.” Retrieved July 5, 2024 (https://emodemo.org/about/concept-theory).

Handayani, Listy, and Jusniar Rusli Afa. 2024. “Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Di SDN 08 Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.” Veompuh Journal 1(1):40–43. doi: 10.37887/vj.v1i1.15.

Haslianti, Haslianti. 2019. “Pengaruh Kebisingan Dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 7(4):608–14. doi: 10.30872/psikoborneo.v7i4.4839.

Ilyas dan Syahid. 2018. “Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru.” Jurnal Al Aulia 04(01):58–85.

Jafari, Mohammad Javad, Reza Khosrowabadi, Soheila Khodakarim, and Farough Mohammadian. 2019. “The Effect of Noise Exposure on Cognitive Performance and Brain Activity Patterns.” Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences 7(17):2924–31. doi: 10.3889/oamjms.2019.742.

Juliawan, Ade. 2019. “Merubah Perilaku Masyarakat Dengan Pendekatan Emo Demo.” Retrieved (https://gizikesehatan.ugm.ac.id/merubah-perilaku-masyarakat-dengan-pendekatan-emo-demo/).

Kesehatan, Kementerian. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Lavena, Putri, and Sri Lestari Adriyanti. 2017. “Perilaku Ibu Balita Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Dan Kejadian Diare Pada Balita.” Jurnal Sehat Mandiri 12(2):45–50. doi: https://doi.org/10.33761/jsm.v12i2.101.

Nawalia, Christin, Fitriani Ningsih, and Lensi Natalia Tambunan. 2022. “Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Kejadian Diare Pada Balita: Relationship Between Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) with the Incidence of Diarrhea in Toddlers.” Jurnal Surya Medika (JSM) 8(2 SE-Articles):78–85.

Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):586–95.

Nutrition, Global Alliance for Improved. 2014. “Konsep Emo Demo.” Retrieved (https://emodemo.org/about/concept-theory).

Octaviana, dila rukmi, and reza aditya Ramadhani. 2021. “Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama.” Jurnal Tawadhu 2(2):3–6.

Pamungkas, Catur Esty, Siti Mardiyah WD, and Aulia Amini. 2020. “REFRESHING PENYULUHAN TANDA-TANDA BAHAYA KEHAMILAN MENGGUNAKAN BUKU KIA PADA KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANG PULE.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan 2(1):23. doi: 10.26714/jpmk.v2i1.5367.

Pauzan, and Al Fatih Hudzaifah. 2017. “Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung.” Jurnal Keperawatan BSI 5(1):18–23.

Pemba, Yasintha, Darmawang Darmawang, and Nur Risnawati Kusuma. 2022. “Peran Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di Smk Katolik Muktyaca.” Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 2(1):12. doi: 10.59562/progresif.v2i1.29859.

Rifai, Rahmawati, Abdul Wahab, and Yayi Suryo Prabandari. 2018. “Kebiasaan Cuci Tangan Ibu Dan Kejadian Diare Anak Di Kutai Kartanegara.” Berita Kedokteran Masyarakat 32(11):409–14.

Rifqi, Mahmud Aditya, Umi Hamidah, Neni Sintawardani, Hidenori Harada, Sikopo Nyambe, Akira Sai, and Taro Yamauchi. 2023. “Effect of Handwashing on the Reduction of Escherichia Coli on Children’s Hands in an Urban Slum Indonesia.” Journal of Water and Health 21(11):1651–62. doi: 10.2166/wh.2023.121.

Ron Gilat, M.D., Eric D. Haunschild B.S., Tracy Tauro B.S. B.A., Brian J. Cole M.D., M. B. .. 2020. “Since January 2020 Elsevier Has Created a COVID-19 Resource Centre with Free Information in English and Mandarin on the Novel Coronavirus COVID-.” Ann Oncol (January):19–21.

Setyobudi, Ilham, Fitri Pribadiani, and Anita Dyah Listyarini. 2020. “Analisis Perilaku Ibu Tentang Cuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus.” Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama 9(3):214. doi: 10.31596/jcu.v9i3.624.

Sidebang, Purnama. 2021. “Pemberdayaan Dan Peningkatan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kelurahan Dorpedu Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 2(2):235. doi: 10.33394/jpu.v2i2.4154.

Tambunan, Parlin, M. Fikry Ardhiansyah, and Muhammad Galviando Kurniawan. 2020. “Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif.” Jurnal PenSil 9(3):165–71. doi: 10.21009/jpensil.v9i3.16674.

Wardana, Mega Susila. 2024. “Peningkatan Pengetahuan Pengelola Kantin Melalui Edukasi Personal Higiene Penjamah Makanan.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8:2378–86.

Zikri, Moehammad Riyan. 2015. “Analisis Dampak Kebisingan Terhadap Komunikasi Dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Pada Jalan Padat Lalu Lintas.” Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah 3(1):1–10. doi: 10.26418/jtllb.v3i1.11913.

Lavena, P., & Lestari Adriyanti, S. (2017). Perilaku Ibu Balita Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Dan Kejadian Diare Pada Balita. Jurnal Sehat Mandiri, 12(2), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.33761/jsm.v12i2.101

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Nutrition, G. A. for I. (2014). Konsep Emo Demo. https://emodemo.org/about/concept-theory

Octaviana, dila rukmi, & Ramadhani, reza aditya. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 2(2), 3–6.

Pamungkas, C. E., WD, S. M., & Amini, A. (2020). Refreshing Penyuluhan Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Menggunakan Buku Kia Pada Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 2(1), 23. https://doi.org/10.26714/jpmk.v2i1.5367

Pauzan, & Hudzaifah, A. F. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 18–23.

Pemba, Y., Darmawang, D., & Kusuma, N. R. (2022). Peran Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di Smk Katolik Muktyaca. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(1), 12. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i1.29859

Rifai, R., Wahab, A., & Prabandari, Y. S. (2018). Kebiasaan Cuci Tangan Ibu dan Kejadian Diare Anak di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(11), 409–414.

Rifqi, M. A., Hamidah, U., Sintawardani, N., Harada, H., Nyambe, S., Sai, A., & Yamauchi, T. (2023). Effect of handwashing on the reduction of Escherichia coli on children’s hands in an urban slum Indonesia. Journal of Water and Health, 21(11), 1651–1662. https://doi.org/10.2166/wh.2023.121

Ron Gilat, M.D., Eric D. Haunschild B.S., Tracy Tauro B.S. B.A., Brian J. Cole M.D., M. B. . (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID-. Ann Oncol, January, 19–21.

Sidebang, P. (2021). Pemberdayaan dan Peningkatan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kelurahan Dorpedu Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 235. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4154

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674

Zikri, M. R. (2015). Analisis Dampak Kebisingan Terhadap Komunikasi Dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Pada Jalan Padat Lalu Lintas. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jtllb.v3i1.11913




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: