Membangun mindset investor muda: pengenalan risiko dan imbal hasil investasi bagi siswa SMA Little Sun Surabaya
Abstract
Abstrak
Tingkat literasi investasi yang masih rendah di kalangan generasi muda menjadi tantangan serius dalam mewujudkan masyarakat yang melek finansial dan mampu menghadapi kompleksitas keuangan di masa depan. Minimnya pemahaman mengenai risiko dan imbal hasil dalam investasi dapat berdampak pada pengambilan keputusan finansial yang kurang bijak sejak usia muda. Untuk menjawab tantangan ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan literasi investasi di kalangan pelajar SMA. Program ini diselenggarakan di SMA Little Sun Surabaya dan melibatkan sebanyak 49 siswa kelas X sebagai peserta. Metode yang digunakan adalah sosialisasi interaktif dengan pendekatan partisipatif, yang terdiri dari penyampaian materi edukatif serta permainan "Risk vs Return" yang dirancang untuk memberikan pengalaman simulasi investasi berdasarkan dinamika pasar. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa 97,7% siswa memahami bahwa investasi memiliki risiko kerugian, dan 95,5% menyadari pentingnya mengenali risiko dan imbal hasil sebelum melakukan investasi. Selain itu, 86,4% siswa memberikan skor tinggi terhadap pemahaman mereka pasca kegiatan. Partisipasi aktif siswa dalam diskusi dan permainan juga mencerminkan antusiasme dan efektivitas metode yang diterapkan. Kegiatan ini terbukti mampu menumbuhkan kesadaran serta pola pikir finansial yang bijak sejak dini, dan dapat direplikasi di sekolah lain sebagai upaya untuk memperluas literasi keuangan secara menyeluruh di kalangan pelajar Indonesia.
Kata kunci: risiko; imbal hasil; investasi; generasi muda.
Abstract
The low level of investment literacy among youth poses a challenge in building a financially literate society ready to face future financial complexities. This community engagement program aimed to improve high school students' understanding of investment risk and return. Held at SMA Little Sun Surabaya, the program involved 49 tenth-grade students. It used an interactive and participatory method, combining material presentation with an educational game, "Risk vs Return," which simulated market-based investment experiences to enhance practical understanding. Evaluation through pre- and post-tests showed that 97.7% of students recognized investment risks, while 95.5% understood the importance of assessing risk and return before investing. Furthermore, 86.4% of students rated their understanding at levels 4 or 5 after the session, showing significant improvement. The students’ active engagement during discussions and gameplay demonstrated high enthusiasm and the effectiveness of the interactive approach. This initiative positively contributed to building early financial awareness and smart financial thinking. Similar programs can be replicated in other schools to broaden financial literacy among students.
Keywords: risk; return; investment; young generation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, L. N., Azizah, N., & Ariska, R. A. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Harga terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa Surabaya. Income: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.38156/akuntansi.v5i2.513
Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Modal Minimal Investasi, dan Return Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Jurnal Distribusi, 9(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Dewi, P. P. R. A., Budiadnyani, N. P., & Frinabila, A. (2024). Literasi Keuangan, Financial Planning, dan Financial Behavior: Faktor Penentu Keputusan Investasi Generasi Z di Denpasar. Jurnal Maneksi, 13(4), 1025–1033. https://doi.org/https://doi.org/10.31959/jm.v13i4.2551
Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak dalam Pemilu. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(1), 137–149. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i1.548
Ganefi, H. S., & Lesmana, A. S. (2024). Edukasi Keuangan Pelajar: Pengenalan Investasi pada Generasi Z untuk Mencapai Tujuan Keuangan. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 141–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.26923
Noor, F., Susilo, J. H., & Budianto. (2023). Pengetahuan Investasi, Modal Minimum, dan Persepsi Keuntungan terhadap Minat Berinvestasi di Saham. Jurnal EMA, 9(1), 66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51213/ema.v9i1.407
Pana, V., & Ambarwati, L. (2023). Pengaruh Ekspektasi Return dan Literasi Keuangan terhadap Minat Berinvestasi Emas pada Mahasiswa STIE Widya Wiwaha. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jak.v11i2.12193
Pratiknjo, M. L., Wijaya, L. I., & Marciano, D. (2024). Pengaruh Bias Perilaku terhadap Keputusan Investasi dengan Fear of Missing Out (FOMO) sebagai Mediator di Indonesia. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2), 489–502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v10i2.2267
Putri, G. T. M., & Santoso, B. (2024). Sistem Investasi di Indonesia. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(2), 303–316. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/toman.v1i2.98
Ramadhani, A. P., Septyasari, I. A., Hasannah, F. N., & Kustiawati, D. (2022). Investasi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi dan Ekonomi Islam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(12), 1579–1589. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/jiss.v3i12.746
Sofa, I. A., Riyadi, B. G., Ningtyas, S. F., & Yudiantoro, D. (2024). Peran Literasi Keuangan, Financial Self-Efficacy, dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa MKS UIN SATU Tulungagung. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 3(4), 130–142. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i4.2737
Suidarma, I. M., Pradnyani, N. P. A. P., & Yasa, I. N. A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Dimoderasi Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 11(2), 105–120. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpak.v11i2.55539
Sunandes, A., & Meifilina, A. (2024). Analisis Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi dengan Moderasi Kemajuan Teknologi pada Generasi Z. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 9, 109–119. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/866/783
Widiastiti, K., Sinarwati, N. K., & Rahmawati, P. I. (2024). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Preferensi Risiko terhadap Keputusan Berinvestasi pada Pegawai Universitas Pendidikan Ganesha. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 1576–1580. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4376
Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JDMB.02.2.3
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30500
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: