Praktek pembuatan herbarium tumbuhan obat sebagai media pembelajaran, edukasi etnobotani dan konservasi sejak dini

Hasria Alang, Anggraini Putri Utami, Ninda Novita, Dwi Febrianti Ningsih, Saparina Saparina, Rayana Meta Sari

Abstract


Abstrak

Herbarium adalah awetan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus membantu dalam mengenalkan jenis suatu tumbuhan. Melalui herbarium, fungsi tumbuhan juga dapat diketahui. Dengan mengetahui fungsi tumbuhan, maka akan dapat membuat seseorang atau masyarakat menjadi peduli terhadap jenis tumbuhan, yang akhirnyan akan berujung pada upaya konservasi dari tumbuhan tersebut. Hasil observasi oleh tim PkM ditemukan bahwa beberapa permasalahan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak, yaitu proses pembelajaran masih bersifat menoton karena kurangnya alat peraga atau media pembelajaran. Selain itu, pengetahuan siswa-siswa mengenai herabrium, manfaat dan teknik herbarium belum ada. Hal tersebut menjadi alasan PkM ini dilakukan. Tujuan PkM ini yaitu mengenalkan kepada siswa tentang herbarium dan potensi herbarium dari tanaman yang ada di sekitar, sehingga siswa dapat lebih menjaga keberadaan tumbuhan di sekitar, yang akhiranya akan berujung pada upaya konservasi. Selain itu, tujuan kegiatan PkM ini juga yaitu melatih siswa mengenali bagian-bagian tanaman sebagai proses pembelajaran nyata pada mata Pelajaran IPA. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, maka metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu ceramah, diskusi dan paraktek. Hasil PkM menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pengetahuan siswa mengenai herbarium yang terlihat dari perbandingan hasil posttest dan pretest, yaitu dari 20% menjadi 95%. Siswa juga telah mampu membuat herbarium dan mengetahui manfaat dari beberapa jenis tumbuhan yang ada disekitar.

 

Kata kunci: etnobotani; herbarium; konservasi; media pembelajaran; SD Muhammadiyah 1

 

Abstract

Herbarium is a preservation that can be used as a learning medium as well as helping to introduce a type of plant. Through herbarium, the function of plants can also be known. By knowing the function of plants, it will be able to make someone or society care about the type of plant, which will eventually lead to conservation efforts of the plant. The results of observations by the PkM team found that several problems in SD Muhammadiyah 1 Pontianak, namely the learning process is still monotonous due to the lack of teaching aids or learning media. In addition, students' knowledge of herbarium, benefits and herbarium techniques is not yet available. This is the reason this PkM was carried out. The purpose of this PkM is to introduce students to herbarium and the potential of herbarium from plants around them, so that students can better protect the existence of plants around them, which will ultimately lead to conservation efforts. In addition, the purpose of this PkM activity is also to train students to recognize plant parts as a real learning process in Science subjects. In solving these problems, the methods used in this activity are lectures, discussions and practices. The results of the PkM show that there has been an increase in students' knowledge about herbariums as seen from the comparison of posttest and pretest results, namely from 20% to 95%. Students have also been able to make herbariums and know the benefits of several types of plants around them.

 

Keywords: conservation; ethnobotany; herbarium; learning media; SD Muhammadiyah 1


Keywords


conservation; ethnobotany; herbarium; learning media; SD Muhammadiyah 1

Full Text:

PDF

References


Alang, Hasria, Ester Ayu, and Siti Rahmadani. 2023. “Inventarisasi Tumbuhan Obat Tradisional Suku Toraja Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan.” Jurnal Farmasi Udayana 11(2):63–71. doi: 10.24843/JFU.2022.v11.i02.p05.

Alang, Hasria, Hastuti Hastuti, and Muh Sri Yusal. 2020. “Pemanfaatan Tumbuhan Sekitar Sebagai Obat Tradisional Bagi Warga Desa Puundoho Kab. Kolaka Utara.” Dedikasi PKM 2(1):75–81. doi: 10.32493/DEDIKASIPKM.V2I1.8495.

Alang, Hasria, Hastuti, and Muhammad Sri Yusal. 2021. “Inventarytation of Medicinal Plants as a Self-Medication by the Tolaki, Puundoho Village, North Kolaka Regency, Southeast Sulawesi.” Jurnal Ilmiah Farmasi 17(1):19–33. doi: 10.20885/JIF.VOL17.ISS1.ART3.

Alang, Hasria, Selvi Rosalia, and Andi D. R. Ainulia. 2022. “Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Upaya Swamedikasi Oleh Masyarakat Suku Mamasa Di Sulawesi Barat.” Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 14(1):77–87. doi: 10.25134/quagga.v14i1.4852.Received.

Ali, Mahrus, Maulinda Fajriatin, and Alya Firdausi. 2024. “ABDISUCI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Edukasi Pembuatan Herbarium Kering Sebagai Media Pembelajaran Biologi Berbasis Konservasi Lingkungan Di SMA Terpadu Insan Hanifa Sumber Payung Gading.” ABDISUCI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 02(01):1–7.

Hafida, Siti Hadiyati Nur, Arga Prasetya Ariandi, Laela Ismiyatin, Diyah Ayu Wulandari, Novita Reygina, Tri Setyaningsih, Lia Setyawati, Salma Lutfiani Sochiba, and Moh Afif Khoirul Amin. 2020. “Pengenalan Etnobotani Melalui Pembuatan Herbarium Kering Di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri.” Buletin KKN Pendidikan 2(2):79–83. doi: 10.23917/BKKNDIK.V2I2.10776.

Husain, Fadly, Harto Wicaksono, Asma Lutfi, Atika Wijaya, Kuncoro Bayu Prasetyo, and Baiq Farhatul Wahidah. 2019. “Berbagi Pengetahuan Tentang Herbarium: Kolaborasi Dosen, Guru Dan Siswa Di Ma Al-Asror Patemon Gunungpati.” Jurnal Puruhita 1(1):76–84. doi: 10.15294/puruhita.v1i1.28652.

Kurang, Rosalina Y. 2021. “Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dan Pemanfaatan Sisa Olahannya Sebagai Tepung Pembuat Kue.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 3(1):10–16. doi: 10.36312/SASAMBO.V3I1.360.

Labatjo, Rahma, and Agustian A. Maridji. 2023. “Pelatihan Dan Pendampingan Kader Posyandu Remaja.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 7(1):453–61. doi: 10.31764/JMM.V7I1.12230.

Muthmainnah, Nirwana, Nurfaidah, Andi Chadijah, Ainun Azkiya, and Adriani. 2024. “Pengenalan Etnobotani Dan Etnofarmasi Melalui Pembuatan Herbarium Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(1):59–67. doi: 10.31960/CARADDE.V7I1.2365.

Oktavia, Mirani, Aliffia Teja Prasasty, and Isroyati Isroyati. 2019. “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test.” Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi) 1(1):596–601. doi: 10.30998/SIMPONI.V1I1.439.

Oktaviani, Lulud, Styawati, Lathifah, YuniTri Lestari, and Yulian Khadaffi. 2021. “PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas Dan Kualitatif Di MAN 1 Pesawaran.” Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):98–103. doi: 10.59458/JWL.V1I2.20.

Samedi, Samedi. 2015. “Konservasi Keanekaragaman Hayati Di Indonesia:Rekomendasi Perbaikan Undang-Undang Konservasi.” Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia 2(2):1–28. doi: 10.38011/JHLI.V2I2.23.

Sebayang, F. Ari Anggraini, Rosalina Rolany Rambing, Yulianty Sanggelorang, and Ester Candrawati Musa. 2022. “Penyuluhan Literasi Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Siswa SMP Di Minahasa Utara.” Jurnal Pengabdian Integritas 8(2):583–91. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v8i2.4813.

Siregar, Rinco, Adventy Riang Bevy Gulo, and Lasma Rina Efrina Sinurat. 2020. “Edukasi Tentang Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat Di Pasar Sukaramai Kecamatan Medan Area Tahun 2020.” Jurnal Abdimas Mutiara 1(2):191–98.

Syamsuri, Hafsah, and Hasria Alang. 2023. “Nilai Ekonomi Tumbuhan (Kajian Etnomedisin) Oleh Masyarakat Adat Mandar Di Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar.” Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi 10(1):1–10. doi: 10.31849/bl.v10i1.12662.

Syamsuri, Rafika, and Hasria Alang. 2023. “Etnobiologi Dan Peluang Wirausaha Keragaman Olahan Pangan Tradisional Berbasis Kearifan Lokal (Etnofood) Masyarakat Wotu Luwu Timur.” Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton 9(2):326–36. doi: 10.35326/pencerah.v9i2.3072.

Syamsuri, S., H. Alang, M. S. Yusal, H. Hastuti, and A. Adriani. 2023. “Ethnoeconomics of Plants as Traditional Medicine (Ethnomedicine) and Food (Ethnoculinary) of the Bastem Indigenous Community in Luwu Regency.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(10):9033–40.

Yanti, Ratni, Laswadi, Febria Ningsih, Aan Putra, and Nelpita Ulandari. 2019. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 10(2):180–94. doi: 10.26877/AKS.V10I2.4399.

Yunus, Muh., Ahmad Hasyim, Surahman Nur, Hasria Alang, and Wiwik Wiji Astuti. 2022. “Menanamkan Jiwa Konservasi Dini Pada Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar Melalui Materi ‘Ayo Menyayangi Makhluk Ciptaan Allah.’” Jurnal SOLMA 11(3):557–63. doi: 10.22236/solma.v11i3.10387.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: