Revitalisasi perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat literasi membaca pada kelas rendah di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon

Ikariya Sugesti, Sheila Febriyanti Puteri, Siti Irma Wati, Siska Andriyani, Shokhifah Shokhifah, Sindy Novita Fitriani

Abstract


Abstrak

Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik. Namun, di SDN Sunyaragi 1 perpustakaan kurang dimanfaatkan secara optimal karena digunakan sebagai gudang selama renovasi gedung kelas. Kondisi ini menyebabkan rendahnya minat baca siswa terutama pada kelas rendah. Oleh karena itu, dilakukan program revitalisasi perpustakaan guna menciptakan lingkungan baca yang nyaman dan meningkatkan literasi membaca pada siswa kelas rendah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah untuk mengidentifikasi permasalahan. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan dilakukan penataan ulang perpustakaan, pengelompokan buku berdasarkan kategori, serta pelaksanaan program literasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengamati peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan serta wawancara dengan siswa dan guru terkait minat baca mereka setelah revitalisasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat literasi membaca siswa kelas rendah setelah dilaksanakannya revitalisasi perpustakaan.

 

Kata kunci: revitalisasi perpustakaan; literasi; minat baca siswa.

 

Abstract

The school library plays a crucial role in enhancing students' reading literacy. However, at SDN Sunyaragi 1, the library has not been optimally utilized, as it was repurposed as a storage room during classroom renovations. This condition has led to a decline in students' reading interest, particularly among lower-grade students. To address this issue, a library revitalization program was implemented to create a more conducive reading environment and improve reading literacy among young learners. The program followed three main stages: preparation, implementation, and evaluation. During the preparation stage, observations and interviews were conducted with school representatives to identify key issues. The implementation stage involved reorganizing the library, categorizing books, and conducting literacy activities. Finally, the evaluation stage assessed the program's impact by monitoring the increase in library visitors and conducting interviews with students and teachers regarding their reading interest after the revitalization. The results indicate a significant improvement in students' reading literacy interest following the implementation of the revitalization program.

 

Keywords: library revitalization; literacy; students' reading interest


Keywords


library revitalization; literacy; students' reading interest

Full Text:

PDF

References


Ade, D. R. (2020). Minat Baca Siswa Kelas Rendah Dalam Pelaksanaan Literasi Sekolah Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung, 1–11.

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Farikha, Y. Y., Agustanti, A., & Dini, L. (2024). PADA ANAK DINI EARLY LITERACY DEVELOPMENT STRATEGY THROUGH PLAY. 3(1).

Hasmiati. (2017). Persepsi Pemustaka Tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Belajar Siswa Smpn 1 Sinjai Borong.

Idewa, I., Ayu, A., Wahyuni, K., Putu, N., Astuti, E., & Adiwijaya, P. A. (2021). 58-Article Text-174-1-10-20210731. 2(1), 17–26.

kbbi.web.id. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Kbbi.Web.Id.

Kharizmi1, M. (2019). Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 8(5), 55.

Nazara, S. N. S., Zega, E. F., Waruwu, N., & Harefa, N. A. J. (2024). Analisis Pengaruh Kegiatan Literasi terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 32018–32023.

Putra, F. R. (2014). UU no. https://doi.org/DOI:10.13140/RG.2.2.24772.17286

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Safitri, V. A., Ristontowi, & Masri. (2024). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Minat Baca Siswa Sd Negeri 22 Kota Bengkulu. Communnity Development Journal, 5(3), 5508–5514.

Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak Untuk Budaya Literasi Bahasa. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1754

Suragangga, & Ngurah, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Tsubakita, T., Kawazoe, N., Ichikawa, M., Matsumoto, S., & Sugawara, M. (2020). Assessing Knowledge-Based and Perceived Health Literacy Among Japanese Adolescents: A Cross-Sectional Study. Global Pediatric Health, 7. https://doi.org/10.1177/2333794X20944311

Yunus Abidin. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1920




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.30608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: