Strategi ekspor produk obi belt ecoprint “Belaco” di pasar internasional melalui program MBKM Sekolah Ekspor Lacorre

Vika Dwi Kurmalasari, Sulaiman Sulaiman, Sujiono Sujiono

Abstract


Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan strategi ekspor produk obi belt ecoprint Belaco di pasar internasional melalui program MBKM Sekolah Ekspor Lacorre. Latar belakang kegiatan adalah penerurunan nilai ekspor Indonesia dan rendahnya partisipasi UMKM dalam kegiatan ekspor akibat keterbatasan pemahaman pasar internasional. Mitra sasaran adalah UMKM Belaco dengan total 8 peserta yang telibat, terdiri dari 1 pemilik UMKM dan 7 mahasiswa pendamping. Metode pelaksanaan melipuyi pelatihan dan pendampingan, fokus pada pengembangan strategi ekspor dan branding produk. Kegiatan dilaksanakan selama dua bulan di Desa Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo. Hasil kegiatan menunjukkan transformasi dalam kesiapan UMKM memasuki pasar internasional, meliputi pengembangan identitas merek dengan logo yang mencerminkan nilai keberlanjutan, perancangan kemasan ramah lingkungan (sliding box dan zipper lock), implementasi strategi digital branding melalui Instagram dan Tiktok, serta pemasaran produk melalui media sosial dan e-commerce. Program ini berhasil meningkatkan kesiapan UMKM dalam memasarkan produk obi belt ecoprint ke pasar internasional dengan pendekatan pemasaran terintegrasi yang menggabungkan strategi online dan offline.

 

Kata kunci: ekspor; obi belt; branding; pemasaran.

 

Abstract

This community service aims to develop an export strategy for Belaco ecoprint obi belt product in the international market through the Lacorre Export School MBKM program. The background to the activity is the decline in the value of Indonesian export and the low participantion of MSMEs in export activities due to limited understanding of International markets. The target partner is Belaco MSMEs with a total of 8 participants involved, consisting of 1 MSME owner and 7 accompanying students. Implementation methods include training and mentoring, focusing on developing export strategies and product branding. Activities were carried out for two months in Cangkol Village, Mojolaban, Sukoharjo. The results of the activities show a transformation in the readiness of MSMEs to enter the international market, including developing a brand identify with logo the reflects suistainable values, designing environmentally friendly packaging (sliding box and zipper locks), implementing digital branding strategies via Instagram and TikTok, as well as product marketing via social media and e-commerce. This program has succeeded in increasing the readiness of MSMEs in marketing ecoprint obi belt products to international markets with an integrated marketing approach that combines online and offline strategies.

 

Keywords: export; obi belt; branding; marketing


Keywords


export; obi belt; branding; marketing

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., Astuti, A., Kusumawati, A. C., Rohma, S. M., Aini, N., Oktaviani, D., Salim, M. I. N., Baiti, F. N., Wibowo, R., Nabila, A., & Tambunan, N. (2018). Pengaruh Ekspor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jumek:Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 113–126. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i1.31

Alamsyah, K. M., & Astuti, B. (2025). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Pengaruh Strategi Pameran dan Penjualan Pribadi terhadap Penjualan Jasa Trucking PT Amerta Jaya Usahatama. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 7(1), 6–11. https://doi.org/10.37034/infeb.v7i1.1086

Astra, Y. (2023). KEMAMPUAN EKSPOR UMKM INDONESIA RENDAH? Yayasan Dharma Bhakti Astra. https://ydba.astra.co.id/kemampuan-ekspor-umkm-indonesia-rendah

Azzuhairi, A. Z., Hariyanto, D., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Pengembangan Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Batik Sujo. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 191–196. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3087

Beacukai. (2022). Dukung UMKM Ekspor, Bea Cukai Lakukan Business Matching dengan Pembeli Asal Luar Negeri. Kementerian Keuangan Direktorat Jendral Bea Dan Cukai. https://www.beacukai.go.id/berita/dukung-umkm-ekspor-bea-cukai-lakukan-business-matching-dengan-pembeli-asal-luar-negeri.html

BPS. (2024). Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia September 2024. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/10/15/2343/ekspor-september-2024-mencapai-us-22-08-miliar--turun-5-80-persen-dibanding-agustus-2024-dan-impor-september-2024-senilai-us-18-82-miliar--turun-8-91-persen-dibanding-agustus-2024.html

Dinata, I. G. A. Y., & Arka, S. (2019). Analisis Permintaan Ekspor Pakaian Jadi Indonesia Ke Amerika Serikat Tahun 1991-2016. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 8(5), 1003–1032. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/43670

Faried, A. I., Sembiring, R., & Nasution, L. N. (2019). Enhance Of Halal Rule Development Model On Fashion Industry Indonesia. International Halal Conference & Exhibition 2019, 24(9), 26–32. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/ihce/article/view/630

Hidayatullah, M. F., Rafidah, N. N., Masruroh, N., & Mauliyah, N. I. (2023). STRATEGI DIGITAL MARKETING DENGAN INSTAGRAM DAN TIKTOK PADA BUTIK DOT.ID. HUMAN FALLAH : JURNAL EKONOMI BISNIS ISLAM, 10(1), 126–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/hf.v10i1.15161

Hikmah, K., & Faridatussalam, S. R. (2024). Pengembangan Ekspor Produk ( MyJewellery . Id ) di Pasar Internasional. Determinasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 1–8. https://jsr.ums.ac.id/determinasi/article/view/279

Kemendag. (2024). Total Ekspor Impor. Satu Data. https://satudata.kemendag.go.id/data-informasi/perdagangan-luar-negeri/ekspor-impor

Novita, D., Yuliani, N., Erzed, N., & Herwanto, A. (2022). EFFECTIVENESS OF DIGITAL STRATEGIC BRANDING FOR MSMEs USING TIKTOK. International Journal of Social Science, 2(2), 1267–1270. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i2.3052

Prakosa, F. A., & Permanasari, D. E. (2024). Penggunaan Instagram @umkla.official sebagai Sarana Branding dan Promosi Kampus. ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.61902/analogi.v2i1.937

Pramana, B. B. A., & Setyaningrum, I. (2023). Melalui Strategi Media Sosial Dengan Pendekatan Design Thinking. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), 10(3), 2079–2088. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/52796

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Rizki, M., & Mulyanti, D. (2023). Pentingnya Strategi Pemasaran Melalui Penguatan Citra Merek. Jurnal Ebismen, 2(1), 240–245. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i1.680

Robiani, B., Mukhlis, M., Sukanto, S., Hamira, H., & Apriani, D. (2024). Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan di Desa Sungsang 4. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 31–42. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.973

Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). Digital Branding Umkm Melalui Komunikasi Visual. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 129–134. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.15923

Shihab, H. M. R., & Prastiwi, L. F. (2024). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING EKSPOR PRODUK INDONESIA DI PASAR GLOBAL: STUDI KASUS PADA INDUSTRI KREATIF DAN FASHION. JIEB : JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS, 10(2), 167–173. https://doi.org/10.35972/jieb.v10i2.1521

Sholekah, A. P. F., & Arifiana, D. (2024). PEMBUATAN OBI MODIFIKASI BERBAHAN CRINOLINE DENGAN APLIKASI BORDIR. JURNAL PENELITIAN BUSANA DAN DESAIN, 4(2), 11–18. https://doi.org/10.24821/corak.v13i1.10081

Watiningsih, W. (2022). Teknik Ecoprint, Pengembangan Motif Kain Yang Ramah Lingkungan. Garina: Jurnal Pengembangan IPTeks Seni Kuliner, Tata Rias, Dan Desain Mode, 14(2), 01–15. https://doi.org/10.69697/garina.v14i2.10

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: