Outing class perpustakaan: strategi inovasi menumbuhkan minat baca dan sosial-emosional anak usia dini

Kusnadi Kusnadi, Sri Wahyuni, Mai Mudaiyahtul Latifah, Yanti Yanti, Aguslam Aguslam, Muhammad Ridwan

Abstract


Abstrak

Rendahnya minat baca pada anak usia dini dan pentingnya literasi di usia dini, yang berdampak pada perkembangan kognitif anak dan menuntut inovasi dalam metode pembelajaran agar lebih menarik dan efektif. Metode outing class ke perpustakaan merupakan metode pendekatan inovatif dalam pembelajaran anak usia dini untuk menumbuhkan minat baca dan membangun budaya literasi sejak dini. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan literasi, menumbuhkan minat baca dan sosial-emosional di usia dini. Mitra dalam kegiatan ini yaitu PAUD Yaa Bunayya Palaran, Samarinda, Kaltim dengan jumlah guru 6 orang dan murid 40 orang. Kegiatan ini terdiri dari latihan dan praktik senam pagi, sosialisasi pengenalan perpustakaan, metode praktik dongeng untuk siswa mendengarkan cerita, praktik membaca bersama, serta latihan dan praktik mewarnai. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan observasi dan survei. Hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan. Sedangkan hasil survei yang dicapai ketika kunjungan ke perpustakaan membuat anak-anak merasa senang adalah dinyatakan 15% anak-anak cukup senang dan 85% anak-anak merasakan sangat senang. Dan keinginan berkunjung ke perpustakaan lagi, ada 20% anak-anak cukup ingin kembali dan 80% anak-anak sangat ingin kembali berkunjung. Kesimpulannya, outing class ke perpustakaan terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran yang memperkuat fondasi literasi anak usia dini, sekaligus menciptakan suasana belajar yang inspiratif, interaktif, dan menyenangkan.

 

Kata kunci: keluar kelas; pengabdian; perpustakaan.

 

Abstract

The low interest in reading in early childhood and the importance of literacy at an early age, which has an impact on children's cognitive development and demands innovation in learning methods to be more interesting and effective. The outing class method to the library is an innovative approach method in early childhood learning to foster interest in reading and build a literacy culture from an early age. The purpose of this activity is to provide literacy, and foster reading and social-emotional interest at an early age. The partners in this activity are PAUD Yaa Bunayya Palaran, Samarinda, East Kalimantan with 6 teachers and 40 students. This activity consists of morning exercises and exercises, socialization of library introductions, fairy tale methods for students to listen to stories, reading practices together, and coloring exercises and practices. Evaluation of activities is carried out by observation and survey.  The results of the observation showed that the children were very enthusiastic and actively involved in every activity. Meanwhile, the results of the survey achieved when visiting the library made children feel happy were stated that 15% of children were quite happy and 85% of children felt very happy. And the desire to visit the library again, there are 20% of children who just want to go back and 80% of children really want to go back to visit. In conclusion, outing classes to the library have proven to be effective as a learning strategy that strengthens the foundation of early childhood literacy, while creating an inspiring, interactive, and fun learning atmosphere.

 

Keywords: outing class; devotion; library.


Keywords


outing class; devotion; library.

Full Text:

PDF

References


Az-Zahra, A. A. (2022). Pelayanan Perpustakaan Untuk Usia Dini dalam Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review. Libria: Library of UIN Ar-Raniry, 14(2), 197-214. http://dx.doi.org/10.22373/16811

Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1), 51–54. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1655

Dewi, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran outing class sebagai sarana pengembangan kemampuan interaksi sosial pada siswa autis di SLB Autis Laboratorium UM (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Hadianti, A. N., Atiasih, Mukaromah, L., Awang, Z. B., & Zety Yusmira. (2024). Literasi Anak Usia Dini: Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Taman Kanak-Kanak. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 289–299.

Hasibuan, R. H., Laura, A., Kartika, & Selviyana. (2024). Pojok Baca sebagai Langkah Awal Menuju Literasi yang Kuat bagi Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 7(2), 79–85.

Husna, A. F., Amril, L. O., & Maryani, N. (2024). Implementasi Outing Class sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial pada Siswa Autis Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10657–10675.

Husnawati, H., Italiana, F., Zariyatul, Z., & Budiarti, E. (2022). Upaya Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini dengan Perpustakaan Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1717–1720. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.628

Kaswati, T., Tanto, O. D., & Kusumastuti, N. (2024). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak melalui Kegiatan Outing Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(1), 27. https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19738.

Latifah, M. M., Samosir, F. T. ., & Sa’diyah, L. . (2024). Program layanan anak di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai upaya peningkatan literasi anak. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 201–213. https://doi.org/10.18592/pk.v12i2.14890.

Metro, PERPUSARSIP (2024), Outing Class TK LPM Hadimulyo: Mengenalkan Dunia Perpustakaan kepada Anak-anak. https://perpusarsip.metrokota.go.id/outing-class-tk-lpm-hadimulyo-mengenalkan-dunia-perpustakaan-kepada-anak-anak/). Online diakses tanggal 20 Maret 2025.

Misshuari, D. H., & Masruri, A. (2024). Layanan Referensi Sebagai Literasi Informasi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi , TIK Ilmeu, 8(01), 29–38. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/8737

Nurkhasyanah, A., Asriani, Apriloka, D. V., & Triani, L. (2024). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Buku Bercerita Bergambar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini: Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 235–246.

Primasari Wahyuni, F. J. (2023). Pendampingan Kegiatan Literasi Membaca Dan Penyediaan Pojok Baca Pada Anak-Anak Usia Dini Di Dusun Salam 1, Plumbon, Temon, Kulonprogo. In Indonesian Journal Of Community Service (Vol. 3, Issue 3, pp. 88–97).

Pujiati, A., & Yulia Wulansari, B. (2023). Implementing Character Values for Aud Through Activitieslocal Wisdom Outing Class At Edutourism Ndalem Kerto. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 181–188.

Rahman, M. M. (2015). Mengaktifkan Perpustakaan Sekolah. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaaan, 181–199.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Rinto, Latumeten, A. A. T., & Firdaus, W. A. (2024). Sosialisasi Upaya Peningkatan Minat Baca pada Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 020 Manggar Baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 75–79.

Sanggar Kegiatan Bersama Jogyakarta (2024), Tingkatkan Minat Baca Sejak Dini, PAUD Salma Outing Class ke Perpustakaan (2024). Grhatama Pustaka, https://skb.jogjakota.go.id/detail/index/36039. Online diakses tanggal 20 Maret 2025.

Siaranindonesia.com, KEBUMEN. (2024). Asyikknya Outing Class KB Al Fatih Jiwanalan ke Disarpus Kebumen https://www.siaranindonesia.com/baca/20241101/asyikknya-outing-class-kb-al-fatih-jiwanalan-ke-disarpus-kebumen.html. Online diakses tanggal 20 Maret 2025.

Subagja, R., & Ma’mun, A. (2024). Perbandingan Minat Belajar Antara Indoor Class dan Outing Class pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang P2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(2), 234–244.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: