Pelatihan pemanfaatan aplikasi assemblr edu untuk optimalisasi keterampilan multiliterasi di SDN Karangpakis 1 Jombang
Abstract
Abstrak
Integrasi teknologi dalam pembelajaran mempunyai peran yang signifikan terutama sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Aplikasi assemblr edu merupakan salah satu alternatif bagi guru untuk mewujudkan media pembelajaran yang lebih konkrit untuk siswa. SDN Karangpakis 1 Jombang belum pernah mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi untuk mendukung konstruksi media pembelajaran serta pemahaman guru tentang multiliterasi yang belum optimal. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi assemblr edu untuk mengembangkan keterampilan multiliterasi siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SDN Karangpakis 1 yang diikuti 12 guru. Tahapan pengabdian ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa sebanyak 66,67% yang memberikan respon sangat baik. Sebanyak 33,33% guru yang memberikan respon baik. Sedangkan tidak ada guru yang memberikan respon “Cukup Baik” dan “Kurang Baik”. Secara keseluruhan bahwa hasil yang diperoleh dari pilihan sangat baik dan baik sudah lebih dari 75%, maka kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat dikatakan sukses. Diharapkan kegiatan yang bersifat pemanfaatan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran dan keterampilan multiliterasi terus dilakukan oleh pihak sekolah yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi secara berkelanjutan.
Kata kunci: aplikasi assemblr edu; multiliterasi; pelatihan.
Abstract
Technology integration in learning has a significant role, especially as an interactive and interesting learning media. The assemblr edu application is an alternative for teachers to create more concrete learning media for students. SDN Karangpakis 1 Jombang has never received training in the use of technology to support the construction of learning media and teachers' understanding of multiliteracy is not optimal. The purpose of this service is to provide training in the use of the assemblr edu application to develop students' multiliteracy skills. This service activity was carried out at SDN Karangpakis 1 which was attended by 12 teachers. The stages of this service consisted of preparation, implementation and evaluation. The results of the service activity showed that 66.67% gave a very good response. As many as 33.33% of teachers gave a good response. While no teachers gave the response "Quite Good" and "Not Good". Overall, the results obtained from the very good and good choices were more than 75%, so the service activity carried out can be said to be successful. It is hoped that activities that utilize technology to support the learning process and multiliteracy skills will continue to be carried out by schools in collaboration with universities on an ongoing basis.
Keywords: assemblr edu app; multiliteracy; training.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chairudin, M., Nurhanifah, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Sofian Hadi, M. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi ASSEMBLR EDU Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://id.edu.assemblrworld.com/
Dores, O. J., & Setiawan, B. (2015). Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 4(1), 42–46.
Febrianti, S., Utama, H. B., Hayati, N., Setiawati, M., & Adi, N. (2025). Pelatihan pengelolaan media digital website untuk membangun branding sekolah pada SMA Bukit Barisan Kota Padang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9, 274–282.
Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240–248. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.51914
Harahap, H., Mardianto, M., & Padli Nasution, M. I. (2023). Analisis Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Membaca Siswa. Instructional Development Journal, 6(1), 13. https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.23276
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lukman, I. R., Muliaman, A., & Ananta, A. R. (2025). Implementasi kurikulum merdeka : inovasi pembelajaran digital berbasis videografi dalam MGMP kimia di Kabupaten Bireun. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9, 256–263.
Patta, R., & Muin, A. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212–217.
Purnawan, P. W., Fath, N., & Wahyuningtyas, A. (2025). Peningkatan kapasitas keahlian santri tentang edukasi dan sistem mitigasi bahaya kebakaran berbasis internet of things pada komunitas santri multimedia Pesantren Madinah Al Hijrah , Kota Pandeglang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9, 706–716.
Purwati, D. E. (2023). Media Ajar Matematika Berbasis STEM Menggunakan Augmented Reality Untuk Siswa SMK. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 241–250. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16080
Rahmasari, F., Muchtar, F. F., Imtinan, S. N., Kamilah, Z. N., & Wulan, N. S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Multiliterasi di Sekolah Dasar. EduCurio Journal, 1(2), 645–651.
Setiyani, Waluya, S. B., Sukestiyarno, Y. L., Cahyono, A. N., & Santi, D. P. D. (2024). Assessing numeracy skills on flat shapes and scaffolding forms in junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(1), 422–432. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i1.25186
Shelemo, A. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sumarni, S., Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Dalam Mengerjakan Soal Pisa Uncertainty and Data Content. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 725. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6426
Utomo, E. S. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Calon Guru Dalam Pengajuan Masalah Berorientasi Data Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3362. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6463
Utomo, E. S., Suryowati, E., & Farhan, A. (2024). PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI ( NUMERASI , BUDAYA , DIGITAL ) MELALUI MATH E-COMIC. Communnity Development Journal, 5(5), 8664–8673.
Yuliani, I., Prihaswati, M., & Mawarsari, V. D. (2023). Respon Penggunaan E-LKPD Berbasis STEM Kearifan Lokal Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Lingkaran Kelas VIII. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 119–130. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15915
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31316
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: