Pembelajaran metode pembedahan organ reproduksi hewan pada kalangan pelajar di Kabupaten Lamandau

Lailatun Nisfimawardah, Riskayanti Riskayanti, Firdaus Husein, Monasdir Monasdir, Erlina Astuti, Antonius Adhityawan Nugroho, Ika Fitriana Dyah Ratnasari

Abstract


Abstrak

Pembelajaran tingkat dasar di Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah terus dilakukan melalui pembelajaran teori dan praktik. Adanya mata pembelajaran eksakta menuntut para siswa untuk melakukan dan berkolaborasi secara kelompok. Tujuan pembelajaran ini untuk mempermudah para siswa untuk melakukan pembelajaran secara aktif dan interaktif. Salah satu pembelajaran tersebut ialah praktik pembedahan orga reproduksi pada hewan. Rata-rata siswa-siswi SDIT Mutiara Ilmu belum pernah melakukan pembedahan secara langsung pada hewan dan belum mengenal alat-alat pembedahan sesuai dengan metode dan kaidah yang benar. Pembedahan organ hewan yang dilakukan pada katak merupakan metode yang dirancang secara sederhana agar siswa dapat melakukan secara langsung. Pemahaman yang dilakukan yaitu dengan membedah dan mengidentifikasi organ reproduksi katak. Identifikasi tersebut dilakukan dengan membedakan antara anatomi organ katak jantan dan betina beserta fungsinya. Metode parsitipatif siswa dilakukan melalui presentasi menggunakan media brosur dan diskusi bersama siswa. Untuk melakukan tingkat uji pemahaman dilakukan post test di akhir kegiatan pembedahan sehingga diharapkan siswa dapat memahami dan mengaplikasikan secara langsung.

 

Kata kunci: metode pembedahan; organ reproduksi hewan; pembelajaran

 

Abstract

Write Basic learning in Lamandau Regency, Central Kalimantan continues to be carried out through theoretical and practical learning. The existence of exact subjects requires students to do and collaborate in groups. This will make it easier for students to learn actively and interactively. One of these learning activities is the practice of dissecting reproductive organs in animals. On average, students at SDIT Mutiara Ilmu have never performed direct surgery on animals and are not familiar with surgical tools according to the correct methods and rules. Dissection of animal organs carried out on frogs is a method that is designed simply so that students can do it directly. The understanding carried out is by dissecting and identifying the reproductive organs of frogs. This identification is carried out by distinguishing between the anatomy of male and female frog organs and their functions. The student participatory method is carried out through presentations using brochure media and discussions with students. To carry out the level of understanding test, a post-test is carried out at the end of the dissection activity so that students are expected to be able to understand and apply it directly.

 

Keywords: animal reproductive organs; learning; surgical methods


Keywords


animal reproductive organs; learning; surgical methods

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., & Apko, H. J. (2021). Kompetensi guru: metode praktik dalam pembelajaran IPA. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 55-70.

Hayati, A. (2020). Biologi reproduksi ikan. Airlangga University Press.

Imam, I. W. M. S. A., & Kusmiyati, K. (2016). Perbandingan antara Frekwensi Denyut Jantung Katak (Rana sp.) dengan Frekwensi Denyut Jantung Mencit (Mus musculus) Berdasarkan Ruang Jantung. Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 126-131.

Liana, D., & Kurniawan, N. A. (2018). Pengembangan virtual laboratory berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi untuk siswa SMA. Pedagogi Hayati, 2(2), 6-12.

Lusiana, E., Saleh, I., Sinaga, E., & Hafy, Z. (2023). Buku Referensi Model Hewan Coba Fibrosis Ginjal dengan Berbagai Teknik Induksi. Bening Media Publishing.

Merta, I. W., Bachtiar, I., Syachruddin, A. R., & Kusmiyati, K. (2019). Penyuluhan Tehnik Pembedahan Hewan Coba Untuk Mengamati Struktur dan Frekwensi Denyut Jantung Pada Siswa SMP Negeri 7 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1).

Negeri, Q. G. S., & Tengah, C. K. J. (2017). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Cawas, Klaten Melalui Metode CTL Pada Materi Konsep Organisasi Kehidupan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknis, 12(1).

Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 62-68).

Nurhadi, A. (2018). Manajemen laboratorium dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1-12.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54

Rahayu, S. E., Lukiati, B., Handayani, N., Tenzer, A., Prasetyo, T. I., Sulisetijono, S., & Rohman, F. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU MELALUI KETRAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU BIOLOGI. Prosiding Hapemas, 1(1), 448-454.

Septianti, F., Febriani, T. A. N., Hasriani, S., & Padandi, P. (2024). PERKEMBANGAN SISTEM REPRODUKSI HEWAN INVERTEBRATA DAN VERTEBRATA. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(6).

Susetyarini, R. E., & Nurrohman, E. (2023). Embriologi hewan dan manusia. UMMPress.

Utami, D. M., Pristihadi, D. N., & Maheshwari, H. (2024). Perbandingan Respons Gastric Emptying Time dan Motilitas Usus Tikus (Rattus norvegicus) Pediatri dan Dewasa dengan Pemberian Sari Jeruk. Buletin Anatomi dan Fisiologi, 10(1), 19-26

Yekti, A.P.A., T. Susilawati., M.N. Ihsan dan S. Wahjuningsih. 2017. Fisiologi Reproduksi Ternak (Dasar Manajemen Reproduksi). Malang: UB Press




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: