Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk menunjang jabatan fungsional bagi guru MTS Nurul Ishlah Gegelang Lombok Barat
Abstract
Abstrak
Pelatihan penulisan artikel ilmiah merupakan langkah penting dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru, khususnya untuk memenuhi persyaratan kenaikan jabatan fungsional. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di MTs Nurul Ishlah Gegelang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah yang layak publikasi. Pelatihan ini diikuti oleh para guru yang diharapkan dapat menghasilkan artikel yang sesuai dengan standar jurnal ilmiah dan memiliki kontribusi bagi bidang pendidikan. Metode pelatihan mencakup sesi teori tentang struktur artikel ilmiah, teknik penulisan yang efektif, serta proses publikasi. Selain itu, sesi praktik memberikan kesempatan bagi peserta untuk menulis dan mendapatkan umpan balik dari para fasilitator. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah, serta menumbuhkan motivasi untuk aktif berkontribusi dalam publikasi ilmiah. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat lebih mudah mencapai persyaratan jabatan fungsional dan terus berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan.
Kata kunci: pelatihan; artikel ilmiah; jabatan fungsional
Abstract
Scientific Article Writing Training is an important step in supporting the professional development of teachers, particularly in meeting the requirements for functional position promotion. This training was held at MTs Nurul Ishlah Gegelang with the aim of enhancing teachers’ understanding and skills in writing publishable scientific articles. The training was attended by teachers who were expected to produce articles that meet scientific journal standards and contribute to the field of education. The training methods included theoretical sessions on the structure of scientific articles, effective writing techniques, and the publication process. In addition, practical sessions provided participants with the opportunity to write and receive feedback from facilitators. The results of the training showed an improvement in teachers’ understanding and ability to write scientific articles, as well as increased motivation to actively contribute to scientific publications. Through this training, it is hoped that teachers will be better able to meet the requirements for functional promotion and continue to play a role in the advancement of science and education.
Keywords: trining; scientific article; academic rank
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biswas, S. S. (2023). Role of Chat GPT in Public Health. Annals of Biomedical Engineering, 51(5), 868–869. https://doi.org/10.1007/s10439-023-03172-7
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). 済無No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 2(1), 89.
Darmalaksana, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk keberhasilan mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–15.
Handayani, S., Utami, L. S., & Isnaini, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch. 4, 210–223.
Hendrastuty, N., An’Ars, M. G., Damayanti, D., Samsugi, S., Paradisiaca, M., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru Di Sman 4 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 301. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2212
Imam, G., Teguh, T., & Desi, K. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Islahudin, I., Isnaini, M., & Hidayat, S. (2022). Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Bagi Guru Sd 2 Aisyiyah Mataram. 6(September), 1468–1472.
Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). Pkm Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Mekanika Aplikatif Bagi Guru Ipa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 570. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3211
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA BELAJAR SISWA “Z GENERATION” UNTUK GURU-GURU SDN 1 LABUAPI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554
Mahayanti, N. W. S., & Utami, I. A. M. I. (2017). Pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru bahasa inggris SMP di Kecamatan Sukasada. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 145–155.
Sony Maulana, M., Nurmalasari, Rheno Widianto, S., Dewi Ayu Safitri, S., & Maulan, R. (2023). Pelatihan ChatGPT sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intellegence di Kelas. JOTIKA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 16–19.
Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31457
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: