Bincang buku dan focus group discussion untuk membangun perspektif positif terhadap matematika
Abstract
Abstrak
Kurangnya pemahaman dan minat terhadap matematika menjadi tantangan dalam dunia pendidikan, meskipun mayoritas peserta didik menyadari pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan Buku “Matematika Kelas 13: Finding Harmony in Chaos” yang menyajikan pengenalan konsep-konsep matematika melalui tulisan yang dikaitkan dengan fenomena pada kehidupan sehari-hari. Kegiatan bincang buku dengan menggunakan metode service learning dilakukan dengan melibatkan peserta didik, mahasiswa jurusan Matematika, mahasiswa PPG calon guru dan guru dari berbagai mata pelajaran termasuk Matematika. Kegiatan ini juga difasilitasi dengan Focus Group Discussion (FGD) sebagai ruang berbagi pandangan dan pengalaman peserta mengenai matematika. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual yang disajikan melalui berbagai tulisan dapat membantu peserta dalam memahami konsep matematika lebih dalam dan lebih bermakna. Hal ini juga menegaskan bahwa penyampaian konsep matematika melalui tulisan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dipadukan dengan diskusi kolaboratif mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih aplikatif dan bermakna.
Kata kunci: bincang buku; focus group discussion; matematika; service learning.
Abstract
The lack of understanding and interest in mathematics remains a challenge in the field of education, even though the majority of students acknowledge the importance of mathematics in everyday life. To address this issue, the book “Matematika Kelas 13: Finding Harmony in Chaos” was developed, offering the introduction of mathematical concepts through writings linked to real-life phenomena. A book discussion activity using the service learning method was conducted, involving students, mathematics majors, prospective teacher education (PPG) students, and teachers from various subjects, including mathematics. This activity was also facilitated through Focus Group Discussions (FGD) as a space for participants to share their views and experiences regarding mathematics. The results indicate that the contextual approach presented through various writings can help participants gain a deeper and more meaningful understanding of mathematical concepts. This also reinforces that delivering mathematical concepts through writings connected to everyday life, combined with collaborative discussions, can create a more applicable and meaningful learning experience.
Keywords: book discussion; focus group discussion; mathematics; service learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikasari, E. A., & Saefudin, A., A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 59-145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800
Asikin, J., & Ujaedah, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Tulip: Jurnal Tulisan Ilmiah Pendidikan, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.165
Deal, B., Hermanns, M., Marzilli, C., Fountain, R., Mohktari K., & McWhorter, R. R.(2020). A Faculty-Friendly Framework for Improving Teaching and Learning through Service-Learning. Journal of Service-Learning in Higher Education, 10(2020), 3-11. https://journals.sfu.ca/jslhe/index.php/
jslhe/article/view/178
Daulay, L. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 45–53. https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm
Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 118–135. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9144
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press
Hasibuan, L. H., Jannah, M., Putri, D. M., Annur, L., & Syahadah, N. (2024). Penguatan Literasi Matematika dan Sains melalui Pengelolaan Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 414–423. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.749
Maretha, A. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Maulana, H., & Hamidah, I. (2020). The Effect of Students' Attitudes toward Mathematics on Mathematical Problem-solving Abilities. International Journal of Instruction, 13(2), 431–446.
Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, & Fitriani. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika sebagai Alat Pikir dan Bahasa Ilmu). Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) berbasis Teori APOS pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8.
Parhusip, Y. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.
Rahma, R. L., & Wandini, R. R. (2024). Pengaruh Pembelajaran Matematika Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 271-280. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5141
Raspati, I. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi dalam Belajar pada Siswa Kelas XII SMAN 11 Kab. Tangerang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Sari, M., & Hasanudin, C. (2021). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 123–130.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 18(2), 22–37.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31576
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: