Menumbuhkan budaya literasi sedari dini dalam mendorong terwujudnya Indonesia Emas

Desri Yanto, Media Kusumawardani

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan literasi baca bagi siswa sekolah dasar bagi mitra Yayasan Tahfids Syafian Hafiyah. Tahapan kegiatan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pertama identifikasi masalah mitra, kedua kegiatan literasi baca siswa, ketiga solusi ats masalah yang dimiliki mitra. Metode pelaksanakaan menggunakan pendekatan ceramah dan diskusi interaktif. Materi yang diberika dibagi atas tiga bagian yaitu literasi membaca, memahami bacaan dan dukungan untuk tidak takut bertanya. Kegiatan pengabdian berlangsung dengan peserta anak didik sekolah dasar kelas 1-2 dengan jumlah 17 peserta pada Yayasan Tahfids Syafian Hafiyah. Hasil pengabdian mencakup pengukuran 1. Perasaan senang, 2. Fokus Perhatian, 3. Motivasi Membaca, 4. Usaha untuk membaca. Pemberian buku bergambar dan berwarna kepada siswa membuat perasaan siswa senang untuk membaca dan melihat gambar dan tulisan yang ada pada buku baca yang diberikan. Bagi siswa sd buku bergambar dan berwarna mampu menarik perhatian siswa untuk melihat dan membaca sehingga memberikan fokus utama siswa kepada buku bukan kepada hal yang lainnya, komunikasi dua arah dapat mengalihkan fokus siswa agar berfokus pada tujuannya yaitu untuk membaca. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan teknik diskusi dua arah disertai dengan buku berwarna dan bergambar yang menarik perhatian siswa, hal ini mampu membuat siswa tetap fokus selama kegiatan dan menghindari rasa bosan siswa yang akhirnya mampu meningkatkan minat baca siswa. Tata cara yang penyampaian yang menyenangkan dengan cara interaksi antar siswa dan guru disertai dengan teknik cara baca yang beragam mampu meningkatkan usaha siswa dalam meningkatkan minat baca.

 

Kata kunci: membaca; literasi; sekolah dasar.

 

Abstract

This community service activity was carried out to improve reading literacy for elementary school students for partners of the Syafian Hafiyah Tahfids Foundation. The activity stages were carried out in three stages: first, identifying partner problems, second, student reading literacy activities, and third, solutions to the problems faced by partners. The implementation method used an interactive lecture and discussion approach. The material provided was divided into three parts: reading literacy, reading comprehension, and support for not being afraid to ask questions. The community service activity took place with 17 elementary school students in grades 1-2 at the Syafian Hafiyah Tahfids Foundation. The results of the community service include measurements of 1. Feelings of pleasure, 2. Focus of attention, 3. Motivation to read, 4. Efforts to read. Providing students with colorful picture books makes students feel happy to read and see the pictures and writing in the reading books provided. For elementary school students, colorful picture books are able to attract students' attention to see and read so that they give students their main focus on the book rather than on other things, two-way communication can divert students' focus to focus on the goal of reading. The implementation of the community service is carried out using two-way discussion techniques accompanied by colorful and picture books that attract students' attention, this is able to keep students focused during the activity and avoid students' boredom which ultimately can increase students' interest in reading. The procedure that conveys fun through interaction between students and teachers accompanied by various reading techniques can increase students' efforts in increasing interest in reading.

 

Keywords: reading; literacy; elementary school.


Keywords


reading; literacy; elementary school.

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. C., Hiebert, E. H., Scott, J. A., & Wilkinson, I. A. G. (1985). Becoming a nation of readers: The report of the Commission on Reading. National Institute of Education.

Astuti, P., Mumpuni, A., Pranoto, B. A., Pendidikan Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). Pengaruh Minat Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan. In Jurnal KONTEKSTUAL (Vol. 01, Issue 1).

Astuti, D. W., & Nelisa, M. (2021). Tingkat Minat Baca Siswa SD Negeri 05 Kubang Putiah Melalui Penerapan Drop Everything and Read (DEAR). Jurnal Pustaka Budaya, 8(2), 74–82.

Bappenas. (2019). Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045.

Daro’aeni, F., Yamtinah, S., & Nurhayati, N. D. (2013). Pengaruh Kemampuan Memahami Bacaan, Kemampuan Memori, Dan Kemampuan Analisis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas Xi Semester Genap Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 139–145.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 108–114. http://journal.unnes.ac.id

Fadilla, N., & Pramudiani, P. (2023). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 304–313. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5430

Faistah, N., Bahri, A., Khaltsum, U., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Muhammadiyah Makassar, U. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan. In Compass: Journal of Education and Counselling (Vol. 1, Issue 1).

Grabe, W., & Stoller, F. L. (2019). Teaching and researching reading (3rd ed.). Routledge.

Harahap, S. M., & Lubis, M. S. (2023). Memahami Bacaan melalui Pendekatan Kontekstual (Inquiry). NEM.

Hermansah, I., & Kartini, A. (2021). Gerakan Literasi Sekolah Dengan Model MLM Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 83–93. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14534

Mardianah, S., Tanjung, R., & Arini, D. A. (2025). PERANAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS 5 DI SDN DAWUAN TENGAH I. In Jurnal Primary Edu (JPE) (Vol. 3, Issue 1).

Ririn, S. (2025). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Siswa. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1), 161–166. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1526

Risparyanto, A. (2020). Cara Cerdas Memahami Bacaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 21–34.

Salamun, Widyastuti, ana, Syawaluddin, Iwan. Rini Nafsiati Astuti, Simarmata, J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

www.kompasiana.com. (2023). Budaya Literasi Rendah Menjadikan Indonesia Sebagai Peringkat ke2 Terbawah Dunia Tentang Literasi. Https://Www.Kompasiana.Com/Bintangramadhan5/6569c1d8c57afb21aa32dc23/Budaya-Literasi-Rendah-Menjadikan-Indonesia-Sebagai-Peringkat-Ke-2-Terbawah-Dunia-Tentang-Literasi.

Yubi, Ta’rifudin, M., & Farhurohman, O. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran di SD/MI. Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(1), 18–26.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: