Peningkatan kompetensi drafter engineering bagi guru teknik pemesinan kapal SMK Negeri 10 Semarang menggunakan software autodesk inventor

Ari Dwi Nur Indriawan Musyono, Sudiyono Sudiyono, Angga Septiyanto

Abstract


Abstrak

Kemampuan menggambar teknik merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh guru teknik pemesinan, dimana saat ini aplikasi Autodesk Inventor merupakan salah satu aplikasi yang digunakan oleh dunia Pendidikan, bahkan dalam lomba kompetensi siswa. SMK Negeri 10 Semarang saat ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan aplikasi Autocad, hal ini menjadi perhatian dikarenakan perbedaan penggunaan aplikasi pada umumnya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru teknik mesin dalam menggambar menggunakan aplikasi  dengan memberikan pelatihan sehingga dapat mengikuti perkembangan saat ini. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan participatory learning and action dimana proses pembelajaran yang memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi Autodesk inventor yang kemudian praktik langsung menggunakannya, antara lain mulai dari persiapan, pelaksanaann, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan jumlah peserta sebanyak 16 guru produktif teknik pemesinan. Hasil dari pengabdian ini guru dapat meningkatkan kompetensi menggambar berbasis komputer dan juga guru dapat memberikan pembelajaran kepada siswa, yang mana berdasarkan hasil dari rata-rata pre test sebelum pelatihan dilaksanakan mendapatkan 60,83 sedangkan ketika dilakukan postest setelah pelaksanaan pelatihan didapatkan skor rata-rata nilai 81,88, hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta meningkat 25,7%.

 

Kata kunci: drafter enginering; CAD; inventor

 

Abstract

Technical drawing skills are essential for machining engineering teachers, as they are expected to master industry-relevant tools. Currently, Autodesk Inventor is one of the widely adopted applications in education and is even used in student competency competitions. However, SMK Negeri 10 Semarang still uses AutoCAD in its learning process, which raises concerns due to the differing standards in software usage. This community service program aims to enhance the competency of machining teachers in technical drawing using Autodesk Inventor by providing targeted training to help them adapt to current developments. The implementation method follows a Participatory Learning and Action approach, in which participants gain theoretical knowledge of Autodesk Inventor and then engage in practical applications—including preparation, execution, and evaluation phases. The program involved 16 productive machining teachers. The results show that teachers improved their computer-aided drawing skills and were better equipped to deliver related instruction to students. Based on the assessment, the average pre-test score was 60.83, while the post-test score increased to 81.88, indicating a 25.7% improvement in participants’ understanding

 

Keywords: drafter enginering; CAD; inventor


Keywords


drafter enginering; CAD; inventor

Full Text:

PDF

References


Autodesk Support. (2019, August 6). Structural Mechanics & Strength Analysis in Autodesk Inventor. Autodesk. https://www.autodesk.com/support/technical/article/caas/tsarticles/ts/6WsC3h6n97QTZnadbqLnEd.html

Dianta Yudi, J., & Putri, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1), 49–55. https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/41/31

Fajri Nur, S., & Khumaedi, M. (2016). Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks untuk Meningkatkan Kompetensi membuat Model 3D (Application Module To Improve The Learning Competence of Solidworks 3D Models Make). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1), 43. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPTM/article/view/9155/5973

Fitkirana, E., & Kurniawan Wahyu, D. (2023). Pengembangan Handout Inventor Drawing untuk Mendukung Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMKN 1 Kediri. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 66–73. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p66-73

Hidayat, T., Kabib, M., Winarso, R., Setiawan, H., Nugraha Setya, B., & Qomaruddin. (2018). Contact Stress Analysis of Motorcycle Transmission Gears Using Autodesk Inventor. The 1st International Conference on Computer Science and Engineering Technology Universitas Muria Kudus, 668–675. https://doi.org/10.4108/eai.24-10-2018.2280532

Nugroho, B. S., Djuniadi, & Rusilowati, A. (2016). Pengembangan Penilaian Kinerja Menggambar Teknik Potongan di SMK pada Kurikulum 2013. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/14874

Nurdini, L., Hendriyana, Shiddiqi Yasa’ Ash, Q., Putri, D., Nisrina, H., & Basri, M. H. (2024). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SMK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Keahlian Teknik Kimia Industri Di Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5, 195–202. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i1.380

Nurlaili Novreamerti, D. (2022). Studi Terhadap Media Pembelajaran Software Autocad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/43827

Rindiantika, Y., & Istiarsono, Z. (2023). Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Kemampuan Menulis Narasi: Kajian Teori. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 49–61. https://www.intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/133

Risma Atmajayani, D. (2018). 84 Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 184–189. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.174

Utomo, W. (2021). Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 65–72. https://almufi.com/index.php/AJMAEE/article/view/86

Venadia Nugra, N. (2021). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Mandau Kabupaten Bengkalis. https://repository.uin-suska.ac.id/44196/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf

Vitkienė, J., Puodžiukas, V., Zilioniene, D., Gintalas, V., & Gediminas, V. (2008). Analysis of the computer aided design models for roads. 7th International Conference on Environmental Engineering, ICEE 2008 - Conference Proceedings, 1235–1241. https://www.researchgate.net/publication/228461364_Analysis_of_the_computer_aided_design_models_for_roads#fullTextFileContent

Yudiono, H., Soesanto, & Haryono. (2018). An industrial competency-based curriculum alignment model. World Transactions on Engineering and Technology Education, 16, 18–22. https://www.researchgate.net/publication/324123118_An_industrial_competency-based_curriculum_alignment_model




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: