Pemberdayaan mahasiswa pgsd dalam literasi akademik melalui pelatihan teknik parafrase dan mengutip
Abstract
Abstrak
Kemampuan literasi akademik mahasiswa PGSD masih tergolong rendah, terutama dalam memahami teknik parafrase dan pengutipan yang benar, yang berdampak pada maraknya plagiarisme dalam penulisan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa PGSD dalam meningkatkan literasi akademik melalui pelatihan teknik parafrase dan mengutip. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pelatihan partisipatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan dokumentasi kegiatan berupa foto dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model analisis Miles dan Huberman. Pengabdian dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teknik parafrase dan kutipan, serta mendorong perubahan sikap positif terhadap etika akademik dan kesadaran akan bahaya plagiarisme. Kesimpulannya, pelatihan teknik parafrase dan pengutipan secara terstruktur dapat menjadi strategi relevan dalam membentuk mahasiswa yang kompeten dan berintegritas dalam penulisan ilmiah.
Kata kunci: kutipan; literasi akademik; parafrase; pelatihan mahasiswa; PGSD
Abstract
The academic literacy skills of PGSD (Primary School Teacher Education) students remain relatively low, particularly in understanding proper paraphrasing and citation techniques, which contributes to the prevalence of plagiarism in academic writing. This study aims to empower PGSD students to improve their academic literacy through training in paraphrasing and citation techniques. A qualitative descriptive method was employed, using a participatory training approach. Data collection techniques included participatory observation and documentation, such as photos and field notes. Data were analyzed through the stages of reduction, presentation, and conclusion drawing based on the Miles and Huberman analysis model. The research was conducted at a private university in Yogyakarta City. The results show that the training effectively enhanced students' understanding of paraphrasing and citation techniques and encouraged positive changes in attitudes toward academic ethics and awareness of the dangers of plagiarism. In conclusion, structured training in paraphrasing and citation can serve as a relevant strategy in shaping competent and ethically responsible students in academic writing.
Keywords: citation; academic literacy; paraphrasing; student training; PGSD
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, R., Fadhilla, M., & Abdillah, M. R. (2023). Peningkatan Penggunaan Teknik Parafrase untuk Menekan Plagiarisme dalam Menulis Publikasi Ilmiah. Diklat Review: Jurnal …, 7(1), 172–176. https://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/1342%0Ahttps://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/download/1342/877
Arroyo, *, Angraini, T., Angraini, A. T., Lubis, J., Iskandar, J. W., & Penulis, K. (2023). Pengaruh Teknik Parafrase Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Binjai. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(3), 129–144. https://doi.org/10.61132/bima.v1i3.84
Harahap, D. M., Subhan, F., Ramadhani, H. P., & Dkk. (2024). Analisis Perilaku Plagiarisme pada Lingkungan Akademis Mahasiswa serta Implikasinya terhadap Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila and Civics Education Journal, 3(1), 1–9.
Indraswati, D., & Widodo, A. (2023). Keefektifan Pelatihan Teknik Parafrase dan Teknik Sitasi Menggunakan Mendeley Bagi Mahasiswa PGSD untuk Menghindari Plagiasi. Journal on Education, 5(4), 16513–16522. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2817
Irwan, I., Suarti, S., Sumantri, S., Agus, J., & Muammar, M. (2022). Pelatihan Pengutipan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berbasis Mendeley. Jurnal Abdidas, 3(3), 479–487. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.601
Istiningsih, S., Dewi, N. K., Astria, F. P., Erfan, M., & Hasnawati, H. (2022). Workshop Teknik Penulisan Skripsi Berbasis Office 365 Untuk Percepatan Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 191–198. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.204
Khairani, D. A., & Zainarti, Z. (2025). Tinjauan Mendalam Tentang Plagiarisme : Pelanggaran Etika dalam Dunia Akademik dan Profesional.
Lubis, S. A., & Sa, H. (2024). Penerapan Kebijakan Etika Akademik dalam Pencegahan Plagiarisme di Lingkungan Akademik. 8, 36834–36841.
Mastiah, & Tirsa, A. (2025). Pelatihan Teknik Parafrase untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Ilmiah Mahasiswa STKIP Melawi. Jurnal Dedikasi, 5(1).
Mawarrani, R. E., Ekawati, D., & Yuliawati, S. (2023). Penguatan Literasi Akademik Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Kota Sukabumi. Dharmakarya, 11(4), 340. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.33489
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A methods Sourcebook.
Nasywa, A. (2024). Implementasi Kebijakan Anti Plagiarisme dan Etika Penulisan Ilmiah di Lingkungan Akademik Indonesia. 1(July), 231–234.
Nasywa Nur Zhafira, Fitri Nabila, Siti Nurul Latifah, Lailatul Husna Br. Regar, Nabilla Azzahra, & Rizki Akmalia. (2024). Upaya Menegakkan Budaya Etika Akademik Dalam Perguruan Tinggi. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 163–174. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i3.198
Nurhasanah, & Ardoni. (2024). Sikap Mahasiswa Terhadap Plagiarisme Di Institut Teknologi Padang Nurhasanah Nurhasanah sesuatu . Begitu pula dengan mahasiswa dituntut cepat dalam menyelesaikan tugas dan dimudahkan dalam melakukan aktivitasnya . Perkembangan ini hampir membuat semua ora. Journal of Student Research (JSR), 2(2), 128–139.
Palandeng, R. A., Setiabudhi, D. O., & Maramis, M. R. (2023). Aspek Hukum Plagiarisme sebagai Pelanggaran Integritas Akademik di Perguruan Tinggi. Jurna; Fakultas Hukum, 12(1), 1–11.
Pasaribu, C., Nurmaliza, M. R., Azizah, N. N., & Dkk. (2024). Menghadapi Plagiarisme: Menjaga Kejujuran Akademik dalm Penelitian Kesehatan di Era Digital. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 13079–13087.
Qori’ah, M., Andriyanto, D., & Viana, R. O. (2024). Workshop Dan Pendampingan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sdn 5 Parijatah Kulon. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 150–158. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i1.70
Rahel Valencia Tampubolon, Nurfadhilah Nasution, Deepa Yanti, Indah Aqilah Putri Lubis, Juwita Inggrid Sinaga, & Wisman Hadi. (2024). Analisis Kesalahan Penulisan Kutipan Pada Makalah Mahasiswi PGSD Universitas Negeri Medan. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(3), 52–63. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.678
Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, J., & Irwansyah, R. (2019). IbM-PELATIHAN TEKNIK PENULISAN PARAFRASE UNTUK SKRIPSI MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PLAGIARISME. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(2), 162. https://doi.org/10.31961/impact.v1i2.645
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B (2nd; Cet. 1 ed.). Alfabeta.
Suherman, A. (2023). Penerapan Teknik Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel (Penelitian Tindakan Kelas). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5735–5744. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2566
Sukowati, I., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Literatur Review: Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah: Memahami, Mencegah dan Menangani. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1473–1477. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3844
Sukoyo, J., Kurniati, E., Utami, E. S., & Insani, N. H. (2022). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Bahasa Jawa Sma Dan Smk Di Kota Semarang. Dharmakarya, 11(1), 29. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.34850
Ulumi, B.-, & Azka, M. M. (2023). Praktik Literasi Digital dalam Membangun Literasi Akademik: Studi di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pustakaloka, 15(1), 49–84. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v15i1.5841
Utami, V., & Yusrizal, M. (2024). Tingkat Literasi Informasi dan Literasi Akademik Pada Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023. AL Maktabah, 9(1), 58. https://doi.org/10.29300/mkt.v9i1.3738
Wasehudin, W., Fatchurroman, N., Anshori, I., & Murniasih, E. (2022). Efektifitas Workshop Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAI di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 192–198. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4795
Widodo, A., Affandi, L. H., Indraswati, D., Umar, U., & Hidayati, V. R. (2022). Pelatihan Teknik Parafrase Untuk Mengurangi Tingkat Plagiasi Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1888. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10977
Yusuf, A., & Wulida, S. N. (2024). Workshop Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2(2), 80. https://doi.org/10.26623/jpk.v2i2.9510
Zurnetti, A., & Efendi, R. (2018). Plagiat Sebagai Bentuk Pelanggaran Akademik Dalam Paradigma Teori Property. Normative: Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2), 1–16. https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/normatif/article/view/413
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32082
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: