Sosialisasi mengenal diri sendiri melalui sikap dan perilaku moral di SDN Roja 1

Maria Finsensia Ansel, Siti Arafat, Agnes Remi Rando

Abstract


Abstrak

SDN Roja 1 merupakan lembaga pendidikan formal yang menyediakan layanan pendidikan dasar bagi peserta didik sekolah dasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik SDN Roja 1 tentang pentingnya mengenal diri sendiri melalui penguatan sikap dan perilaku moral sejak dini. Mengenal diri sendiri merupakan langkah awal dalam membentuk sikap positif dan meningkatkan kesadaran diri yang berdampak pada perilaku sehari-hari. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, permainan edukatif, kuis dan refleksi diri. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa kelas IV dan V. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengidentifikasi karakter pribadi melalui pengenalan diri dan pemahaman nilai-nilai moral seperti kejujuran, empati, tanggung jawab dan toleransi. Peserta didik menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif selama kegiatan berlangsung. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi dasar dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai moral.

 

Kata kunci: mengenal diri sendiri; perilaku moral; sekolah dasar.

 

Abstract

SDN Roja 1 is a formal educational institution that provides basic education services for elementary school students. This community service activity aims to provide an understanding to students of SDN Roja 1 about the importance of knowing themselves through strengthening moral attitudes and behavior from an early age. Knowing yourself is the first step in forming a positive attitude and increasing self-awareness which has an impact on daily behavior. Socialization activities are carried out through lecture methods, questions and answers, educational games, quizzes and self-reflection. The main target of this activity is students in grades IV and V. The results of the activity show that students are able to identify personal character through self-recognition and understanding of moral values such as honesty, empathy, responsibility and tolerance. Students showed enthusiasm and active involvement during the activity. It is hoped that this activity can be the basis for forming student attitudes and behavior that are in accordance with moral values.

 

Keywords: knowing yourself; moral behavior; elementary school.


Keywords


knowing yourself; moral behavior; elementary school.

Full Text:

PDF

References


Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Penerbit NEM.

Budianto, D. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Edmawati, M. D., Ramadhan, M. A., Barlaman, M. R. B., Helmiah, A. S., Afifah, N., Miastari, Y., ... & Fatimah, M. N. 2024. Mengenal Diri Sendiri: Psikologi Untuk Kehidupan Lebih Baik. Nas Media Pustaka.

Ghifari, A., Aslamiyah, S., & Gustiani, Y. (2024). Metode Pendidikan Bermain Peran Dalam Pembelajaran Moral Dan Karakter Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 857-863.

Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran sosial emosional sebagai dasar pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Teknodik, 227-240.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69.

Habsoh, S., Nasrudin, E., & Rosadi, A. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak Di Raudhatul Athfal. Jurnal El-Audi, 2(1), 20-36.

Marpaung, S. F., Lestari, A. R. A. E., Monalisa, F. N., Hasibuan, L. H., & Fadla, S. L. (2023). Implementasi Pendidikan Etika Dan Prilaku Moral Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Pab 18 Sampali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 4311-4324.

Nainggolan, M. F., Pangaribuan, Y. R., & Dabukke, B. E. (2022). Sosialisasi Kecerdasan Emosional Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 066049 Medan Helvetia. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 582-587.

Putra, A. W., Rahmawati, K., Maulana, A., Munir, A. A., & Pratiwi, K. D. (2020). Membangun moral dan etika siswa sekolah dasar. Bayfa Cendekia Indonesia.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156-171.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: