Pembangunan smart hydroponic greenhouse sebagai media pembelajaran berkebun bagi siswa SDIT Al Munawwaroh Balikpapan
Abstract
Abstrak
Pembelajaran kontekstual yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan karakter masih jarang diterapkan secara optimal di tingkat sekolah dasar. SDIT Al-Munawwaroh Balikpapan sebagai mitra kegiatan memiliki semangat kuat dalam mendukung inovasi pembelajaran lingkungan, namun belum memiliki sarana praktik pertanian yang memadai. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun Smart Hydroponic Greenhouse sebagai media pembelajaran aktif berbasis teknologi hidroponik yang ramah lingkungan dan mudah dioperasikan oleh siswa. Mitra kegiatan adalah SDIT Al-Munawwaroh yang memiliki 93 siswa dan 9 guru, dengan lokasi di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: survei dan perencanaan, pembangunan greenhouse dan instalasi sistem hidroponik metode NFT, serta pelatihan dan pendampingan siswa dalam praktik bercocok tanam, pemantauan pertumbuhan tanaman, dan panen. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat keberhasilan tumbuh tanaman di atas 90%, keterlibatan aktif seluruh siswa dalam praktik berkebun, serta integrasi kegiatan dengan pembelajaran di kelas. Guru menyatakan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap sains dan lingkungan. Greenhouse ini juga menjadi sarana pembentukan karakter, khususnya tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian lingkungan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa teknologi pertanian sederhana dapat diadopsi sebagai media pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan di sekolah dasar, serta dapat direplikasi pada lembaga pendidikan serupa.
Kata kunci: berkebun; greenhouse pintar; hidroponik; metode NFT; pendidikan dasar.
Abstract
Contextual learning that integrates science, technology, and character education is still rarely implemented effectively at the elementary school level. SDIT Al-Munawwaroh Balikpapan, as the partner institution, has shown strong enthusiasm for promoting environmental-based learning, yet lacks adequate facilities for practical agricultural education. This community service program aimed to establish a Smart Hydroponic Greenhouse as an active learning medium based on environmentally friendly hydroponic technology that is easy to operate by students. The partner, SDIT Al-Munawwaroh, consists of 93 students and 9 teachers and is located in Karang Joang Subdistrict, North Balikpapan District, East Kalimantan. The program was implemented in three stages: initial survey and planning, construction of the greenhouse and installation of the NFT-based hydroponic system, followed by training and mentoring of students and teachers in plant cultivation, growth monitoring, and harvesting. The results showed a plant growth success rate above 90%, active student involvement in gardening practices, and successful integration with classroom learning. Teachers observed increased student interest and understanding in science and environmental topics. The greenhouse also served as a character development platform, particularly in nurturing responsibility, cooperation, and environmental awareness. This program demonstrates that simple agricultural technology can be effectively adopted as a sustainable and replicable learning tool for primary education institutions.
Keywords: gardening; smart greenhouse; hydroponics; NFT Method; primary education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., Putri, K. A. J. A., & Firjanah, L. (2024). Pentingnya Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Guna Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.529
Azizah, W. A., Kiptiyah, S. M., Arahman, D. P. (2024). Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter Siswa SD. Reativ Publisher.
Fauzi, R., & Nugraha, A. (2022). E-Modul Berbasis Education for Sustainable Development Topik Hidroponik untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.54034
Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4371
Harsono, Y. (2020). Sukses Hidroponik untuk Pemula. LAKSANA.
Iswandayani, H., Ningsih, S. W., Winata, B. P., Aqidah, M. F. A., Hanif, D. A., & Muhtarom, T. (2025). Peran Sekolah Alam dalam Pengembangan Karakter Anak di Jogja Green School. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 15–22. https://doi.org/10.31764/elementary.v8i1.28650
Kemendikbudristek. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Khoerunisa, S. (2024). Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik dalam Penerapan Eco Literacy untuk Mendukung ESD di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i1.69282
Lestari, N. W. R., Sadia, I. W., Suma, K. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), Article 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1302
Musyarofah, M., Pawara, M. U., Sholihah, N., & Prayitno, B. (2023). Pendampingan Aktivitas Pembelajaran Tema Berkebun dengan Teknik Hidroponik untuk Siswa TK Harapan Bunda Balikpapan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2279–2287. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19236
Nawawi, I. N. (2021). Budidaya & Bisnis Hidroponik Skala Rumahan & Pertanian. Ilmu Cemerlang Group.
Nurlailah, S., & Hamdu, G. (2021). Implementasi Assessment Sikap Berpikir Kritis Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), Article 3.
Patintingan, M. L., Ruruk, S., & Pare, S. (2024). Pengembangan Kebun Sekolah sebagai Sarana Edukasi Lingkungan dan Kewirausahaan Pertanian di Sekolah Dasar Melalui Program Ekstra Kurikuler. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i3.3759
Pratami, D. A., & Umami, M. (2018). Implementasi Garden-Based Learning (GBL) sebagai Upaya Menumbuhkan Peduli Lingkungan dan Ketrampilan Konservasi pada Siswa. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), Article 1.
Setyawan, A. (2024). Berkebun Kreatif: Wirausaha Hijau di Sekolah. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Shoodiqin, D. M., Musyarofah, M., Wardani, R. C., Nashrullah, M. A., Febrianto, I., Purba, L. B., Ramadhan, M. B. S., Silalahi, H. R., & Bela, J. (2024). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini dengan Kegiatan Berkebun Tanaman Obat Keluarga dan Bercerita Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik di Wilayah RT.18 KM 12 Dalam Kelurahan Karang Joang Balikpapan. DEDIKASI PKM, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.39468
Sumarni, N., Astuti, R. W., & Mumpuni, S. D. (2020). Keterampilan Hidroponik untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.245
Suryani, E. (2022). Program Hidroponik Sebagai Sarana Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 139–146. https://doi.org/10.24176/re.v12i2.6025
Taliak, J., Farisi, T. A., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32194
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: