Pelatihan dasar SPSS untuk menunjang penelitian tindakan kelas bagi guru MA Kalifa Nusantara Denpasar Bali

Windy Lestari, Alfian Anhar, Adika Setia Brata, Suci Rahmawati, Erlinda Mandasari

Abstract


Abstrak

Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam membangun peradaban bangsa demi mewujudkan Indonesia Emas, seperti tertuang dalam 17 target Pembangunan Berkelanjutan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Agar PTK dapat dilakukan secara objektif, efektif, dan terukur, diperlukan pemahaman yang baik terhadap konsep statistika dan alat bantu pengolah data, seperti SPSS. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru MA Kalifa Nusantara Denpasar Bali tentang statistika dan meningkatkan keterampilan dalam menggunakan software SPSS untuk menunjang pelaksanaan PTK. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan pelatihan yang dilakukan secara luring atau tatap muka yang terdiri dari penyampaian materi berupa ceramah lisan dan praktik pengolahan data dengan software SPSS, dan dievaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dapat meningkatkan kemampuan mengolah data dengan statistika deskriptif menggunakan software SPSS dibuktikan dengan pengujian hipotesis rata-rata dua sample berpasangan dengan p-value sebesar 0,025 yang lebih kecil dari taraf signifikan (α) 5%.

 

Kata kunci: pelatihan; SPSS; penelitian tindakan kelas; statistika; pendidikan.

 

Abstract

Education has an important role in building the nation's civilization in order to realize the Golden Indonesia, as stated in the 17 Sustainable Development Goals. In an effort to improve the quality of education and professionalism of teachers, one approach that can be taken is through Classroom Action Research (CAR). To ensure that CAR is conducter objectively, effectively, and measurably, a good understanding of statistical concepts and processing tools such as SPSS is required. This community service activity aims to improve the understanding and knowledge of teachers at  MA Kalifa Nusantara Denpasar Bali, regarding statistics and to improve their skills in using SPSS to support the implementation of CAR. The program was carried out through offline or face-to-face training, consisting of lectures and hands-on data analysis using SPSS, and evaluated through pretest and posttest assessments. The results showed that the training significantly improved teachers’ ability to process data using descriptive statistics with SPSS, as evidenced by a paired sample t test that produced a p-value of 0.025, which is smaller than the 5% significance level (α).

 

Keywords: training; SPSS; classroom action research; statistics; education.


Keywords


training; SPSS; classroom action research; statistics; education.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., & Nisa, F. (2023). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 23–30.

BSNP. (2022). Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2022. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kemdikbudristek. (2021). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemdikbudristek. (2023). Kurikulum Merdeka: Asesmen dan Literasi Data. Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Mahfud, M. N. (2019). KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA.

Mukarromah, L., Wahyuni, S., & Anisah, N. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menganalisis Data PTK Melalui Pelatihan Statistik Berbasis Excel dan Minitab. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 55–62.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.

Prastuti, M., Pingit Wulandari, S., Aridinanti, L., Mumpuni Retnaningsih, S., Wibowo, W., Dewi Ratih, I., & Wildani, Z. (2023). Pelatihan Metode Statistika Untuk Ptk Bagi Guru-Guru SMP Negeri di Lingkungan Kabupaten Gresik. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 93–98. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.252

Putra, A. R., & Rahmat, H. (2021). Penguatan Peran Guru Sebagai Peneliti dalam Implementasi PTK. Jurnal Pendidikan Profesi, 8(2), 110–118.

Rohana, Surmilasari, N., Fitriasari, P., Sari, N., & Jayanti. (2019). Pelatihan Penggunaan SPSS Bagi Guru Untuk Penelitian Kuantitatif. J-ABDIPAMAS, 3(1), 89–94.

Rusdiana, D., Hartati, S., & Rahayu, M. (2023). Literasi Statistik dalam PTK bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Statistik Terapan, 5(2), 98–107.

Saputra, I., & Yuliani, N. (2022). Efektivitas Pelatihan Online dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 15(1), 45–53.

Satriani. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).

Soecahyadi. (2019). Analisa Statistik dengan Aplikasi SPSS. Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid.

Syukri, M., Meidianti, W. Z., Chailana, A., & Rambe, A. (2022). Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Leadership) di Organisasi KSJ (Komunikasi Sedekah Jumat). Al-Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan.

Walpole, R. E. (2016). Probability & Statistic for Engineer & Statistics. Pearson Education Limited.

Wulandari, F., Hartoko, S., & Hergastyasmawan, A. (2024). PELATIHAN PUBLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SDN 007 LOA JANAN ILIR KOTA SAMARINDA. ETAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 46–50.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: