Pendampingan pembuatan alat peraga inovatif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi geometri di SLB–C Pancaran Kasih Kota Cirebon
Abstract
Abstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pembuatan alat peraga inovatif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi geometri di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon. Kegiatan pendampingan dilakukan di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pada kegiatan ini melibatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Tadris Matematika UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, serta siswa dan guru-guru matematika di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan penelitian Participatory Action Research (PAR) yang mencakup pemberian pengetahuan tentang macam-macam alat peraga inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi geometri, bimbingan dalam merancang dan membuat alat peraga inovatif, serta pendampingan implementasi penggunaan alat peraga di kelas, dan evaluasi kegiatan. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pendampingan pembuatan alat peraga inovatif efektif dalam meningkatkan kemampuan guru matematika di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga inovatif pada materi geometri di kelas. Hasil pendampingan juga menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi geometri di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon meningkat. Aspek kepuasan siswa terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran geometri menunjukkan rata-rata sebesar 76% berada dalam kategori "Puas". Aspek kepuasan siswa terhadap kualitas alat peraga geometri menunjukkan rata-rata sebesar 78% berada dalam kategori "Baik". Aspek kepuasan guru terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran geometri menunjukkan rata-rata sebesar 76% berada dalam kategori "Puas".
Kata kunci: alat peraga; pemahaman matematis; geometri.
Abstract
This activity aims to provide guidance on the creation of innovative teaching aids to improve students' mathematical understanding of geometry at SLB-C Pancaran Kasih in Cirebon City. The guidance activity was conducted at SLB-C Pancaran Kasih in Cirebon City during the second semester of the 2023/2024 academic year. This activity involves collaboration between lecturers and students of the Mathematics Education program at UIN Syekh Nurjati Cirebon, as well as students and mathematics teachers at SLB-C Pancaran Kasih in Cirebon City. The method used in this activity was the Participatory Action Research (PAR) approach, which included providing knowledge about various innovative teaching aids that can be used to enhance students' mathematical understanding of geometry, guidance in designing and creating innovative teaching aids, mentoring the implementation of teaching aids in the classroom, and evaluating the activity. The results of the mentoring showed that the mentoring in creating innovative teaching aids was effective in improving the ability of mathematics teachers at SLB-C Pancaran Kasih in Cirebon City to design, create, and use innovative teaching aids for geometry lessons in the classroom. The results also indicated that students' mathematical understanding of geometry at SLB-C Pancaran Kasih in Cirebon City improved. The aspect of student satisfaction with the use of teaching aids in geometry learning showed an average of 76% in the “Satisfied” category. The aspect of student satisfaction with the quality of geometry teaching aids showed an average of 78% in the ‘Good’ category. The aspect of teacher satisfaction with the use of teaching aids in geometry learning showed an average of 76% in the “Satisfied” category.
Keywords: teaching aids; mathematical understanding; geometry.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. (2020). Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan RME untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, dan Karakter Siswa SD. 4.
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Haryono, E., Murtaqi, M. R. A., Izzah, A. N. L., & Septian, D. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk Perguruan Tinggi. Vol 5 No (2). https://www.ejournal.smaamc.sch.id/index.php/belajar
Hayati, R., Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2023). Pendampingan Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5242. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17107
Izzati, N. (2024). Influence of Spatial Ability on Students’ Mathematical Representation Ability in the Spatial Geometry Course. Journal of General Education and Humanities, 3(4), 433–442. https://doi.org/10.58421/gehu.v3i4.332
Izzati, N., Widyastuti, W., & Nurhadiansyah, N. (2024). Improving Students’ Mathematical Spatial Ability in the Spatial Geometry Course Using GeoGebra. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 3(3), 389–398. https://doi.org/10.58421/misro.v3i3.331
Kumalasani, M. P. (2019). Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-Modul Bagi Guru Sekolah Dasar Kuncahyono. Volume 6 Nomor 2, 128–139.
Lamin, Neni Mariana, Hendratno, & Nurul Istiq’faroh. (2024). Profil Kemampuan Matematika pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Sekolah Dasar di Era Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 334–346. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19913
Nurhaswinda, N., Pebriana, P. H., & Kusuma, Y. Y. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Jarimatika Materi Perkalian di Sekolah Dasar Pahlawan. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i1.17
Pasaribu, J., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan KemampuanSpasial Siswa SMP. Vol. 13 No. 2(Vol. 13 No. 2 (2022): JURNAL GENTA MULIA), 20–46. https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.102
Rahim, A., Angreani, A. V., Dipalaya, T., Swandi, A., & Putri, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Jeneponto. 9.
Rosalina, T. A., & Apsari, N. C. (2020). DUKUNGAN SOSIAL BAGI ORANG DENGAN DISABILITAS NETRA DALAM PENCAPAIAN PRESTASI DI SEKOLAH LUAR BIASA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 414. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28486
Siti Dinarti. (2024). PENGARUH ALAT PERAGA BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.51836/jedma.v5i1.763
Syahza, A. (2019). Dampak nyata pengabdian perguruan tinggi dalam membangun negeri. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 1–7. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.1-7
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32359
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: