Edukasi green product berupa detergen cair ramah lingkungan berbasis lerak dan metil etil sulfonat di SMK Swadaya Global School Jakarta Timur
Abstract
Abstrak
SMK Swadaya Global School adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi di Jakarta Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa mengenai pembuatan detergen cair ramah lingkungan berbasis lerak dan metil etil sulfonat (MES). Detergen berbasis lerak, yang mengandung saponin, merupakan alternatif alami untuk menggantikan detergen kimiawi yang berbahaya bagi lingkungan. MES sebagai surfaktan alami dipilih karena lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan surfaktan sintetis. Pengabdian ini dilaksanakan melalui penyampaian materi yang mengajarkan siswa cara membuat detergen cair dengan bahan alami tersebut, serta memberikan pemahaman tentang manfaat penggunaan produk berbasis alam untuk menjaga kelestarian lingkungan. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengukuran tingkat pengetahuan dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Siswa menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif selama kegiatan berlangsung. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang bermakna (p<0,05) antara skor rata-rata sebelum (20,00) dan setelah (93,60) kegiatan. Selain itu, observasi langsung juga mengindikasikan adanya peningkatan keterlibatan dan pemahaman yang lebih mendalam di kalangan peserta. Diharapkan, program ini dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya beralih ke produk ramah lingkungan dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan.
Kata kunci: : edukasi; deterjen cair; lerak; metil etil sulfonat; ramah lingkungan.
Abstract
SMK Swadaya Global School is a Vocational High School in Pharmacy located in East Jakarta. This activity aims to educate students on the production of eco-friendly liquid detergent made from lerak and methyl ethyl sulfonate (MES). Lerak-based detergent, which contains saponin, serves as a natural alternative to replace chemical detergents that are harmful to the environment. MES, as a natural surfactant, was chosen because it is more environmentally friendly compared to synthetic surfactants. The community service was carried out by providing material that teaches students how to make liquid detergent from these natural ingredients, while also giving them an understanding of the benefits of using nature-based products to preserve the environment. The evaluation of the activity was conducted by measuring the level of knowledge and achievement of the set goals. Students showed enthusiasm and active participation throughout the activity. The analysis results indicate a significant increase in knowledge (p<0,05) between the pre-activity average score (20.00) and post-activity score (93.60). Additionally, direct observation also showed an improvement in engagement and a deeper understanding among the participants. It is hoped that this program will raise students' awareness of the importance of switching to eco-friendly products and contribute to environmental preservation.
Keywords: education; liquid detergent; lerak; methyl ethyl sulfonate; eco-friendly.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hadi, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Upaya Meningkatkan Pengalaman Belajar dan Keterampilan Meneliti bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Kebencanaan. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2), 2(2), 404–420. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i2.376
Handayani, R., Noor, I. G., & Dewi, R. S. (2024). Peran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah dalam Membentuk Generasi Cerdas dan Bertanggung Jawab terhadap Kelestarian Alam. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5.
Low, S. Y., Tan, J. Y., Ban, Z. H., & Siwayanan, P. (2021). Performance of green surfactants in the formulation of heavy-duty laundry liquid detergents (Hdld) with special emphasis on palm based alpha methyl ester sulfonates (α-mes). In Journal of Oleo Science (Vol. 70, Issue 8, pp. 1027–1037). Japan Oil Chemists Society. https://doi.org/10.5650/jos.ess21078
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).
Nining, N., Bariroh, T., Azharita, R., Yati, K., Fujianti, F., Dewanti, E., & Yumita, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal Ramah Lingkungan Di Kampung Loji Desa Gekbrong Cianjur Jawa Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1865. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11319
Nining, N., Nursal, F. K., Amalia, A., & Widayanti, A. (2023). Workshop Pembuatan Detergen Cair dan Sabun Padat sebagai Pembelajaran Kimia Berbasis Praktikum di MAN 2 Kabupaten Bekasi. Bernas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 2059–2066.
Pontana Putra, P., Hanifa, D., Andayani, R., Fauzana, A., & Armin, F. (2024). Community-Based Lerak Soap Making: Promoting Eco-Friendly Household Products in Padang Pasir. Journal of Healthcare and Community Development, 1(1), 35–43.
Rasyid, R., Fajri, Muh. N., Wihda, K., Ihwan, Muh. Z. M., & Agus, Muh. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Salim Nahdi, D., Afriyuni Yonanda, D., & Fauziah Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
Slameto, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Riset. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 1.
Syaputri, M. D., & Devianty, S. M. (2023). Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dengan Metode Ajar Demonstrasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(Desember), 128–140.
Utami, N. T., Shofiyah, S. S., Febriaty, I. R., Mandasari, W., & Prawiranti, Y. (2025). Edukasi Masyarakat Tentang Kesehatan Melalui Pembuatan Detergen Berbasis Bahan Alam di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 8(2), 191–198. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5694
Widyasari, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1.
Zahro, U. A. (2024). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil pembelajaran yang efektif pada siswa. Karimah Tauhid, 3(5).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.32579
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: