PENGEMBANGAN DESAIN RUANG KELAS DALAM UPAYA MENDUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Refranisa Refranisa, Chairul Saputra

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berlangsung karena adanya permintaan dari Ketua Pengurus PAUD Tunas Melati Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur . Pada kondisi sekarang ini keadaan PAUD Tunas Melati sebagai PAUD yang masih menggunkan bangunan RW sebagai wadah untuk pembelajaran. Para Pengurus mengusulkan untuk mengubah suasana ruang kelas dengan merenovasi ruang kelas agar lebih nyaman dan memberikan kesan menarik secara visual. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu para pengurus PAUD untuk melakukan renovasi pada ruang kelas, dengan membuatkan desain interior yang nantinya hasil desain tersebut dapat digunakan sebagai acuan pengembangan. Diharapkan dengan diadakanya desain ruang kelas dapat meningkatkan stimulus dan minat belajar pada siswa. Tahapan metode yang digunkan adalah dengan pengumpulan data, pembuatan desain lalu tahap evaluasi terhadap desain. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama 3 bulan dimana kami  melakukan diskusi  konsep dan proses mendesainbersama dengan para pengurus PAUD Tunas Melati meliputi 7 orang guru dan 12 orang tua. Hasil Luaran yang dicapai pada kegiatan ini adalah desain ruang kelas yang digambar dalam bentuk 3D .

 

Kata kunci: desain ruang kelas;renovasi; anak usia dini.

 

ABSTRACT

This activity is a community service activity that takes place due to a request from the Chairperson of the PAUD Tunas Melati Malaka Jaya Management, Duren Sawit, East Jakarta. In its current condition,  PAUD Tunas Melati still uses the RW building as a place for learning. The management proposes to change the atmosphere of the classroom by renovating the classroom to make it more comfortable and give a visually attractive impression. The purpose of this activity is to help PAUD administrators to make renovations to classrooms, by making interior designs which later on can be used as a reference for development. It is hoped that the holding of classroom design can increase the stimulus and interest in learning in students. The stage of the method used is by collecting data, making the design and then evaluating the design. This community service activity was carried out for 3 months where we discussed the concept and design process together with the administrators of PAUD Tunas Melati, including 7 teachers and 12 parents. The output achieved in this activity is a classroom design that is drawn in 3D.

 

Keywords: classroom design; renovation;  early childhood.


Keywords


classroom design; renovation; early childhood.

Full Text:

PDF

References


Anggra Ayu Rucitra (2020) ‘Merumuskan Konsep Desain Interior’, Jurnal Desain Interior, Vol. 5, No(pISSN 2527-2853, eISSN 2549-2985), pp. 31–44.

Hakim, S. (2015) ‘Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, Volume 1,.

Jennie Hasimjaya, Mariana Wibowo, D. W. (2017) ‘Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankertole’, Jurnal Intra, Volume 5 N, pp. 449–459.

Judy (2014) The color of learning: enhance memory and retention with a splash of color.

Majidah, Dian Hasfera, M. F. (2019) ‘Penggunan Warna dalam Desain Interior Perpustakaan terhadap Psikologis Pemustaka’, Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), Vol 4, No., pp. 95–106.

Mayang, S. S. (2004) ‘No Peran Warna Interior terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Dimensi Interior, Volume 2 N, pp. 22–36.

Olivia Renata Kuswandi, M. W. (2019) ‘KajianInterior PAUD dan Taman Bacaan Masyarakat diRuangMultifungsi diArea-Eks Lokalisasi Dolly Surabaya’, Jurnal Intra, Volume 7 N, pp. 551–564.

PERMENDIKNAS No 58 (2009) Standart Pendidikan Anak Usia Dini.

S K Feinberg (2010) Designing Space for Children and Teens in Libraries and Public places. Chicago: American Library Association.

Wichmann F, Sharpe L, & G. K. (2012) ‘The contributions of color to recognition memory for naturalscenes’, Journal of Experimental Psychology, Volume 28, pp. 509–520.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: