Edukasi orang tua melalui seminar parenting tentang self-help dan life skills anak berkebutuhan khusus

Siti Shaliha, Hikmah Zikriyani

Abstract


Abstrak

Anak berkebutuhan khusus (ABK) sering kali menghadapi hambatan dalam mengembangkan keterampilan bantu diri (self-help skills) dan keterampilan hidup (life skills) yang penting bagi kemandirian dan integrasi sosial mereka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas orang tua dalam melatih kedua keterampilan tersebut pada anak mereka. Kegiatan ini dilakukan melalui seminar parenting, diskusi kelompok, dan penyebaran kuesioner kepada para orang tua ABK. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua telah menyadari pentingnya keterampilan bantu diri sebagai fondasi utama, dan memahami bahwa keterampilan hidup merupakan kelanjutan dari kemampuan dasar yang harus dilatih secara konsisten. Diskusi kelompok juga memperlihatkan praktik-praktik efektif yang digunakan orang tua, seperti pelabelan barang, penggunaan alat bantu visual, dan manajemen perilaku. Kegiatan ini berhasil menciptakan ruang berbagi antar orang tua serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam membentuk kemandirian anak ABK. Hasil ini menegaskan perlunya penguatan dukungan berkelanjutan melalui pelatihan lanjutan dan kolaborasi lintas profesi guna memperluas dampak jangka panjang kegiatan serupa.

 

Kata kunci: anak berkebutuhan khusus; keterampilan bantu diri; keterampilan hidup; kemandirian; peran orang tua.

 

Abstract

This community service activity aims to increase parental awareness and competence in teaching self-help skills and life skills to children with special needs. These skills are essential for children with special needs to gain independence and interact with their environment. The method used in this program includes seminars and questionnaires distributed to parents. The data collected from the questionnaires and seminar notes were analyzed qualitatively. The results show that parents understand the importance of self-help skills—such as eating, bathing, and dressing—as the foundation for more complex life skills, including social interaction, communication, and understanding social norms. Several parents shared practical strategies and aspirations regarding their children's future abilities. Through this activity, parents also gained insight into how consistent training and motivation play a key role in developing these skills. The outcomes of the community service indicate a positive change in parents’ perspectives and readiness to support their children. This program demonstrates the importance of providing structured and sustainable support for families with children with special needs.

 

Keywords: children with special needs; independence; life skills; parental role; self-help skills.


Keywords


children with special needs; independence; life skills; parental role; self-help skills.

Full Text:

PDF

References


Astuti, E. Y. (2023). Program Intervensi Dini Berbasis Keluarga (Family-Based) (Untuk Keluarga Yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Motorik). SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 99–108. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1239

Ayres, A. J. (2005). Sensory integration and the child. Los Angeles: Western Psychological Services.

Bandura, A. (1977). Social learning theory. New York: General Learning Press

Batshaw, M. L., Roizen, N. J., & Lotrecchiano, G. R. (2013). Children with disabilities (7th ed.). Baltimore: Paul H. Brookes Publishing Co.

Damayanti, D., Afifah, D. R., & Anwar, R. N. (2023). Faktor kemampuan bantu diri anak usia dini yang beraktivitas bersama orang tua di Pasar Besar Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2, 50–56. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Dewi, R. M., Rini, T. D. P., Timur, W. W., Rosyid, A., Oktavia, S. R., & Hanum, D. R. (2025). Edukasi penggunaan obat vitamin dan pelatihan pembuatan puding daun kelor sebagai nutrisi balita. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(3), 1137–1144

Diah Alia Putri, T., & Sabrina, C. (2024). Kebutuhan dan Strategi Pendampingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). 2(2), 125–135

Estuti, Y. (2023). Peran keluarga dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Psikologi dan Pendidikan, 3(1), 65–72

Hudiyah Bil Haq, A., Isqomah, I., & Fakhriya Haq, A. (2023). Peningkatan Peran Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal SOLMA, 12(3), 889–896. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.10765

Humaira, S. S., Muna, H., Luthfiyyah, D., Silalahi, G. N., Andriyani, R., & Butar-Butar, J. (2023). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 261–273. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1567

Jannah, M., & Putro, K. Z. (2021). Pengaruh faktor genetik pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 8(2), 53-63. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10425

Jusmirad, M., Khibran, M. F., Irfawandi, Sarah, Y., Songkeng, S. R., & Arina, A. (2023). Life Skills Education for Students with Special Needs to Improve Independence and Skills in Daily Life at UPT SLBN 2 Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(5), 387–396. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i5.4181

Kusuma, R., & Tri Rian Dani, A. (2025). SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Peran edukasi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anak di masyarakat. 9(3), 1093–1098

Lumbanraja, H. M. U., Mallisa, H. E., & Er, E. (2024). Edukasi mencuci tangan yang baik dan benar dalam peningkatan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Journal of Digital Community Services, 1(2), 69–75

Moonik, L., Lestari, H., & Wilar, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan perkembangan anak taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah, 3(1), 124-132. https://doi.org/10.35790/ecl.v3i1.6752

Ningsih, S., Hidayat, T., & Hapsari, R. (2023). Manajemen pendidikan keterampilan hidup anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan keterampilan sosial dan percaya diri. Jurnal Inklusi Pendidikan, 4(1), 22–30

Nursasongko, D. S. E., & Tarsidi, I. (2025). Model intervensi dini berbasis keluarga melalui pendekatan permainan dan cerita untuk anak berkebutuhan khusus dengan keterlambatan bahasa dan bicara. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7896–7904. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8536

Prihatin, D., Aprilia, N., & Permana, A. (2019). Pelatihan keterampilan hidup bagi anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kemandirian. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2), 134–142.

Pratomo, A., Widodo, A., Wulandari, R., & Hardi, E. (2024). Penerapan latihan koordinasi sensomotorik bagi anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 9(3), 337–344

Putri, T. D. A., Sabrina, C., & Sapri. (2024). Kebutuhan dan strategi pendampingan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK). PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 125–135.

Utami Ade Dwi & Ristiaji Yunitami. (2014). Pengembangan Keterampilan Membantu Diri Sendiri Pada Anak Panti Asuhan Usia 4-5 Tahun, 118-124. Retrieved 7 Juni, 2025 from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3778/2812/

Widajati, N. (2021). Penerapan flipped classroom untuk meningkatkan partisipasi dan keterampilan hidup anak berkebutuhan khusus. In Seminar Nasional Pendidikan Inklusi (pp. 88–97).

Widyorini, E., Harjanta, G., Roswati, M. Y., Sumijati, S., Eriyani, P., Primastuti, E., Hastuti, L. W., & Agustina, E. Y. (2014). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Universitas Katolik Soegijapranata.

Zikriyani, H., Ratnaningsih, D. J., Kusumaningrum, E. N., Nurunisa, V. F., Aryanto, A., Alifiyah, N. I., … Ratu, R. P. (2025). Peningkatan Kapasitas Kelompok Ibu PKK Desa Situ Udik melalui Pembuatan Kompos Limbah Rumah Tangga. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(2), 677–688. https://doi.org/10.70609/icom.v5i2.6881




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: