Pemanfaatan aplikasi Notion sebagai “otak kedua” untuk meningkatkan produktivitas belajar siswa-siswi di SMAS Datuk Ribandang Makassar

Nasir Usman, Andi Harmin, Suardi Hi Baharuddin, Dikwan Moeis

Abstract


Abstrak

Di era digital saat ini, informasi menjadi aset penting yang perlu dikelola secara efisien. Pencatatan digital menawarkan kemudahan akses, keamanan, dan integrasi lintas platform. Teknologi ini meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko kehilangan data, serta mendukung kolaborasi dan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan berbasis data. Salah satu aplikasi pencatatan digital terbaik saat ini adalah Notion yang berfungsi layaknya "otak kedua" untuk mengelola informasi secara terstruktur. Dengan fitur database, template fleksibel, dan integrasi multitasking, Notion membantu mengatur tugas, catatan, dan proyek secara efisien. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menyimpan, mengedit, dan mengakses data kapan saja, sehingga meningkatkan produktivitas dan keteraturan dalam bekerja maupun belajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 24 Februari 2025 melalui penyelenggaraan pelatihan yang ditargetkan kepada siswa/i Sekolah Menengah Atas Swasta Datuk Ribandang Makassar. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memanfaatkan aplikasi Notion guna meningkatkan produktivitas siswa/i dalam belajar melalui pencatatan, pengelolaan tugas, dan pengorganisasian materi secara digital. Metode yang digunakan meliputi sesi penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan kegiatan praktik. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa penggunaan Notion memberikan manfaat besar bagi siswa/i. Mereka dapat mengatur catatan dengan lebih rapi, mengakses informasi dengan cepat, serta meningkatkan produktivitas dan kolaborasi. Notion membantu mereka belajar lebih terstruktur dan efisien dalam mengelola tugas akademik. Berdasarkan kuesioner pasca pelatihan, lebih dari 90% dari 21 peserta menyatakan bahwa penggunaan Notion dalam pembelajaran sangat bermanfaat, mudah dipahami, dan meningkatkan wawasan. Tanggapan positif ini menunjukkan efektivitas Notion dalam membantu siswa/i mengelola informasi dan meningkatkan produktivitas belajar.

 

Kata kunci: notion; pencatatan digital; otak kedua; pengabdian masyarakat.

 

Abstract

In this digital era, information has become an essential asset that must be managed efficiently. Digital note-taking offers ease of access, enhanced security, and cross-platform integration. This technology improves productivity, minimizes the risk of data loss, and supports smarter, data-driven collaboration and decision-making. One of the leading digital note-taking applications today is Notion, which functions like a "second brain" for managing information in a structured manner. With its database capabilities, flexible templates, and multitasking integration, Notion helps users efficiently organize tasks, notes, and projects. The application enables users to store, edit, and access data at any time, thereby enhancing productivity and organization in both work and study. This community service activity was conducted on Monday, February 24, 2025, in the form of a training session targeted at the students of Datuk Ribandang Private High School in Makassar. The training aimed to introduce and promote the use of the Notion application to boost students' productivity in learning through digital note-taking, task management, and material organization. The methods used included a presentation session, a Q&A session, and hands-on practice. The training results showed that the use of Notion provided significant benefits to the students. They were able to organize their notes more systematically, access information quickly, and enhance both their productivity and collaboration. Notion helped them manage academic tasks in a more structured and efficient way. Based on the post-training questionnaire, more than 60% of the 21 participants stated that using Notion in learning was highly beneficial, easy to understand, and expanded their insights. This positive feedback indicates the effectiveness of Notion in helping students manage information and improve their learning productivity.

 

Keywords: notion; digital notetaking; second brain; community service.


Keywords


notion; digital notetaking; second brain; community service.

Full Text:

PDF

References


Admin. (2023, April 20). Importance of Using Digital Tools in Education – DigitAll Schools. Retrieved June 9, 2025, from https://digitallschools.com/importance-of-using-digital-tools-in-education/

Alam, H. S., Putra, A. A. G. A. M., Ariwidnyana, I. P. K., Isozaki, I. B. T., & Guna, I. P. G. M. (2025). Peningkatan Motivasi Literasi Siswa SMKN 1 Mas Ubud Melalui Pengenalan Aplikasi Notion. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 631–640. https://doi.org/10.56799/JOONGKI.V4I3.8922

AndoroS, I., Sistem Informasi, J., Widya Pratama Pekalongan, S., & Artikel, H. (2023). Pemanfaatan Efektifitas Penggunaan Aplikasi Notion Dalam Meningkatkan Perkuliahan Secara Efektif Dan Efisien di STMIK Widya Pratama Pekalongan. Digital Transformation Technology, 3(2), 832–840. https://doi.org/10.47709/DIGITECH.V3I2.3343

Ardiansyah, R. (2025, January 30). Mengenal Notion sebagai Platform Pencatatan Serbaguna – Ardhy Portofolio. Retrieved April 22, 2025, from https://ardhy.id/mengenal-notion-sebagai-platform-pencatatan-serbaguna/

Arvian, F. F. (2022, November 25). Optimalkan Peluang Kerja Otak dengan Bangun “Second Brain” Kamu! | by Farrel Fauzan Arvian | Medium. Retrieved April 22, 2025, from https://farrellfzn.medium.com/optimalkan-peluang-kerja-otak-dengan-bangun-second-brain-kamu-ca29bc073900

Atchoarena, D., Selwyn, N., Chakroun, B., Miao, F., West, M., & Coligny, C. de. (2017). Working Group on Education: digital skills for life and work. New York: Broadband Commission for Sustainable Development. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000259013

Cahyani, A., Agustin, D., Muslimah, I., & Khulliyatunnisa, N. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Juni, 02(2), 262–273. Retrieved from http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/

Dwandra Putra, L., Febriyah, J., Annisa, N., Sholihah, F., Nafisah, A., Fkip, P., & Dahlan, U. A. (2023). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS V MIN 2 BANTUL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4949–4958. https://doi.org/10.23969/JP.V8I2.9591

Forte, T. (2024, February 27). Building a Second Brain. Retrieved June 27, 2025, from https://www.gramedia.com/products/building-a-second-brain-sc-2024?srsltid=AfmBOopysP0lAkvVx_RKAt6ygzyP4DjqaWVJ1tJhi_-0zxvm-Tyh8YGI

Guinness, H. (2022, April 13). 8 Aplikasi Catatan Terbaik: Evernote, OneNote, & Alternatif | Envato Tuts+. Retrieved May 23, 2025, from https://business.tutsplus.com/id/articles/best-note-taking-apps--cms-30054

Harmin, A., Moeis, D., & Usman, N. (2024). Pelatihan pemanfaatan chatGPT untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 499–506. https://doi.org/10.31764/JPMB.V8I1.22216

Mustakim, R., Mawardi, C., & Rismawati. (2025). Inovasi Penggunaan Notion dalam Pembelajaran Proyek yang Dinamis dan Interaktif. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/JURNALPETISI.V6I1.300

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023, July 11). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. https://doi.org/https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i01.744

Vatih, I. (2020, August 30). My Second Brain – The Next Level of Note-Taking with Notion – IDEEXE. Retrieved April 22, 2025, from https://www.ideexe.com/my-second-brain-with-notion/

Zulaika, L. (2023, November 3). Manajemen Arsip Dinamis Kertas vs. Manajemen Arsip Elektronik: Kelebihan dan Kelebihan - Read More. Retrieved May 23, 2025, from https://readmore.id/manajemen-arsip-dinamis-kertas-vs-manajemen-arsip-elektronik/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.33486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: