Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif dan menyenangkan berbasis digital bagi guru SMA

Gimin Gimin, Henny Indrawati, Caska Caska, Sumarno Sumarno, Gani Haryana, Mujiono Mujiono, Dicha Putri Rezkia, Dinda Ardelia Ramadhani

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran digital yang interaktif dan menyenangkan menjadi salah satu tren yang semakin populer dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun implementasi pembelajaran digital di sekolah menghadapi keterbatasan sumber daya dan berbagai tantangan, di antaranya masih banyak guru yang belum memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Hal ini juga dialami oleh guru-guru di SMA Negeri 1 Kampar Provinsi Riau. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah melatih dan mendampingi 25 orang guru di sekolah tersebut dalam mengembangkan media pembelajaran digital yang interaktif dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan aplikasi Canva. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik (workshop) yang dilaksanakan dalam satu sesi kegiatan. Evaluasi dilakukan melalui penyebaran angket pretest dan posttest untuk mengukur pengetahuan serta kemampuan peserta. Hasil kegiatan menemukan adanya peningkatan kompetensi guru, di antaranya: pengetahuan tentang AI meningkat dari skor rata-rata 1,52 menjadi 3,46 atau sebesar 90%, dan pengetahuan tentang Canva meningkat dari 2,13 menjadi 4,01 sebesar 88%. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti mampu meningkatkan hardskill guru dalam pembuatan media pembelajaran digital berbasis AI dan Canva, sekaligus memperkuat softskill kolaborasi dan kreativitas dalam proses pengembangan media pembelajaran yang inovatif.

 

Kata kunci: pelatihan; pendampingan; media pembelajaran; artificial intelligence; aplikasi canva

 

Abstract

The rapid development of information and communication technology has had a significant impact on various aspects of life, including education. The use of interactive and enjoyable digital learning media has become an increasingly popular trend in efforts to improve the quality of learning. However, the implementation of digital learning in schools faces resource constraints and various challenges, including the fact that many teachers still lack adequate competence in utilizing technology for learning. This is also experienced by teachers at SMA Negeri 1 Kampar in Riau Province. Therefore, the purpose of this community service activity is to train and assist 25 teachers at the school in developing interactive digital learning media by utilizing Artificial Intelligence (AI) and the Canva application. The methods used include lectures, discussions, demonstrations, and workshops, which are carried out in one session. The evaluation was conducted through the distribution of pretest and posttest questionnaires to measure the participants' knowledge and abilities. The results of the activity found an increase in teacher competence, including: knowledge of AI increased from an average score of 1.52 to 3.46 or 90%, and knowledge of Canva increased from 2.13 to 4.01 or 88%. Thus, this activity has proven to be able to improve teachers' hard skills in creating AI and Canva-based digital learning media, while also strengthening their soft skills of collaboration and creativity in the process of developing innovative learning media.

 

Keywords: training; mentoring; learning media; artificial intelligence; canva application.


Keywords


training; mentoring; learning media; artificial intelligence; canva application.

Full Text:

PDF

References


Anggreini, D., Sukiyanto, S., Agustito, D., & Ayuningtyas, A. D. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 27–38. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2828

Asbara, N. W., Agunawan, Latief, F., Nurani, N., Ifani, A. Z., Deviv, S., Nianty, D. A., Mahendra, Y., & Wulandari, T. (2024). Penerapan Ai Sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 831–841. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20083

Ashari, M. K., Athoillah, S., & Faizin, M. (2023). Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi pada Sekolah Menengah Atas di Era Digital: Systematic Literature Review. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 132–150. https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.132-150

Azzahra, H., Ardi, A., & Chairunnisa, N. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru. An-Nizam, 3(2), 32–41. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i2.9360

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Ismail, A. D., & Adityo. (2025). Peningkatan keterampilan guru sekolah dasar dalam mengembangkan modul digital interaktif bilingual berbasis kearifan lokal. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(4), 2082–2092.

Kunjumuhammed, S. K., Tabash, B. K. H., & Pandurugan, V. (2024). “Hugging the middle” on selection of educational philosophy: empirical evidence from higher education in Sultanate of Oman. Arab Gulf Journal of Scientific Research, 42(3), 534–550. https://doi.org/10.1108/AGJSR-12-2022-0313

Mayasari, N., Junarti, Puspananda, D. R., & Amin, A. K. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut dalam Pembelajaran Matematika di SD. J-ABDDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 81–88.

Mubarik, M., Hadjar, I., Meinarni, W., & Tawil, A. M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(3), 1099–1108. https://doi.org/10.53769/jai.v4i3.939

Nengsih, R., Hikmah, R., & Astuti, L. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 381–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12528

Oktora, D. D., Karunianingsih, D. A., & Kristiadi, D. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru SD Negeri Wonosari I pada Masa Pandemic Covid-19 dengan Pelatihan Produksi Video Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 80–85. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.6973

Panjaitan, R. G. P., Indrayani, Y., Utomo, K. P., Hiendro, A., & Hendri, M. I. (2025). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Bagi Guru. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(3), 1469–1475.

Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement and Emergency Journal (CEEJ), 3(3), 320–332.

Rahayu, S., Al Hadi, K., Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Untuk Keefektifan Presentasi yang Menarik dan Komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1268–1271. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6601

Rahmadani, S. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–16.

Ramadani, S., & Ananda, R. (2024). Pembelajaran Di Sekolah Dasar dan Permasalahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4333–4348.

Rombe, S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Desain Pembelajaran Geografi di Era Digital. El-Jughrafiyah, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.24014/jej.v4i2.31434

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El:Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75.

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25–35.

Syafrizal, R., Ferdiansyah, A., Assyifaurrohmah, F., Pulungan, J. A. S., & Muarif, M. . (2025). Pelatihan design grafis menggunakan Canva berbasis fitur AI untuk literasi digital di Madrasah Aliyah Nurul Basmalah Baros. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(3), 1516–1562.

Syahfitri, J., & Herlina, M. (2024). Pelatihan dan Workshop “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif” bagi Guru-Guru MTs Negeri 1 Kabupaten Seluma. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 59–64. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.14923

Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI; Membaca Perubahan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa di Indonesia. Academia Publication. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RWcQEQAAQBAJ& oi=fnd&pg=PA13&dq=Tarumasely,+Y.,+Halamury,+M.,+Sipahelut,+J.,+%26+Labobar,+W.+(2024).+Perubahan+Paradigma+Pendidikan+Melalui+Teknologi+AI%3B+Membaca+Perubahan+Motivasi+dan+Kemandirian+Belajar+Siswa+di+Indonesia.+Academia+Publication&ots=93wYZTKwBM&sig=DnVuALeNe1-FpiNDrZEhC6tcPyw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., Hidayati, N., & Roesdiana, L. (2024). Pemanfaatan Video Animasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.3670

Wibowo, G. W. N., Cahya, F. D. A., & Sofiyati, A. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam memanfaatkan PMM (Platfom Merdeka Mengajar). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(2), 76–80. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.56

Zafirah, A., Gistituati, N., Bentri, A., Fauzan, A., & Yerizon. (2024). Studi Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika: Literature Review. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 276–304. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2210




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i6.33595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: